Ms Marvel adalah karakter Marvel Cinematic Universe yang baru saja melakukan debutnya beberapa hari lalu. Karakter yang mempunyai nama asli Kamala Khan (Iman Vellani) ini adalah salah satu superhero muslim pertama dalam sejarah Marvel. Di komiknya, Kamala adalah superhero yang kekuatan supernya bangkit setelah terpapar Terrigen Mist. Sedangkan di MCU, dia mendapatkan beberapa penyesuaian dengan memperoleh kekuatan supernya dari sepasang gelang misterius peninggalan neneknya.

Serial Ms Marvel episode 1 sendiri telah menceritakan bagaimana Kamala and sahabatnya yang bernama Bruno (Matt Lintz) mencoba untuk mengikuti acara cosplay di acara Avengercon pertama. Namun, saat Kamala menggunakan gelang neneknya dalam acara cosplay tersebut, dia justru terlihat masuk ke dalam sebuah dimensi asing yang tampak menyeramkan. Sampai saat ini serialnya sendiri masih belum menjelaskan apa sebenarnya dimensi yang sempat Kamala kunjungi tersebut. Untuk itu, mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Kerajaan Jin di MCU?

Seperti yang kita tahu, poin penting dari episode 1 Ms. Marvel adalah bagaimana Kamala akhirnya mendapatkan kekuatan super untuk memanipulasi energi kristal. Hal tersebut bermula dari gelang misterius yang dia pakai dalam acara cosplay Avengercon. Ketika dia mengencangkan gelang tersebut ke tangannya, Kamala langsung jatuh dan seperti masuk ke dimensi lain. Di dimensi gaib tersebut terlihat ada banyak sekali sosok bayangan dengan mata yang menyala. Meskipun cukup singkat, tetapi cukup jelas bahwa kekuatan baru Kamala mempunyai hubungan yang sangat erat dengan dimensi asing tersebut.

Selain para pengunjung Avengerscon yang tiba-tiba berubah menjadi sosok bayangan menyeramkan, di dimensi tersebut juga terlihat ada berbagai arsitektur kuno. Berdasarkan petunjuk tersebut, mungkin dimensi yang sempat Kamala kunjungi tersebut adalah dimensi mistis dari para iblis atau ‘Djinn’. Dan di Marvel Comics, dimensi para Djinn ini sering disebut juga sebagai ‘Demons Dimension’ yang merupakan bagian dari Hell. Sebagai makhluk mistis, Djinn sendiri mempunyai kekuatan yang beragam, termasuk sihir kegelapan. Dan mereka sangat senang menjerumuskan manusia ke dalam kejahatan.

BACA JUGA: The Boys: Mengapa Kekuatan Kimiko Menghilang?  

Alasan mengapa Demons Dimension ini sangat masuk akal untuk muncul di serial Ms Marvel adalah karena fakta tentang Kamala yang takut pada Djinn. Di awal episode 1, kakak Kamala yang bernama Aamir Khan (Saagar Shaikh) sempat mengatakan bahwa sejak kecil Kamala memang sangat takut dengan Djinn. Sehingga akan sangat menarik jika pada akhirnya ketakutan tersebutlah yang nantinya akan berusaha dia hadapi dalam petualangan pertamanya sebagai superhero. Dan tentunya semua hal tersebut bermula dari gelang misterius yang membawa Kamala ke Demons Dimension.

Ancaman Bagi Ms. Marvel

Jika teori tentang ‘kerajaan Djinn’ atau Demons Dimension benar, bukan tidak mungkin selanjutnya Kamala akan menghadapi masalah yang lebih serius sebagai Ms. Marvel. Karena setelah mengenakan gelangnya, sekarang keberadaan Kamala menjadi terdeteksi oleh para Djinn dari Demons Dimension. Di mana hal tersebut dapat memancing para villain yang nantinya mungkin akan mencari Kamala ke dunia nyata. Sebelumnya memang sempat beredar rumor bahwa yang akan menjadi musuh Kamala di series solonya adalah ClanDestine, keturunan Djinn di Marvel Universe.

Di Marvel Comics sendiri, ClanDestine sebenarnya tidak sepenuhnya jahat, karena beberapa di antara mereka ada juga yang menjadi superhero. Namun, dengan kunjungan Kamala yang tiba-tiba ke Demons Dimension, mungkin hal tersebut akan membuatnya ditandai sebagai musuh dari bangsa Djinn. Teori lain, mungkin bangsa Djinn sebenarnya sangat menginginkan gelang yang Kamala pakai. Karena ada kemungkinan gelang tersebut sebenarnya adalah artefak bangsa Djinn yang telah lama hilang karena diambil oleh nenek Kamala, baik secara sengaja maupun tidak.

Sepertinya akan menarik jika benar nantinya Kamala akan menghadapi bangsa Djinn yang diwakili oleh kelompok ClanDestine. Karena hanya dengan mengalahkan sumber ketakutannya tersebut, dia baru bisa layak menjadi salah satu superhero di Marvel Universe. Yang nantinya akan melanjutkan petualangannya bersama Captain Marvel di film The Marvels mendatang. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita buktikan saja nanti teori tentang Demons Dimension ini di episode Ms. Marvel selanjutnya ya, Geeks.