Thor dan Mjolnir adalah dua elemen Marvel yang sangat tidak bisa dipisahkan, setidaknya di Marvel Comics, di mana mereka telah menjalin ‘hubungan’ tanpa akhir sejak Mjolnir pertama kali diceritakan pada tahun pada awal tahun 60-an. Di Marvel Comics sendiri, Thor telah melalui banyak hal dengan Mjolnir, dari mulai melawan para supervillain tangguh seperti Surtur, kemudian bergabung dengan Avengers, sampai dirinya sempat tidak bisa mengangkat Mjolnir karena telah beberapa kali kehilangan kelayakannya.

Ditempa dari logam uru yang konon berasal dari universe lain, Mjolnir adalah senjata yang mendapatkan ‘berkah’ Odin, sehingga hanya orang-orang yang terbukti layak saja yang bisa menggunakannya. Beberapa waktu lalu, kisah Thor sendiri menceritakan bagaimana supervillain Mangog bisa bersatu dengan Mjolnir dan berhasil membunuh Odin, sehingga Thor terpaksa haru menghancurkan senjata pamungkasnya tersebut. Sekarang, sepertinya Mjolnir sepertinya telah menemukan cara untuk kembali dengan jiwa sang All-Father Odin yang memutuskan untuk bersemayam di dalamnya.

Baru-baru ini, komik Hulk vs Thor: Banner of War Alpha #1 karya Donny Cates telah mengungkapkan seperti apa kehebatan baru dari Mjolnir. Di komik yang menceritakan pertarungan brutal antara Hulk dan Thor ini sekarang Mjolnir bisa bergerak sendiri tanpa perlu dikendalikan oleh penggunanya. Di sisi lain, Thor juga harus mampu menahan ocehan ayahnya tersebut yang kini bisa berbicara langsung di dalam kepalanya.

Selain itu di salah satu adegan epik komik Hulk vs Thor ini, Mjolnir juga memperlihatkan kekuatan lain, di mana setelah menghantamkan dirinya pada Hulk, Odin bisa masuk ke dalam tubuh raksasa hijau tersebut untuk bertarung langsung dengan Bruce Banner yang ada di dalamnya. Di komik ini Bruce memang memilih untuk bekerja sama langsung dengan Hulk dari dalam kepalanya.

Selama beberapa tahun ke belakang, Thor memang sempat beberapa kali kehilangan kelayakannya atas Mjolnir, termasuk saat Nick Fury berkekuatan Watcher berbisik kepada Thor bahwa selama ini pendapat Gorr tentang dewa tidak berguna adalah benar. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama, karena saat ini dia mempunyai Mjolnir yang jauh lebih sakti dengan Odin di dalamnya. Lucunya, hal tersebut membuat Mjolnir mirip seperti Cloak of Levitation milik Doctor Strange yang bergerak sendiri sesuai dengan keinginannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.