Tony Stark adalah sosok genius di balik armor Iron Man yang telah melanglang buana di Marvel Comics selama hampir enam puluh tahun. Selama itu juga dia telah menciptakan banyak sekali armor Iron Man yang mempunyai fungsi dan tujuan beragam. Seperti Stealth Armor yang dia gunakan untuk melakukan misi siluman atau Hulkbuster untuk ‘menidurkan’ sahabatnya Hulk. Namun, dari sekian banyak armor yang pernah dia ciptakan dan gunakan sendiri, setidaknya ada beberapa armor yang membuatnya seperti ‘dewa’. Karena memang sejak awal dia mengkhususkan armor-armor ini untuk menghadapi para dewa di Marvel Universe. Langsung saja simak daftarnya di bawah ini, Geeks.

BACA JUGA: 7 Mesin Waktu di Marvel Universe!

Godkiller

Godkiller MKII adalah armor raksasa milik Iron Man yang fungsi dan tujuannya mengambil inspirasi dari armor anti-Celestial ciptaan entitas kosmik Aspirant. Dengan armor yang tingginya nyaris 600 meter ini, Iron Man mampu mengimbangi para Dark Celestial, Dewa Luar Angkasa yang menginvasi Bumi di komik Avengers #5 (2018). Dia bahkan berhasil mengalahkan sejumlah Dark Celestial, sebelum akhirnya berhadapan dengan Callus the Void. Saat Callus berhasil memotong lengannya, Iron Man langsung menggunakan Godkiller MKII untuk membawa Callus ke luar angkasa dan meledakan diri. Di mana hal ini langsung membuat para Dewa Luar Angkasa memutuskan untuk mundur dari Bumi.

Iron God

Iron God sebenarnya bukanlah armor yang Tony ciptakan dengan sengaja. Armor berwarna silver ini dia dapatkan setelah bergabung dengan Power Cosmic di komik Iron Man #13 (2021) saat bertarung melawan Korvac. Dengan armor ini dia berhasil menjadi dewa yang bahkan ditakuti oleh sejumlah entitas kosmik, seperti Living Tribunal, Oblivion, dan sebagainya. Hal itu bisa terjadi karena mereka mengetahui bahwa Iron God mempunyai batas kekuatan. Di mana dia bisa memperbesar tubuhnya sampai seukuran galaksi dan juga bisa mengubah realitas sesuka hatinya.

Thorbuster

Di komik Iron Man #64 (2003), Tony pernah menciptakan sebuah armor khusus untuk mengalahkan sang God of Thunder. Semuanya bermula saat Thor Odinson mencoba untuk menyelamatkan Bumi dengan menjadi penguasanya. Iron Man yang tidak setuju dengan rencana radikal tersebut, kemudian menciptakan sebuah armor anti-Thor yang mengambil referensi dari robot mematikan Asgard yang bernama Destroyer. Iron Man lantas menggabungkan armor Thorbuster ini dengan sihir Asgardian, sehingga pada akhirnya dia mampu mengimbangi Thor yang pada saat itu mempunyai kekuatan Odin-Force.

1
2