Mereka yang ada di dunia One Piece tidak ada yang tidak mengenal sosok Silvers Rayleigh. Dan hal ini juga terjadi di dunia aslinya. Rayleigh merupakan salah satu karakter yang sangat populer dan juga sangat kuat di serinya. Sosok yang memiliki gelar si raja kegelapan ini adalah wakil kapten dan orang kepercayaan dari raja bajak laut, Gol D. Roger.

Menjadi tangan kanan dari Roger, tentunya membuktikan jika level kekuatan Rayleigh tidaklah sembarangan. Bahkan, ketika usianya sudah tidak lagi muda pun sosok Rayleigh masih menjadi sosok yang mengerikan bagi banyak orang, termasuk pihak angkatan laut. Contohnya adalah ketika Garp tahu kalau Rayleigh ada di kepulauan Sabaody, dia mengatakan kepada anak buahnya untuk tidak menyerangnya.

Dan contoh yang paling baru adalah bagaimana Blackbeard memutuskan untuk pergi dari Amazon Lily setelah melihat sosok Rayleigh di depan matanya. Padahal, saat itu, dia sudah memegang situasi di mana Hancock tidak mampu berbuat banyak. Beruntung, Rayleigh tepat waktu dan akhirnya situasi pun berbalik. Sayangnya, situasi sendiri kemudian menjadi tidak baik bagi Koby di mana dia kemudian diculik oleh Blackbeard.

Namun, terdapat sebuah fakta yang menarik dan mengejutkan muncul pasca pertempuran tersebut. Rayleigh mengaku bahwa apa yang terjadi saat itu merupakan sebuah keberuntungan. Dia juga menegaskan bahwa jika pertempuran terjadi, dan dia harus menghadapi Blackbeard, kemungkinan besar Rayleigh akan kalah. Hal ini memperlihatkan bahwa kekuatan Blackbeard saat ini sangatlah dahsyat bahkan melampaui Rayleigh.

Prime Rayleigh vs Blackbeard

Namun, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana jika Blackbeard harus menghadapi sosok Rayleigh di masa jayanya dahulu? Harus kita akui, bahwa saat ini merupakan masa keemasan atau menjadi puncak kejayaan dari Blackbeard. Karirnya sebagai bajak laut begitu berkembang dengan sangat cepat. Tidak butuh waktu lama baginya dari hanya sekedar kru biasa, kemudian menjadi Shichibukai, dan sekarang menjadi Yonko.

Belum lagi, kekuatannya yang sangat dahsyat masih terus berkembang. Melihat bagaimana sosok kuat seperti Ace, Bonney, dan bahkan Whitebeard berhasil Blackbeard taklukan atau kalahkan rasanya wajar jika kita menyebut bahwa saat ini dia berada di puncak kekuatannya. Wajar jika kemudian dia menjadi ancaman besar bagi seluruh dunia, karena potensi merusak yang sangat luar biasa.

Rayleigh sendiri tentunya pernah berada di puncak kejayaanya sekitar 20 tahun lalu. Dia menjadi wakil dari sosok Roger untuk mengarungi lautan dan menemukan Laugh Tale. Apakah Rayleigh merupakan sosok yang kuat di masa jayanya? Jawabannya adalah iya. Selain dari posisinya, kita bisa melihat beberapa momen yang memperlihatkan kekuatannya.

Misalnya, ketika dia bertarung menghadapi kru Whitebeard di sebuah pulau. Kemudian, ada juga beberapa hal yang sekedar muncul atau direferensikan. Misalnya, bagaimana Shanks mampu untuk menggunakan Haki dan berpedang. Banyak fans, yang meyakini bahwa hal tersebut merupakan hasil latihan bersama Rayleigh seperti yang pernah Luffy lakukan saat timeskip di Rusukaina.

Memang, daripada sosok Rayleigh, Oda lebih banyak menghadirkan momen-momen epik dari sosok Blackbeard. Hal ini masuk akal mengingat dia adalah bajak laut generasi baru, dan Blackbeard sendiri adalah sosok villain utama baru pada masa yang akan datang. Terlepas dari hal tersebut, Rayleigh di masa jayanya merupakan sosok monster yang akan mampu mengalahkan Blackbeard saat ini. Apalagi dengan kekuatan Hakinya yang sangat dahsyat.

Siapa Pemenangnya?

Jika sosok Rayleigh di usianya sekarang harus bertarung melawan Blackbeard yang berada di masa kejayaanya, maka kemenangan Blackbeard ada di depan mata meskipun dia harus meraihnya dengan susah payah. Tetapi, hal ini akan sangat berbeda ketika Blackbeard harus bertarung melawan sosok Rayleigh di era jayanya dahulu. Kekuatan, kesehatan, dan daya tahannya masih sangat sempurna. Semuanya masih berada di puncak performa.

Prime Rayleigh vs King, Queen and Jack - Battles - Comic Vine

Rayleigh di masa jayanya akan mampu menandingi kekuatan dahsyat dari Blackbeard, yang memiliki dua buah iblis dan juga Haki. Jadi, kesimpulannya, Prime Rayleigh vs Blackbeard, siapa pemenangnya? Jawabannya adalah Prime Rayleigh atau Rayleigh di masa keemasannya. Perbandingan kekuatan dan kemampuan mereka cukup jauh berbeda. Belum lagi pengalaman bertarung yang membuah Rayleigh unggul.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.