Dan transformasi terbaru Goku dalam menghadapi Gas pun bisa dia capai dengan menenangkan pikirannya, meskipun dia sendiri mengakui bahwa hatinya sangat marah dan emosi. Namun, Goku bisa mengendalikan semuanya. Ini tentunya menjadi bukti bahwa amarah seorang Saiyan yang menjadi sumber kekuatan mereka pada awalnya, justru menjadi halangan atau kelemahan terbesar mereka.

BACA JUGA: Dragon Ball: Toriyama Hilangkan Kekuatan Saiyan ini?

Saiyan Yang Tenang

Berdasarkan penjelasan di atas mungkin bisa kita tarik kesimpulan bahwa dengan mengikuti metode atau apa yang Goku lakukan, di mana seorang Saiyan berubah menjadi sosok yang lebih tenang, serta berlatih secara keras bisa jadi mereka pun akan bertambah kuat. Level kekuatan mereka bisa jadi akan meningkat dan bangsa Saiyan akan mampu menghadapi villain seperti Frieza.

Namun, memang harus kita akui bahwa tidak mudah untuk menghilangkan apa yang sudah menjadi budaya bagi bangsa Saiyan tersebut. Goku sendiri tidak ingat dan melupakan kebudayaanya setelah peristiwa yang tidak sengaja terjadi ketika usianya masih kecil. Meskipun begitu, mungkin Saiyan lainnya bisa berkaca pada Vegeta di mana dia bisa berubah menjadi lebih baik. Dan hasilnya, dia pun terus menjadi rival bagi Goku.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.