Dari sekian banyak komik Amerika, Marvel Comics adalah salah satunya yang paling sering menghadirkan kisah crossover besar. Mulai dari misi menyelamatkan Bumi, sampai melindungi multiverse, para superhero Marvel telah melalui banyak sekali rintangan. Namun, dari semua misi yang pernah mereka hadapi, yang paling sering membuat kewalahan adalah misi yang berhubungan dengan perjalanan waktu. Karena setidaknya mereka harus mempunyai mesin waktu, yang ternyata jumlahnya sangat sedikit di Marvel Universe. Berikut ini tujuh mesin waktu yang pernah Marvel ceritakan di semestanya.

BACA JUGA: Para Penipu yang Berhasil Menyusup ke Avengers!

4-D Time Portico

4-D Time Portico adalah mesin waktu yang pertama kali muncul di kisah Runaways (2004) karya Brian K. Vaughan. Awalnya pemilik dari mesin waktu yang satu ini adalah Dale dan Stacey Yorkes. Di mana mereka menggunakannya untuk pergi ke masa lalu agar bisa mencuri barang antik dan kemudian menjualnya pada masa sekarang. Dari Yorkes bersaudara mesin waktu ini akhirnya jatuh ke tangan keturunanya yang bernama Gertrude Yorkes/Heroine. Dari sinilah 4-D Time Portico akhirnya menjadi alat tercanggih milik tim superhero remaja Runaway, karena Heroine menjadi salah satu anggota tetapnya.

Chariot of Time

Dalam sejarah Marvel, Chariot of Time mungkin adalah mesin waktu pertama yang muncul di Marvel Universe. Karena mesin waktu berbentuk kereta kuda ini pertama kali muncul pada tahun 1963 saat konsep time travel masih belum sepopuler sekarang. Chariot of Time sendiri memungkinkan pemilik ‘golden charm’ untuk melakukan perjalanan waktu. Seperti yang pernah Iron Man lakukan saat dia menggunakan Chariot of Time untuk kembali ke masa sekarang, setelah sebelumnya terjebak pada zaman Mesir Kuno.

H.G. Wells’ Time Machine

Muncul di komik Marvel Classics (1976), H.G. Wells’ Time Machine adalah mesin waktu yang Sherlock Holmes gunakan untuk menyelamatkan Ideaverse dari Dreadpool. Semuanya bermula saat Dreadpool mulai membunuh semua penghuni di pocket dimension Ideaverse. Mengetahui hal tersebut, lantas Sherlock memutuskan untuk menggunakan H.G. Wells’ Time Machine yang telah dia modifikasi untuk melakukan perjalanan waktu ke masa lalu. Bersama para karakter dari Ideaverse, seperti Beowulf, Natty Bumppo, dan Hua Mulan, akhirnya Sherlock berhasil menghentikan Dreadpool sebelum semuanya terlambat.

Time-Sled

Time-Sled adalah mesin ruang dan waktu ciptaan Reed Rihards/Mister Fantastic dari Fantastic Four. Model pertamanya dia beri nama Rosebud II, di mana Fantastic Four menggunakan Time-Sled untuk yang pertama kalinya bersama Iron Man dan Avengers di komik Fantastic Four #337 (1990). Setelah Rosebud II rusak pada zaman prasejarah, Mister Fantastic kemudian menciptakan model berikutnya yang dia beri nama Rosebud III. Pada titik inilah Fantastic Four bersama Avengers pergi ke Chronopolis untuk mengalahkan Kang. Beberapa tahun kemudian, Mister Fantastic tidak pernah berhenti memberikan pembaruan teknologi pada mesin waktu tercanggihnya ini.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.