Iron Man adalah salah satu superhero Marvel yang tidak pernah menyerah kepada siapa pun lawannya. Karakter yang mempunyai nama asli Tony Stark ini selalu menemukan cara untuk bisa mengalahkan musuh-musuhnya. Dengan kecerdasannya dia biasanya selalu berhasil menciptakan armor super canggih nan kuat, seperti Hulkbuster, Thorbuster, dan sebagainya. Namun yang sering jadi pertanyaan penggemar, apakah dia bisa mengalahkan Galactus juga? Mengingat dia adalah salah satu entitas kosmik terkuat di Marvel Universe.

Menariknya, jawaban untuk pertanyaan tersebut sebenarnya cukup mudah. Tentu saja Iron Man bisa mengalahkan Galactus, karena faktanya dia memang pernah menciptakan armor kosmik Galactus-Buster! Armor ini mungkin memang tidak pernah muncul di Marvel Comics, tetapi bukan berarti Marvel tidak mengakuinya. Karena armor ini pernah muncul di game resmi yang berjudul Marvel vs. Capcom 3: Fate of Two WorldsBagi kalian yang belum pernah mendengarnya, artikel ini akan membantu kalian lebih mengenal apa itu Galactus-Buster. Check this out, Geeks!

Origin Galactus-Buster di Marvel vs. Capcom Universe

Sesuai dengan judulnya, Marvel vs. Capcom 3: Fate of Two Worlds adalah game yang memungkinkan pemain bertarung sebagai karakter Marvel atau Capcom. Rilis pada tahun 2011 untuk konsol game PlayStation 3 dan Xbox 360, pemain bisa memainkan banyak sekali karakter, termasuk Iron Man. Gamenya sendiri bercerita tentang Dr. Doom vs Albert Wesker yang berkompetisi untuk mengumpulkan sejumlah villain dari universenya masing-masing untuk menguasai universe lawan. Namun, dalam prosesnya mereka malah tidak sengaja memanggil Galactus yang mengancam kedua universe.

Akibatnya mau tidak mau para superhero dari kedua universe harus bersatu untuk mengalahkan Galactus yang kekuatannya sangat luar biasa. Sama seperti di semesta utama Marvel Comics, Galactus versi Marvel vs. Capcom 3 ini juga mengenakan battle armor yang ketahanannya dapat mengerdilkan semua kekuatan superhero dan supervillain. Apalagi Galactus juga mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang terbentang selama miliaran tahun. Sehingga baginya persekutuan superhero bahkan supervillain sekalipun tidak lebih dari perkumpulan serangga yang mencoba mengalahkan raksasa.

Namun yang tidak Galactus sadari adalah fakta bahwa ketika serangga berkumpul maka serangan mereka bisa menyakitkan. Hal inilah yang kemudian diperlihatkan di gamenya, di mana para superhero berhasil mengalahkan entitas kosmik Galactus. Berbekal data yang dia dapatkan dari pertarungan sebelumnya, Iron Man sadar bahwa dia hampir saja kalah dari Galactus. Di ending Marvel vs. Capcom 3, Iron Man kemudian menciptakan armor Galactus-Buster yang konon bisa melawan Galactus sendirian. Armor raksasa ini sempat terlihat di sampul komik Armor Wars karya James Robinson yang rilis pada tahun 2015.

Seberapa Kuat Armor Galactus-Buster

Karena kemunculannya di ending Marvel vs. Capcom 3 cukup singkat, dan juga komik Armor Wars hanya memperlihatkannya di sampul saja, sebenarnya minim sekali informasi mengenai armor yang satu ini. Yang jelas di gamenya armor raksasa ini mempunyai penampilan yang kurang lebih mirip seperti armor Iron Man pada umumnya. Hanya saja ukurannya raksasa dan juga terlihat seperti mengenakan battle armor milik Galactus. Berdasarkan hal tersebut cukup aman untuk kita simpulkan bahwa armor Galactus-Buster sekuat battle-armor Galactus.

Di Marvel Comics, battle armor Galactus terbuat dari material yang sampai sekarang masih belum diketahui. Yang jelas armornya ini memungkinkan dia untuk mengontrol sekaligus menyalurkan energi kosmik di tubuhnya. Mungkin Iron Man pada akhirnya menemukan material yang sama dengan battle armor Galactus dan menerapkan pada armor raksasanya. Di mana bukan tidak mungkin ada energi kosmik yang tersalurkan pada armor barunya tersebut. Sehingga dengan armor Galactus-Buster ini Iron Man jadi mempunyai kekuatan kosmik dan juga repulsor energi kosmik yang mematikan.

Meskipun armor ini hanya muncul di game Marvel vs. Capcom 3, tetapi bukan berarti Galactus-Buster bukan bagian dari Marvel Universe. Karena di multiverse Marvel sendiri sebenarnya ada Earth-30847 yang merupakan universe Marvel vs. Capcom. Jadi jika mau, Iron Man dari universe tersebut bisa membagikan pengetahuannya kepada varian Iron Man lain, bahkan versi utama, agar mereka bisa menciptakan armor yang sama atau mungkin lebih canggih. Sehingga ketika Galactus di masing-masing universe menyerang Bumi, para Iron Man ini sudah siap dengan Galactus-Buster yang dapat mengalahkannya.