Sesuai dengan julukannya, ‘The Friendly NeighborhoodSpider-Man adalah superhero Marvel yang terbilang sangat ramah. Bahkan ketika bertarung, karakter yang mempunyai nama asli Peter Parker ini juga masih saja sempat mengobrol dengan musuh-musuhnya. Hal inilah yang kemudian membuat Spider-Man terkenal sebagai sosok yang baik hati sekaligus jenaka. Meskipun pada umumnya hal yang sama juga berlaku pada variannya di multiverse, ternyata ada juga beberapa di antaranya yang justru malah berbuat sebaliknya, membuat karakter Spider-Man lebih dikenal sebagai sosok yang sangat jahat sekaligus mengerikan di semestanya. Berikut ini lima versi jahat Spider-Man di Marvel Universe.

Patton Parnel

Patton Parnel adalah varian Spider-Man yang berasal dari universe alternatif, Earth-51412. Meskipun inisialnya sama dengan Peter Parker, yaitu PP, tetapi Patton adalah karakter yang sepenuhnya berbeda dengan sang Friendly Neighborhood Spider-Man. Dia adalah Spider-Man jahat yang sering melakukan banyak hal mengerikan. Mulai dari bereksperimen dengan binatang hidup. Kemudian dia juga pernah memakan seorang anak kecil yang tengah mencari anjingnya. Sampai yang lebih menjijikannya lagi dia bisa mentransfer telur laba-laba melalui gigitannya. Karakter psikopatnya ini muncul karena sejak kecil dia sering disiksa oleh pamannya yang bernama Ted, versi alternatif Paman Ben.

Zombie Spider-Man

Awalnya varian Spider-Man yang berasal dari Zombieverse ini sebenarnya tidak jahat. Namun setelah dia tergigit oleh zombie Captain America, dia perlahan-lahan mulai kehilangan jati dirinya. Sebelum berubah sepenuhnya, Spider-Man sebenarnya berniat untuk menyelamatkan Bibi May dan kekasihnya Mary Jane. Sayangnya saat tengah melakukan hal tersebut, dia malah berubah menjadi zombie ganas yang langsung memakan MJ dan Bibi May. Meskipun pada akhirnya menyesal, tetapi zombie Spider-Man tidak pernah memungkiri bahwa ternyata orang-orang terdekatnya sangat lezat.

The Spider

Versi alternatif Peter Parker yang berasal dari Earth-15 ini adalah seorang sosiopat yang mempunyai hobi sangat mengerikan, yaitu membunuh. The Spider sendiri adalah sosok yang terkenal sangat kejam dan suka menyakiti orang lain. Yang lebih mengerikannya lagi, dia masih mempunyai selera humor yang sama seperti Spider-Man versi utama. Di mana dia akan terus berbicara, meskipun tengah berada di situasi genting, misalnya saat sedang membunuh korbannya. Alasan mengapa dia bisa semengerikan ini tidak lain adalah karena The Spider bergabung dengan symbiote Carnage yang sejak awal sudah jahat.

Pestilence

Pestilence adalah varian Spider-Man yang direkrut oleh dewa mutan Apocalypse di kisah Age of Apocalypse. Di mana dia kemudian ditunjuk untuk menjadi satu dari empat Horsemen Apocalypse yang mempunyai tugas menyebarkan kematian, penyakit, dan juga kelaparan di muka Bumi. Hal ini sengaja mereka lakukan agar Apocalypse bisa berkuasa di dunia para manusia dan mutan. Dengan kekuatan tambahan yang didapatkan dari Apocalypse, Pestilence terbukti mampu menjadi musuh yang sangat berbahaya bagi para X-Men. Di mana dia mempunyai empat tangan tambahan di samping tubuhnya.

Superior Spider-Man

Meskipun pada akhirnya Superior Spider-Man bertobat, tetapi hal tersebut tidak menghilangkan sejarah jahatnya begitu saja. Faktanya, dia sebenarnya adalah Doctor Octopus yang mencuri tubuh Peter Parker agar bisa hidup lebih lama. Semuanya bermula dari Doc Ock yang hampir mati karena penyakit kankernya. Untuk menghindari kematian, dia lantas memancing Peter agar masuk dalam jangkauannya sehingga mereka bisa bertukar tubuh. Hasilnya, Doc Ock bisa tetap hidup di tubuh Spider-Man, sementara Peter mati. Perbuatan ini sudah cukup menggambarkan betapa jahatnya Superior Spider-Man sebelum dia bertobat. Setelah bertobat pun dia masih mempunyai karakter yang arogan.

Itulah lima Spider-Man jahat yang tersebar di multiverse Marvel. Keberadaan dari para varian jahat ini telah membuktikan bahwa karakter sebaik dan seramah Peter Parker pun ternyata dapat melakukan sesuatu yang sangat jahat di universe alternatif. Di mana kejahatan mereka tidak ada bedanya dengan para villain Spidey di semesta utama, bahkan mungkin jauh lebih parah. Para Spider-Man jahat ini juga secara tidak langsung telah menyadarkan bahwa multiverse mempunyai kemungkinan yang sangat tidak terbatas, termasuk menghadirkan Spider-Man yang karakternya sangat terbalik dengan versi asli.