Mengenal logam Mithril di Rings of Power. Dalam mitologi Tolkien, kurcaci atau dwarf adalah salah satu ras yang hidup di Middle-earth. Mereka semuanya tergambarkan sebagai bangsa yang keras kepala, namun mereka juga terkenal sebagai para penambang yang handal. Para kurcaci menetap di Khazad-dum alias Moria yang berada di Pegunungan Berkabut. Tempat mereka tinggal tersebut ternyata menyimpan berbagai macam logam mulia yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, para kurcaci selalu melakukan penambangan hingga jauh ke bagian paling dalam Moria.

Pada episode keempat Rings of Power, kita diperlihatkan bahwa Moria selama ini juga menyimpan sebuah logam mulia ajaib yang sangat bersinar. Bahkan, Pangeran Durin IV, sempat menyembunyikan logam tersebut dari penglihatan sahabat baiknya dari kaum elf, Elrond. Lantas, mengapa juga Durin mengatakan penemuan logam tersebut akan menjadi awal era baru untuk peradaban bangsanya?

Durin Menemukan Mithril

Selama episode keempat Rings of Power, Elrond kembali mengunjungi Durin di Moria. Tetapi, Disa, istri dari Durin, malah berbohong kepada Elrond tentang keberadaan suaminya itu. Elrond kemudian mengetahui jika sahabatnya itu sedang berada di tambang tua di bawah Mirrormere. Sang peri lalu melihat jika para kurcaci, temasuk Durin, sedang, menambang sebuah logam mulia. Di sisi lain, Durin tidak senang atas kedatangannya, dan ia malah marah karena mengira Elrond akan mengambil harta karun yang baru saja ia temukan.

Singkat cerita, Durin memberikan sebuah logam mulia yang sangat bersinar tersebut kepada Elrond. Sang pangeran kurcaci lalu mendeskripsikan logam tersebut lebih ringan dari sutra, lebih keras dari besi, dan sebagai senjata akan menjadi pedang yang paling membanggakan. Lalu, sebagai mata uang mungkin lebih berharga daripada emas. Durin meyakini jika logam itu bakal menjadi sumber kekuatan, dan kemakmuran untuk bangsanya.

Durin selanjutnya menyebut logam itu sebagai “Grey Glitter.” Tetapi, Elrond menjelaskan jika itu adalah Mithril. Durin bersama para kurcaci nampaknya baru mulai memahami tentang keberadaan Mithril. Sementara itu, Elrond sepertinya sudah sedari lama mengetahui tentang potensi dari logam mulia tersebut. Saat pertama kali melihatnya, Elrond terkagum-kagum akan kecermelangan cahaya dari Mithril. Durin kemudian memberikan sebongkah Mithril kepadanya sebagai tanda persahabatan antara elf, dan kurcaci.

Apa itu Mithril?

Dalam bahasa elf Sindarin, Mithril mempunyai arti sebagai abu abu kecemerlangan. Logam ini hanya terdapat di Moria, dan menjadi salah satu benda dari Middle-earth yang paling disukai oleh kaum elf. Dalam buku The Fellowship of the Ring, Gandalf menjelaskan jika Mithril merupakan kekayaan Moria yang melebihi emas dan juga pertama. Semua orang menginginkannya, bahkan termasuk Orc walaupun mereka tidak berani menggalinya ke dalam tambang Moria.

Saat Elrond pertama kali melihat Mithril, kita menyaksikan secara jelas jika dia begitu kagum, dan juga menghormati logam Mithril tersebut. Bukan tanpa sebab, ayahnya yang bernama Earendil, berlayar ke langit menggunakan kapal Vingilote yang terbuat dari material Mithril, dan juga permata elf. Selain bersinar indah, Mithril juga lebih kuat daripada logam mulia apapun di Moria. Maka dari itu, para kurcaci pun menempa Mithril ke berbagai item, dan juga senjata.

Salah satu item terkenal yang terbuat dari material Mithril adalah armor rompi yang pernah dikenakan oleh Bilbo Baggins pada cerita The Hobbit. Pada momen tersebut, Thorin Oakenshield, Raja Rakyat Durin, mengambil rompi tersebut dari tumpukan harta karun yang dijaga oleh naga Smaug di dalam Pegunungan Berkabut. Lalu, Bilbo pun akhirnya memberikan rompi itu kepada Frodo Baggins dalam keseluruhan cerita trilogi The Lords of The Rings. Pada akhirnya, rompi Mithril beberapa kali berhasil menyelamatkan Frodo dari serangan Orc, dan menemaninya saat berusaha menghancurkan One Ring milik Sauron di Mordor.

Pengaruh Mithril dalam Rings in Power

Serial Rings in Power memperkenalkan kita kepada seorang pandai besi dari bangsa elf yang bernama Celebrimbor. Dalam Zaman Kedua Middle-earth, keberadaan Mirthil berhubungan cukup erat dengan Celebrimbor. Selepas Durin berhasil menemukan Mithril di dalam Moria, dia nantinya akan sangat tertarik untuk memiliki logam Mithril. Celebrimbor terkenal karena berhasil menciptakan Tiga Cincin Kekuatan untuk bangsa peri. Ia memperoleh pengetahuan cincin itu setelah bertemu dengan Sauron yang menyamar menjadi seorang “peri baik” bernama Annatar.

Salah satu Cincin Kekuatan tersebut bernama Nenya, dan terbuat dari material Mithril. Lalu, kedua cincin berikutnya bernama Narya, dan Vilya. Cincin Nenya nantinya akan dikenakan oleh Galadriel sebagai Komandan Pasukan Elf Noldor. Pada akhirnya, kita pun mengetahui jika ketiga cincin itu malah membuat malapetaka untuk bangsa elf. Dengan adanya Mirthil pada episode keempat, serial ini akan semakin jelas untuk menghubungkan cerita antara Celebrimbor, Annatar, dan pembuatan cincin. Akan tetapi, kita masih harus menunggu lama untuk melihat peristiwa itu terjadi dalam Rings in Power.

Mengingat Celebrimbor terkenal sebagai pembuat ketiga cincin itu, Durin tentunya berhak waspada karena sang pandai besi sangat tidak sabar untuk segera mendapatkan Mithril. Pada episode keempat, Elrond bersumpah kepada Durin untuk tidak mengungkapkan penemuan Mithril kepada siapapun. Tetapi, rahasia tersebut lambat laun pasti akan segera terungkap, dan tersampaikan ke telinganya Celebrimbor. Durin juga mengatakan penemuan Mithril adalah awal dari era baru bagi para Kurcaci. Meskipun hal itu benar, tetapi juga merupakan titik awal dari kejatuhan mereka.

Para Kurcaci akan terus menambang Mithril dari dalam Moria. Tetapi, aktivitas yang mereka lakukan secara tidak sengaja membangunkan Balrog yang sedang tidur di bagian paling dalam Moria. Tanda-tanda Balrog mulai terlihat saat ada suara raungan yang sedikit terdengar ketika Durin menambang di Moria. Raja Durin III lalu memperingatkan putranya itu untuk berhenti menemukan lebih banyak Mithril lagi. Jika Balrog bisa muncul pada serial ini, maka sang monster akan menghancurkan Khazad-dum, dan menewaskan Durin. Peristiwa itu kemudian akan terkenang sebagai Kutukan Durin.

Kesimpulan

Para kurcaci sekarang berhasil mendapatkan salah satu harta karun paling berharga di Middle-earth. Kemunculan Logam Mithril tentunya akan membawa cerita serial Rings in Power ini semakin lebih menarik lagi. Apalagi, penciptaan seluruh Cincin Kekuatan tidak pernah bisa lepas dari keberadaan Mithril, dan juga Sauron. Sosok Celebrimbor pun kini telah muncul, dan sudah menjadi bagian cerita dalam dua episode sebelumnya. Tetapi, momen-momen saat penempaan cincin tersebut masih sangat jauh, dan kita juga belum melihat keberadaan Sauron yang menyamar sebagai Annatar. Jadi, tetap terus ikuti jalan cerita serial ini ya Geeks!