Thor 4, atau yang berjudul resmi Thor: Love and Thunder, adalah salah satu film MCU yang paling menarik perhatian penggemar. Dan beberapa jam yang lalu, Marvel Studios baru saja mengungkap banyak hal menarik melalui trailer baru filmnya. Salah satu adegan yang mencuri perhatian adalah ketika Jane Foster alias Mighty Thor (Natalie Portman) memanggil petirnya. Terlepas dari kekuatan barunya yang menakjubkan, pada adegan tersebut ada sebuah easter egg yang telah mengonfirmasi keberadaan para entitas kosmik.

Meskipun hanya muncul dalam bentuk patung, tetapi setidaknya easter egg ini telah menjawab rasa penasaran penggemar terkait siapa saja entitas kosmik yang ada di Marvel Universe. Tanpa perlu basa-basi lagi, mari kita bahas satu per satu para entitas kosmik yang terlihat di trailer Love and Thunder!

Entitas Kosmik di Thor 4

Easter egg patung dari para entitas kosmik Marvel ini muncul pada menit 1:47 di trailer kedua Thor: Love and Thunder. Cuplikan adegan tersebut memperlihatkan Mighty Thor yang tengah berdiri di sebuah ruangan gelap untuk memanggil kekuatan petir dengan menggunakan Mjolnir-nya. Di belakangnya telihat pilar-pilar besar dengan patung entitas kosmik berwarna perunggu yang berada di antaranya. Meskipun masih belum terungkap di mana adegan ini berlangsung, yang jelas wujud dari patung-patung tersebut mirip seperti Living Tribunal, Uatu the Watcher, Infinity, Eon, dan Death.

Living Tribunal

Mulai dari patung paling kanan, terlihat entitas kosmik Living Tribunal yang merupakan ciptaan langsung dari Tuhan Marvel yang bernama The One Above All. Di Marvel Comics, Living Tribunal adalah entitas kosmik yang menjaga keseimbangan multiverse Marvel. Berbeda dengan karakter lain yang biasanya mempunyai varian di universe lain, Living Tribunal adalah entitas tunggal yang bisa berada di mana saja dalam waktu bersamaan. Sebagai pengawas multiverse, Living Tribunal dapat dengan mudah menghapus sebuah universe yang menurutnya mengganggu kestabilan Marvel Universe. Belum lama ini, Living Tribunal juga muncul sebagai easter egg di Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Uatu the Watcher

Di sebelah patung Living Tribunal, terlihat sosok yang sudah tidak asing lagi, dia adalah Uatu the Watcher. Uatu adalah salah satu entitas kosmik dari Marvel Comics yang merupakan bagian dari ras alien paling cerdas, yaitu Watcher. Terlepas dari tujuannya yang misterius, Uatu adalah Watcher yang bertanggung jawab mengawasi keberlangsung Bumi dan sekitarnya. Mempunyai kekuatan yang maha sakti, Uatu mampu memanipulasi ruang dan waktu dengan mudah. Tahun lalu, Uatu versi MCU (Jeffrey Wright) telah melakukan debutnya di serial animasi What If…?. Di serialnya, dia mau tidak mau harus mencampuri unrusan manusia dengan membentuk Guardians of Multiverse untuk mengalahkan Ultron.

Infinity

Patung berikutnya yang berada di ujung belakang sebelah kiri adalah Infinity. Entitas kosmik dari Marvel Comics yang satu ini adalah adik dari entitas kosmik super kuat lain yang bernama Eternity. Infinity (ketakterbatasan) sendiri adalah lawan dari entitas kosmik Oblivion (kehampaan) yang sering melahap multiverse. Dengan kemampuannya yang maha sakti dalam memanipulasi segalanya, Infinity mempunyai tujuan untuk menjaga multiverse. Di Marvel Comics, dia adalah orang yang memberikan gelang sakti Quantum Band kepada superhero Quasar. Menariknya, Quantum Band sendiri mirip seperti gelang kosmik milik Ms. Marvel versi MCU yang akan dia gunakan di serial solonya nanti.

BACA JUGA: Berbagai Bukti Zeus Jadi Villain di Thor 4!

Eon

Di sebelah Infinty terlihat sebuah patung abstrak yang sangat mirip seperti entitas kosmik bernama Eon. Dengan bentuk yang seperti bongkahan kayu tua, Eon adalah entitas kosmik yang usianya sama seperti usia alam semesta. Delapan miliar tahun yang lalu, saat Big Bang terjadi, konon Eon adalah hasil dari peristiwa legendaris tersebut. Sebagai Keeper of Cosmic Awareness, Eon mampu mengetahui semua yang telah, sedang, dan akan terjadi di sebuah universe. Kekuatan ini dia wariskan kepada para Protector of Universe, seperti superhero Captain Mar-Vell dan Quasar.

Death

Terakhir, patung paling kanan yang sangat jelas wujudnya ini tidak lain adalah Death. Sama seperti Eon, Death adalah entitas kosmik yang lahir bersamaan dengan alam semesta. Sesuai dengan namanya, dia adalah entitas kosmik yang bertanggung jawab terhadap semua jiwa-jiwa yang telah mati di Marvel Universe. Karena itu, Death sendiri konon tidak bisa mati, karena semua kematian berasal dan akan kembali kepadanya. Di Marvel Comics, Thanos adalah orang yang sangat mencintai dan memuja Death. Itulah mengapa dia rela menghapus semua kehidupan dengan menggunakan Infinity Stones hanya demi Death.

Itulah para entitas kosmik yang muncul dalam bentuk pantung di trailer Thor: Love and Thunder. Dengan easter egg singkat tersebut secara tidak langsung Marvel ingin memperkenalkan para entitas yang jauh lebih sakti dari para dewa di MCU. Sepertinya akan menarik jika di filmnya nanti mereka akan tampil lebih dari sekadar patung. Kita lihat saja nanti pada tanggal 8 Juli ya, Geeks, saat film Thor: Love and Thunder tayang di bioskop.