Kid dan krunya kemudian mendekam di penjara Udon, di mana dia dan Luffy kemudian bertemu. Pencapaian terbesar Kid pun adalah berhasil mengalahkan Big Mom, meskipun harus bekerja sama dengan Law. Semua pencapaian tersebut berbeda dengan Luffy, yang sejak kedatangannya ke New World sudah mendapatkan perhatian banyak pihak dengan muncul di surat kabar Morgan.

Penuh Sorotan

Saat pertama kali tiba di New World, Punk Hazard menjadi pemberhentian pertama dari kelompok Topi Jerami. Di sini pula aliansi mereka dan kelompok bajak laut Hati terbentuk. Kemudian, mereka bergerak menuju Dressrosa, di mana Luffy berhasil mengalahkan seorang Shichibukai lainnya dan kemudian membentuk sebuah armada besar. Ketika Sanji diculik oleh kelompok bajak laut Big Mom, separuh dari kelompok Topi Jerami berhasil memunculkan kekacauan di Whole Cake Island dan berhasil kabur.

Dan dalam peristiwa besar terbaru, Luffy berhasil mengalahkan Kaido dalam pertarungan satu lawan satu. Sehingga, jika kemudian membandingkan peristiwa dan prestasi Luffy dalam beberapa arc terakhir, memang Law dan Kid tidak lebih baik daripada sosok Luffy. Baik Law dan Kid sama-sama tidak terlalu memiliki jumlah kekuatan yang besar serta pengaruh yang luas.

Dengan Luffy yang saat ini sudah memiliki armada besar sendiri, dengan jumlah mencapai ribuan kru, kelompok Law dan Kid masih berkutat dengan kelompok kecil mereka. Bahkan, kru bajak laut Law sendiri tidak begitu memberikan banyak kontribusi dalam pertempuran besar seperti di Onigashima. Jadi, mungkin masuk akal jika Law dan Kid tidak menjadi sosok Yonko baru karena beberapa alasan di atas. Meskipun begitu, mereka memiliki keunggulannya sendiri dan yang pasti keduanya mungkin akan menjadi aliansi lagi di Saga terakhir.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.