Setelah lama dinanti akhirnya serial The Lord of the Rings: Rings of Power akhirnya tayang juga. Serial prekuel yang berlangsung pada Zaman Kedua ini bercerita tentang bangkitnya Sauron setelah kekalahan Dark Lord pertama, Morgoth. Sauron yang sebelumnya bertindak sebagai penyihir setia Morgoth pada akhirnya akan mengisi kekosongan sebagai Dark Lord baru. Di mana ada banyak sekali karakter penting yang nantinya akan berusaha mencegah hal tersebut.

Sebagai film yang mempunyai anggaran fantastis, yaitu sekitar 100–150 juta dolar per season, serial Rings of Power sendiri telah menggaet sejumlah aktor berbakat untuk memerankan para karakter pentingnya. Yang lebih menariknya lagi, salah satu aktornya adalah seorang keturunan Brebes. Dia adalah Tyroe Muhafidin yang baru-baru ini terlihat di dua episode perdananya sebagai anak manusia bernama Theo. Untuk itu, mari kita selami lebih jauh biografi Tyroe dan seberapa penting perannya di serial Rings of Power.

Tyroe Muhafidin, Aktor Keturunan Brebes

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa Tyroe Muhafidin adalah anak keturunan Indonesia. Lahir pada tahun 2006 di kota Perth, Australia, Tyroe adalah anak dari ibu bernama Rachael Muhafidin berkebangsaan Australia dan juga ayah bernama Afid Muhafidin yang berasal dari Indonesia, tepatnya Brebes. Meskipun ayahnya adalah orang Indonesia, tetapi Tyroe berkebangsaan Australia, karena dia memang tumbuh besar di sana. Sejak usia 10 tahun dia sudah berakting di berbagai film pendek Australia. Seperti Treasure Maps and Tinned Spaghetti (2018), Dusk (2018), dan Two Sands (2021).

“Saya keturunan Indonesia. Ayahku dari Indonesia. Sebuah kebanggaan bisa mewakili Indonesia [di Rings of Power]. Saya sangat senang,” ungkap Tyroe kepada detikcom. Dalam sesi wawancaranya tersebut, Tyroe Muhafidin juga mengaku bahwa dia sangat senang bisa terlibat dalam tayangan sebesar Rings of Power. Saking senangnya, saat mendengar namanya lolos audisi dia bahkan sama sekali tidak merasa gugup. Di Rings of Power sendiri dia terpilih sebagai pemeran Theo, anak seorang healer wanita dari Southlands yang bernama Bronwyn.

Berperan Penting di Serial Rings of Power

Di serial Rings of Power, karakter Theo yang diperankan oleh Tyroe Muhafidin pertama kali muncul saat cerita episode perdananya beralih ke Southlands, Middle-Earth. Di mana bangsa elf mengawasi keturunan para manusia yang dulunya mengabdi pada Dark Lord Morgoth. Berbeda dengan elf lain yang cenderung melihat manusia dengan penuh kecurigaan, seorang elf bernama Arondir malah jatuh cinta pada seorang manusia bernama Bronwyn. Hidup di desa Tirharad, Bronwyn terkenal sebagai seorang healer sekaligus ibu tunggal yang mempunyai seorang anak bernama Theo.

Sementara ibunya pergi ke desa Horden bersama Arondir untuk menginvestigasi tanda-tanda kegelapan, pada saat yang bersamaan Theo menemukan pedang patah yang mempunyai tanda Sauron. Di episode 2, setelah ibunya berhasil meyakinkan seluruh warga desa Tirharad bahwa Orc tengah mendekat, mereka lantas langsung mengosongkan desanya dan pergi ke tower elf. Pada titik inilah kita melihat Theo malah membawa pedang bertanda Sauron, yang ternyata kembali utuh setelah terkena darahnya.

Karena Bronwyn dan Theo adalah karakter yang diciptakah khusus untuk serialnya, tidak ada informasi lain yang dapat mengungkap kisah mereka selanjutnya. Namun, melihat kebiasaan Sauron yang biasanya selalu menemukan cara untuk merusak hati manusia, bukan tidak mungkin Theo adalah anak yang akhirnya jatuh pada muslihatnya untuk kemudian menyebarkan kegelapan di sekitarnya. Kita lihat saja nanti apakah karakter dari Tyroe ini akan benar-benar jatuh pada cengkraman Sauron atau tidak. Jawabannya akan bisa kita temukan di serial The Lord of the Rings: Rings of Power episode mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.