Siapa yang tidak mengenal X-Men? Selama bertahun-tahun, X-Men menjadi salah elemen penting dalam cerita Marvel. Ada beberapa karakter penting dari X-Men seperti Professor X, Wolverine, Cyclops, dan masih banyak lagi. Akhir-akhir ini, X-Men pun diceritakan memiliki tempat baru di sebuah pulau bernama Krakoa. Walaupun sudah sangat terkenal, tetapi ada beberapa keputusan dari para X-Men yang dianggap sangat kontroversial. Apa saja keputusan X-Men paling kontroversial? Simak berikut ini Geeks!

BACA JUGA: 10 Calon Anggota Baru X-Men di Tahun 2022!

Berpura-pura Hilang Kekuatan

Kisah kontroversial ini dilakukan oleh pemimpin para X-Men yaitu Professor X, di komik X-Men #4 (1964). Saat sedang mengejar penjahat ke markas Magneto, Professor Charles Xavier mengetahui bahwa ada sebuah jebakan yang dipasang di pintu Istana Magneto. Untuk menyelamatkan para X-Men yang lain, dia melakukan pengorbanan heroik dengan membiarkan dirinya terkena ledakan jebakan tersebut.

Konyolnya, Professor X mengaku bahwa ledakan tersebut membuat kekuatannya hilang. Hal tersebut sengaja dia lakukan untuk melihat para X-Men melakukan misi lain tanpa bantuan telepatinya. Sebuah keputusan kontroversial yang membuat Professor X terlihat ceroboh. Ditambah lagi, penyelamatan heroik yang dia lakukan sebelumnya menjadi sia-sia, karena pada akhirnya dia mengirim para X-Men ke misi berbahaya lainnya.

Berpura-pura Mati

Entah apa yang ada di pikiran Professor X, sehingga dia sering melakukan keputusan-keputusan yang kontroversial. Setelah sebelumnya berpura-pura kehilangan kekuatan, di komik X-Men #42-65 (1968-1970), Professor X mencoba keberuntungan baru dengan berpura-pura mati. Setelah para X-Men merasa sedih melihat kematian Professor X dalam sebuah pertempuran, dia tiba-tiba muncul kembali dalam keadaan segar bugar saat para X-Men kewalahan melawan alien Z’Nox yang ingin menghancurkan dunia.

Professor X menjelaskan bahwa dia sengaja melakukan itu agar dia bisa bersiap menghadapi invasi alien Z’Nox tanpa terganggu oleh orang lain, bahkan Jean Gray yang mengetahuinya sejak awal dilarang untuk memberitahukannya kepada yang lain. Meskipun pada akhirnya dia berhasil mengalahkan alien Z’Nox dan menyelamatkan dunia, tetapi cukup jelas bahwa keputusannya agak sedikit egois. Karena saat yang lain sibuk, dia justru bersembunyi di suatu tempat.

BACA JUGA: Resmi, Ini Perang Besar Pasca Wano!

Menukarkan Tubuh Superhero Lain

Di komik Ultimate Spider-Man #67 (2004), diceritakan bahwa Peter Parker dan Wolverine bertukar tubuh secara misterius, di mana kejadian ini mengarah pada adegan-adegan lucu, seperti Peter yang secara tidak senagaja memotong jarinya sendiri. Pada akhirnya terungkap bahwa Jean Grey sengaja menukar tubuh mereka karena merasa sangat kesal pada Wolverine. Walapun pada akhirnya tubuh mereka dikembalikan seperti semua, keputusan Jean Grey ini membuktikan bahwa dia sangat egois. Demi masalahnya dia sendiri, dia mengorbankan Peter Parker dan mungkin orang-orang yang ada didekatnya.

Menutupi Kesalahan dengan Kebohongan

Setelah sempat terlihat sembuh dari sikapnya yang kontroversial, lagi-lagi Professor X melakukan hal yang sama di komik X-Men: Deadly Genesis (2005-2006). Setelah sempat mengirim X-Men ke sebuah pulau misterius yang disebut Krakoa dan menyebabkan tim tersebut hilang, dia mencoba meyakinkan para X-Men senior untuk menyelamatkannya dan berhasil.

Namun, pada akhirnya terungkap bahwa tim yang diselamatkan tersebut bukan lah tim pertama yang hilang. Karena sebelumnya dia telah mengirim tim lain yang semua anggotanya mati di Krakoa, di mana salah satunya adalah saudara Cyclops bernama Gabriel. Untuk membuat Cyclops lupa dengan fakta tersebut, Professor X menggunakan telepatinya pada Cyclops.

BACA JUGA: 5 Spider-Man Jahat dari Marvel Universe!

Itulah dia Geeks, beberapa keputusan X-Men yang dianggap kontroversial, meskipun beberapa di antara keputusan tersebut tidak berdampak langsung kepada keseluruhan cerita. Menurut kalian Geeks, mana keputusan mereka yang dianggap paling kontroversial?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/