Dalam beberapa bulan lagi, kita akan menyaksikan film terbaru MCU berjudul Black Panther: Wakanda Forever. Film tersebut akan menampilkan debut karakter Namor, yang sudah lama fans nantikan. Lewat trailer filmnya, kita mengetahui bahwa Talocan dan Wakakanda akan melakukan perang besar. Namun masih belum diketahui apa yang menjadi pemicunya. Nah karena sebentar lagi kita akan berkenalan dengan Namor di MCU, ada baiknya kita mengenal lebih dekat keluarga Namor dari Marvel Universe. Siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

Namor

Siapa yang tidak mengenal Namor? Namor the Sub-Mariner adalah salah satu superhero yang punya sejarah kompleks. Di satu sisi, Namor adalah seorang superhero, tetapi di sisi lain, ia adalah villain. Dan lagi, Namor berasal dari perkawinan silang antara ras manusia dan Atlantean. Menariknya nih, di komik, Namor juga memiliki X-Gene dalam tubuhnya. Itu berarti Namor adalah seorang mutan. Oleh sebab itulah dia juga sering menjadi anggota dari X-Men. Selain bergabung dengan X-Men, dia juga pernah bergabung dengan beberapa tim superhero seperti Avengers. Bahkan, ia pernah mendirikan sebuah tim superhero bernama Illuminati.

Sebagai karakter hybrid, kekuatan Namor berbeda dengan para Atlantean lainnya. Dia mampu beradaptasi untuk tinggal di darat maupun laut lebih lama. Kekuatannya pun sangat dahsyat. Namor terbukti bisa mengangkat sebuah kapal dengan sangat mudah. Bahkan ketika berada di dalam air, Namor bisa menjadi karakter terkuat. Yap, kekuatannya akan berlipat ganda ketika dia sedang berada di air. Ketika Namor marah, ia terbukti mampu merusak daratan. Namor sendiri memiliki sejarah yang panjang dengan manusia di darat. Dalam beberapa kesempatan, Namor pernah menginisiasi perang melawan daratan karena manusia telah merusak lautan.

Nah Namor sendiri akan segera melakukan debutnya di MCU. Tetapi sepertinya Namor yang dihadirkan berbeda dari komik. Lewat kostumnya yang sudah terungkap, Namor sepertinya bukanlah berasal dari Atlantis, melainkan berasal dari sebuah tempat di Amerika Selatan, tempat suku Maya berasal.

Namora

Pengumuman mengejutkan muncul di acara Comic-Con kemarin. Terungkap bahwa Namora juga akan muncul di film Black Panther 2. Karakternya diperankan oleh Mabel Cadena. Di komik, Namora adalah sepupu Namor, yang berarti dia adalah bagian keluarga Namor. Bernama asli Aquaria Nautica Neptunia, Namora lahir di Maritanis, dan pindah Atlantis setelah kota kelahirannya hancur oleh nuklir. Di Atlantis lah Namora bertemu Namor. Awalnya, Namor menolak bergaul dengan Namora. Tetapi setelah Namora menyelamatkan Namor yang tejebak dalam tabung torpedo, Namor mulai memberikan rasa hormat dan bersedia menerimanya.

Keduanya sering bekerja sama untuk menghentikan setiap ancaman yang muncul di Atlantis. Yang paling berkenang adalah saat Namor membantu Namora dalam membalaskan dendamnya terhadap Stomp Richards. Richards terbukti membunuh banyak rakyat Atlantis, termasuk ayah Namora. Berkat kolaborasi yang apik, keduanya berhasil mengalahkan Stomp Richards dan pasukan jahatnya.

Karena memiliki kemampuan bertarung yang handal, Namora sering menjadi garda terdepan ketika ancaman dari daratan mulai mengusik Atlantis. Aksi heroik Namora pun pernah terendus oleh Agent of Atlas, tim superhero hasil bentukan dari Jimmy Woo. Tim tersebut kemudian menawarkan Namora untuk bergabung, dan Namora menerima tawaran tersebut.

Dorma

Dorma adalah anggota pemerintahan Atlantis yang lahir di sebuah pemukiman bernama Tha-Korr. Sebagai bagian dari keluarga Namor (sepupu Namor), Dorma awalnya sangat membenci Namor. Tetapi rasa kebenciannya mulai sirna setelah dia beranjak dewasa. Duet Namor dan Dorma terjadi pertama kali ketika Kaisar Thakorr mengirim Namor ke daratan untuk membalaskan dendam. Dorma membantu Namor saat menyerang Cape Anna Lighthouse, sebuah mercusuar penting yang menjadi penyelamat para pelaut.

Menariknya nih Geeks, walau masih memiliki hubungan darah, tetapi Namor sempat memutuskan untuk melamar Dorma. Sayangnya hubungan mereka tidak pernah berlanjut ke pernikahan. Saat mereka berdua akan menikah, pernikahan keduanya terusik dengan kemunculan Attuma dan ratu Lemuria, Llyra yang berusaha menguasai Atlantis. Ketika Dorma tertangkap, Lylra kemudian berubah bentuk dan menyamar menjadi Dorma. Setelah sumpah pernikahan Namor dan Dorma (Llyra yang menyamar) akan terucap, Llyra lantas mengungkap jati dirinya. Hal itu Llyra lakukan untuk mengambil alih takhta Atlantis dengan menipu Namor agar menikahinya.

Sayangnya, Dorma harus mati mengenaskan sebelum ia benar-benar menjadi istri Namor. Ketika Dorma di tahan dalam sebuah ruangan berisi air, Llyra memecahan ruangan tersebut, sehingga airnya mengering. Tanpa air, Dorma mulai lemas. Ketika itulah Namor muncul untuk menolong Dorma. Namun terlambat, Dorma telah tewas karena tidak bisa bernafas. Sebagai seorang Atlantean, tentu saja Dorma akan semakin lemah jika menghirup udara.

Leonard McKenzie

Leonard McKenzie adalah seorang kapten kapal Oracle yang melakukan misi untuk mencari kota Lemurian, yang kabarnya menyimpan benda dahsyat bernama Helmet of Power. Namun dalam perjalanan, terjadi hal tidak terduga di mana ledakan pemecah es secara tidak sengaja menyebabkan kerusakan besar di Atlantis, yang berada di bawah kapal Oracle yang McKenzie nahkodai. Sadar akan bahaya, Raja Atlantis, Thakorr memerintahkan putrinya, Fen untuk menyelidiki penyebab ledakan tersebut. Ketika Fen dan McKenzie bertemu, mereka berdua mulai jatuh cinta dan menikah.

Hasil pernikahan keduanya menghasilkan seorang anak bernama Namor. Yap, di dalam darah Namor sebenarnya mengalir darah manusia dan Atlantean. Sayangnya nih Geeks, nasib Leonard McKenzie berakhir tragis. Dalam sebuah pertempuran hebat yang melibatkan Namor dan Tiger Shark, Leonard terkena pukulan di kepalanya. Saat menjelang ajalnya, Leonard mengaku bahwa dia sangat menyayangi Namor, dan tidak menyesal dengan semua peristiwa yang terjadi.

Fen

Fen adalah anggota keluarga kerajaan Atlantis. Ia adalah putri dari Raja Thakorr. Seperti yang disebutkan di atas, Fen dan McKenzie memutuskan menikah. Pernikahan keduanya pun menghasilkan seorang anak bernama Namor. Sebenarnya, pernikahan antara Fen dan Leonard tidak direstui oleh Thakorr. Bahkan para penduduk Atlantis marah dengan pernikahan keduanya. Ketika Fen melahirkan Namor, keduanya harus diasingkan selama sepuluh tahun, sampai Namor tubuh menjadi remaja dan terpilih sebagai pewaris takhta Atlantis selanjutnya.

Walau cukup bahagia dengan kelahiran Namor, tetapi dalam lubuk hatinya terdalam, Fen memendam rasa malu dan merasa bersalah karena anak keturunanya tidak murni berasal dari Atlantean. Sebenarnya, Fen menyimpan sedikit kebencian terhadap manusia di darat, tetapi Fen tidak pernah melarang Namor untuk berhubungan dengan manusia. Bahkan suatu ketika, Fen menginjinkan anaknya untuk berpacaran dengan Sandy Pierce, yang berasal dari daratan.

Thakorr

Raja Thakorr adalah penguasa Atlantis selama beberapa generasi. Ia kemudian menikah dengan ratu Korra dan melahirkan seorang putri bernama Fen, dan seorang putra bernama Dakka. Secara garis keturunan, maka Thakorr sebenarnya adalah kakek Namor. Setelah Fen dan Namor menjalani masa pengasingan selama sepuluh tahun, akhirnya Thakorr mengijinkan keduanya kembali ke kerajaan. Karena mengalir darah manusia ditubuh Namor, Thakorr sangat takut jika Namor akan tumbuh menjadi jahat dan mengikuti sifat-sifat jahat manusia.

Tetapi setelah Namor menunjukkan sifat-sifatnya yang lebih mirip seperti seorang Atlantean, Thakorr pun mulai mendukungnya. Setelah beberapa generasi menjadi penguasa Atlantis, sayangnya Thakorr harus tewas dalam sebuah peristiwa kehancuran Atlantis. Ketika seorang gila yang dijuluki Destiny datang ke atlantis dan mencoba menguji Helm of Power, kekuatan dahsyatnya lantas menghancurkan setengah kerajaan, dan bahkan banyak korban jiwa yang berjatuhan.

Di antara korban yang tewas adalah Thakorr dan putrinya, Fen. Setelah kematian Thakorr, takhta Atlantis sempat diteruskan oleh anak tirinya Byrrah, sebelum akhirnya Namor meneruskan gelarnya sebagai raja Atlantis penerus Thakorr.

Itulah beberapa keluarga Namor yang ada di Marvel Universe. Beberapa di antara mereka mungkin terdengar asing di telinga kita. Tetapi bukan tidak mungkin jika Marvel Studios akan mengenalkan para karakter tersebut di MCU lewat film Wakanda Forever. Dari beberapa nama keluarga Namor tersebut, mana yang menjadi favorit kalian?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/