Monkey D. Luffy, Trafalgar Law, dan Eustass Kid akhirnya berhasil mengalahkan Kaido dan Big Mom dalam cerita di seri One Piece. Kemenangan tersebut menjadi akhir kisah tirani Kaido di negeri Wano. Ketika mereka sedang merayakan kemenangan, kabar terbaru mengenai nilai buruan pun muncul. Mereka bertiga ternyata memiliki nilai buruan yang sama, namun ada yang berbeda dari mereka. Hanya Luffy yang kemudian dianggap sebagai Yonko baru.

Luffy memang sudah disebut-sebut sebagai Yonko kelima sebelum tiba di Wano. Sehingga, bagaimana kemudian Luffy benar-benar menjadi bagian dari Yonko memang tidak terlalu mengherankan. Satu posisi kosong lainnya justru menjadi karakter lain yaitu Buggy. Hal ini pun memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans, mengapa bukan salah satu dari mereka yang menjadi Yonko?

Tidak Menarik Perhatian Pemerintah

Berbeda dengan Luffy, Law dan Kid bukanlah sosok yang sering terlibat dalam berbagai peristiwa atau kejadian penting di sepanjang seri One Piece. Law mungkin pernah menduduki jabatan Shichibukai, dengan berhasil menangkap seratus bajak laut dan menyerahkannya kepada angkatan laut. Namun, berbagai hal lainnya kurang mendapat perhatian pemerintah.

Satu-satunya pencapaian terbesar yang Law lakukan selama menjadi Shichibukai adalah menjalin aliansi dengan Luffy. Setelah hal tersebut, Law justru berubah menjadi karakter pendukung bagi Luffy. Law sering memberikan informasi kepada kelompok bajak laut Topi Jerami. Dia juga yang justru mempersiapkan atau menyediakan strategi dalam melakukan sebuah peristiwa.

Bahkan, dalam pertarungan melawan Doflamingo justru Luffy dan krunya yang lebih banyak bertarung. Law baru kembali mendapatkan sorotan dalam pertarungannya melawan Big Mom di Onigashima. Meskipun begitu, butuh usaha yang sangat luar biasa dari Law dan Kid untuk bisa mengalahkan Big Mom. Mungkin, dari ketiganya, Law masih lebih baik dari Kid.

Ketika Law dan Luffy menjalin aliansi, Kid juga menjalin aliansi dengan bajak laut lain yaitu Apoo dan Hawkins. Namun sayangnya, aliansi Kid tersebut justru menjadi bumerang baginya di mana Apoo yang malah berkhianat terhadap aliansi tersebut. Apoo ternyata adalah kaki tangan dari Kaido. Akhirnya, seluruh aliansi tersebut berhasil Kaido kalahkan dengan sangat mudah.

1
2