Semua penggemar setia MCU pasti tahu siapa yang akan menjadi antagonis di film Thor 4 alias Love and Thunder? Dia adalah aktor Christian Bale yang akan berperan sebagai alien pembenci dewa, Gorr the God Butcher. Karena merasa dewa adalah sumber kesialannya, dengan kekuatan dan pedang barunya, cukup jelas bahwa Gorr akan menjadi ancaman yang serius. Namun, sebelum berhadapan dengannya, sepertinya Thor dan kawan-kawan harus lebih dahulu menghadapi sosok lain yang tidak kalah hebat, dan dia adalah Zeus.

Menariknya, penggambaran Zeus sebagai villain ini sebenarnya sudah sejak lama Marvel sampaikan melalui berbagai merchandise/action figure Love and Thunder. Marvel pernah menyiratkan bahwa raja Dewa Olympus tersebut akan menjadi salah satu antagonis di film solo keempat Thor tersebut. Dan sekarang, berdasarkan apa yang terlihat di trailer baru filmnya, tampaknya banyak sekali cuplikan yang mendukung teori tersebut. Tanpa perlu basa-basi lagi, mari kita bahas berbagai fakta yang mendukung teori Zeus sebagai villain di film Thor: Love and Thunder ini!

Telah Lama Menjadi Musuh Asgard

Zeus Panhellenios alias Zeus adalah salah satu dewa Olympus yang melakukan debutnya pada tahun 1949 di Marvel Comics berjudul Venus. Sama seperti kisahnya di mitologi Yunani dan Romawi, Zeus adalah pemimpin para dewa Olympus yang mempunyai kekuatan sangat sakti. Selain abadi, Zeus juga mampu memanipulasi energi petir dengan tangan kosong, tidak seperti Thor yang biasanya harus menggunakan sebuah katalis. Konon kekuatan dan kehebatan Zeus setara dengan ayah Thor sekaligus penguasa Nine Realm, All-Father Odin.

Beberapa waktu lalu, secara tidak langsung sebuah action figure King Valkyrie dari Marvel Legends telah menyiratkan bahwa Zeus, yang diperankan oleh Russel Crowe, akan menjadi salah satu villain di film Love and Thunder. Pada kemasan di belakangnya tertulis “Ketika seorang ‘pengunjung’ baru yang berbahaya mengancam kehidupan New Asgard, King Valkyrie terpaksa menggunakan pedangnya sekali lagi untuk melindungi rakyatnya.” Dan kata ‘pengunjung’ di deskripsi tersebut sepertinya lebih merujuk kepada Zeus daripada Gorr yang tidak akan pernah muncul sebagai ‘tamu’ di New Asgard.

BACA JUGA: Inikah Kekuatan Pedang Gorr di Thor 4?

Lebih jelasnya lagi, di film Spider-Man: No Way Home juga terlihat sebuah easter egg yang mendukung teori tersebut. Dalam salah satu adegan di filmnya, sebuah headline berita menuliskan bahwa ‘politik New Asgard terganggu oleh seorang sosok berinisial Z’. Berdasarkan berbagai fakta tersirat ini, tampaknya Zeus telah sejak lama menjadi duri bagi New Asgard. Khususnya setelah Thor menyerahkan kekuasaan New Asgard kepada Valkyrie yang sekarang telah menjadi rajanya. Karena masalah yang disinggung adalah tentang politik, mungkin Zeus ingin mengklaim bahwa dia adalah dewa Bumi yang sebenarnya.

Zeus Musuh Pertama Mighty Thor di Thor 4?

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer baru Love and Thunder, teori tentang Zeus sebagai villain ini sepertinya sudah mulai terungkap. Dalam salah satu cuplikannya terlihat Thor dan kawan-kawan pergi ke sebuah kota mengapung, dengan menggunakan sebuah perahu yang ditarik oleh dua ekor kambing Asgard, Toothgnasher dan Toothgrinder. Lokasi yang tampak gaib dan mewah tersebut sepertinya adalah markas Zeus, yaitu Olympus. Kemudian dalam adegan selanjutnya, Jane Foster alias Mighty Thor terlihat bertarung dengan sekelompok pasukan berzirah emas yang sepertinya adalah anak buah Zeus.

Dan yang lebih menariknya lagi, Mighty Thor sempat mengatakan “dia adalah ‘musuh’ pertamaku,” yang merujuk kepada Zeus sendiri. Jika benar Zeus adalah musuh pertamanya, sepertinya film Love and Thunder akan memperlihatkan betapa kuatnya Mighty Thor di pertarungan Olympus tersebut. Kehadiran Thor dan kawan-kawan di Olympus sepertinya ingin menyelesaikan perselisihan yang terjadi di antara New Asgard dan Olympus. Dan untuk mencapai hal tersebut, mau tidak mau dia harus berhadapan dengan sesama dewa, yang dalam hal ini Zeus muncul sebagai villainnya.

Di cuplikan terakhir trailernya, bahkan Zeus dengan sangat jelas mempermalukan Thor dengan menelanjanginya di depan banyak orang. Selain muncul sebagai villain pertama, kehadiran Zeus di Love and Thunder ini juga berpotensi untuk kelanjutan ceritanya nanti. Karena Zeus mungkin akan menjadi salah satu korban keganasan Gorr the God Butcher. Yang pada akhirnya membuat King Valkyrie mendapatkan senjata petir Zeus untuk bertarung dengan Gorr, seperti yang terlihat di trailernya.

Itulah pembahasan tentang sosok Zeus yang sangat berpotensi menjadi villain di film Love and Thunder nanti. Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah benar Zeus akan menjadi villain? Dan benarkah dewa Olympus yang sangat kuat ini akan menjadi korban Gorr the God Butcher? Kita buktikan saja kebenarannya, saat film Thor 4 tayang di bioskop pada 8 Juli nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.