Dengan tema cerita tentang bajak laut, wajar jika One Piece menghadirkan banyak karakter-karakter bajak laut kuat dalam cerita manga atau pun animenya. Para karakter bajak laut kuat tersebut ada yang berpetualang sendiri. Namun, ada juga yang tergabung dalam sebuah kru atau kelompok bajak laut. Dan berbicara mengenai kru bajak laut, ada banyak kru yang muncul dalam ceritanya.

Kita mengenal kru Topi Jerami, yang merupakan kru bajak laut yang menjadi protagonis utama cerita One Piece. Dan ada juga banyak kru bajak laut hebat lainnya, misalnya kelompok bajak laut Big Mom dan Kaido/Beast. Seperti yang Geeks ketahui, kedua bajak laut tersebut menjadi dua villain utama dalam Yonko Saga yang masih berlangsung saat ini.

Big Mom merupakan villain utama di arc Whole Cake Island. Sedangkan, Kaido merupakan villain utama dalam arc Wano Country yang saat ini masih berlangsung. Big Mom dan Kaido adalah dua bajak laut yang pernah bergabung dengan sebuah kelompok bajak laut besar. Kelompok bajak laut tersebut bernama kelompok bajak laut Rocks.

Berbicara mengenai Kaido dan Big Mom, terdapat sebuah spekulasi menarik yang mungkin bisa saja terjadi. Spekulasinya sendiri adalah kelompok bajak laut Big Mom dan juga Kaido kemungkinan akan bubar pasca Wano. Mengapa demikian? Karena, kedua Yonko tersebut berhasil dikalahkan oleh tiga Worst Generation secara terpisah. Big Mom saat ini sudah kalah oleh Law dan Kid.

Kaido sendiri nasibnya masih menjadi misteri setelah pada chapter 1049 kemarin Luffy berhasil menghajarnya sampai ibu kota Bunga. Meskipun belum ada konfirmasi atau narasi yang menyebutkan bahwa Kaido kalah, namun kemungkinan besar Luffy akan berhasil mengalahkan Kaido. Lalu, apa yang akan terjadi kepada kedua Yonko tersebut ketika mereka kalah?

Mereka yang Bubar

Mereka bisa jadi akan membubarkan kelompok bajak laut mereka pasca kekalahan tersebut. Mengapa demikian? Hal ini bisa kita lihat dari apa yang sudah muncul dalam ceritanya. Misalnya, kelompok bajak laut Rocks. Kelompok bajak laut Rocks adalah kelompok bajak laut legendaris yang sangat luar biasa.

Sekitar 40 tahun yang lalu, bajak laut Rocks menguasai lautan dan tidak ada satu pun yang berani menantang kelompok ini. Bahkan, pihak Pemerintah Dunia pun kesulitan mengalahkannya. Namun, sesuatu tidak terduga terjadi 38 tahun yang lalu di wilayah God Valley. Pada saat itu, kelompok Rocks harus bertarung melawan Garp dan angkatan laut beserta Gol D. Roger.

Kelompok Rocks pun kemudian berhasil ditaklukan oleh kedua karakter tersebut. Pasca kekalahan itu, akhirnya kelompok Rocks pun bubar. Contoh kasus lainnya dari kelompok bajak laut yang bubar pasca sebuah kekalahan adalah kelompok Whitebeard. Whitebeard pun merupakan mantan anggota dari kelompok bajak laut Rocks seperti halnya Kaido dan Big Mom. Dia pun berhasil membangun namanya sendiri seperti keduanya.

Bertahun-tahun menguasai lautan sampai pada akhirnya Whitebeard harus tewas dalam pertempuran puncak di Marineford. Dia tewas saat berusaha untuk menyelamatkan Ace yang hendak dieksekusi oleh pihak angkatan laut. Whitebeard sendiri tewas dengan puluhan luka tembak dan ratusan luka tusuk di tubuhnya. Whitebeard benar-benar memperlihatkan kualitasnya sebagai manusia paling kuat di dunia.

BACA JUGA: One Piece: Mimpi Terbesar Luffy Terungkap!

Marco, sebagai tangan kanan kelompok bajak laut Whitebeard, sempat mengambil alih posisi kapten. Dialah yang memimpin sisa-sisa dari kru Whitebeard untuk bertempur melawan kelompok Blackbeard dalam Payback War. Blackbeard dianggap bertanggung jawab atas kematian Whitebeard. Namun, sayangnya, pertempuran tersebut justru tidak berakhir manis bagi kelompok Whitebeard. Mereka justru kalah oleh kekuatan kelompok Blackbeard.

Kaido dan Big Mom Bubar

Berdasarkan penjelasan di atas, rasanya cukup masuk akal jika kemudian muncul asumsi atau spekulasi jika kemudian kelompok bajak laut Big Mom dan juga Kaido akan bubar setelah mereka kalah. Memang masih belum ada penjelasan mengapa setiap kali ada kelompok bajak laut yang berhasil dikalahkan oleh kelompok lainnya, maka kelompok bajak laut yang kalah harus membubarkan diri.

Mungkin, bisa jadi itu adalah sebuah bukti bahwa mereka mengaku sudah kalah. Karena, reputasi kekalahan mereka tentu sudah akan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Pertempuran antara Worst Generation melawan kedua Yonko ini pun juga menjadi perbincangan dunia, bahkan sebelum pertempurannya meletus. Sehingga, siapa pun yang kalah maka kabar kekalahannya akan terdengar juga ke seluruh dunia. Artinya, mereka harus siap membubarkan krunya. Kita tunggu aja ya Geeks cerita selanjutnya di One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.