Dari sekian banyak serial yang akan datang, Stranger Things season 4 mungkin adalah yang paling penggemar nantikan. Berlangsung sekitar enam bulan setelah ‘The Battle of Starcourt‘ di akhir season 3, kali ini cerita akan mengambil tempat di berbagai lokasi. Selain kota kecil Hawkins yang berada di Amerika, season 4 juga akan menceritakan peristiwa gaib di Rusia. Dan hal tersebut akan berhubungan dengan karakter Jim Hopper (David Harbour) yang ternyata masih hidup sebagai tahanan di negara tersebut.

Semuanya bermula dari adegan credit scene Stranger Things season 3 yang memperlihatkan tentara Rusia dengan sengaja memberi makan Demogorgon. Mirisnya, makanan yang berikan tersebut adalah sesama manusia yang merupakan tahanan Rusia. Plot tersebut tampaknya akan menjadi sangat penting di season 4 nanti, karena Jim berada di antara para tahanan mereka. Menjelang penayangan season keempatnya tersebut, tidak sedikit penggemar yang bertanya-tanya. Bagaimana cara Rusia bisa tiba-tiba memelihara monster tersebut, dan apa tujuan mereka?

Membawanya dari Amerika

Seperti yang kita tahu, Demogorgon adalah mosnter yang pertama kali muncul di season 1 satu. Melalui gerbang Upside Down yang terbuka karena kekuatan telekinesis Eleven, Demogorgon berhasil masuk ke dunia nyata dan membantai para pegawai di Hawkins Lab. Meskipun monster ini terbukti kejam, tetapi dia membiarkan Will hidup di Upside Down setelah berhasil menculiknya. Peristiwa tersebut secara tidak langsung menjelaskan bahwa Demogorgon mempunyai cara berpikirnya sendiri, tidak selalu brutal seperti yang terbayangkan.

Dan karena hal tersebutlah, monster tersebut menjadi mempunyai titik lemah yang mungkin bisa Rusia manfaatkan. Di season 3, cukup jelas bahwa Rusia telah sejak lama berusaha ‘memperbesar’ gerbang Upside Down di bawah mall Starcourt yang berada di Kota Hawkins, Amerika. Menariknya, gerbang tersebut ternyata sudah mempunyai ukuran yang cukup besar untuk membuat Demogorgon masuk ke dunia nyata. Berdasarkan hal tersebut mungkin sebelumnya Rusia telah berhasil menangkap Demogorgon tanpa sepengetahuan Amerika.

BACA JUGA: Menebak Ending dari John Wick!

Di season 3 episode 6, ketika Erica dan Dustin masuk ke tempat eksperimen Rusia, mereka melihat sebuah kandang baja misterius. Mengingat Rusia sudah dalam keadaan siap saat bereksperimen dengan gerbang Upside Down, tidak sulit bagi mereka untuk menangkap Demogorgon dalam keadaan hidup. Setelah mengetahui bahwa monster brutal tersebut mempunyai ‘pikiran’ seperti manusia yang dapat mereka kelabui, pada titik inilah mereka berhasil memancing dan mengurungnya di kandang baja. Baru setelah itu mereka membawa Demogorgon ke Rusia dan menempatkannya di penjara tempat Jim berada.

Berusaha Menjinakkan Demogorgon di Stranger Things

Meskipun Demogorgon mempunyai cara berpikirnya sendiri, Rusia sendiri sepertinya masih menganggap monster tersebut sebagai binatang buas. Dengan membawanya ke penjara di Kamchatka, Rusia, mereka mungkin berharap bisa menjinakkan dan menjadikan Demogorgon sebagai peliharaan mereka. Seperti yang kita tahu, manusia memang cukup sering menjinakkan hewan buas dengan membuat hewan tersebut tertekan atau merasa tercukupi. Dalam penangkaran hewan ilegal kita bisa melihat bagaimana manusia menyiksa hewan atau memberi mereka makan sampai perutnya penuh agar lebih jinak.

Dan mungkin bagi Rusia, cara paling mudah untuk menjinakkan Demogorgon adalah dengan membuat monster tersebut kekenyangan. Karena daripada susah payah menyiksanya, Rusia mempunyai stok makanan yang berlimpah untuk Demogorgon di penjara Kamchatka. Dengan mengorbankan para tahanan, Rusia berharap nantinya Demogorgon akan tunduk kepada mereka. Tentunya hal tersebut akan menjadi sangat berbahaya bagi Jim sendiri, karena saat ini dia adalah makanan lezat bagi Demogorgon peliharaan Rusia.

Jika benar seperti itu, cukup masuk akal mengapa Jim dan tahanan lain terlihat sangat tegang di trailer Stranger Things season 4. Karena selain menghadapi ancaman tentara Rusia, nyawa mereka juga berada di ujung tanduk karena Demogorgon tengah memburu mereka. Itulah pembahasan mengenai cara dan alasan Rusia memelihara monster mengerikan dari Upside Down. Ketegangan tersebut akan bisa kita saksikan nanti, saat Stranger Things season 4 Volume 1 tayang di Netflix pada tanggal 27 Mei besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.