The Expendables adalah waralaba film aksi klasik yang populer karena melibatkan banyak sekali bintang besar di dalamnya. Diprakarsai oleh aktor veteran Sylvester Stallone, yang juga berperan di waralabanya sebagai Barney Ross, tiga film perdana The Expendables telah memperkenalkan banyak sekali aktor aksi terkenal, seperti Jason Statham sebagai Lee Christmas, Arnold Schwarzenegger sebagai Trench Mauser, Jet Li sebagai Yin Yang, Dolph Lundgren sebagai Gunner Jensen, dan masih banyak lagi.

Jajaran bintang yang terlibat di waralabanya dipastikan akan terus bertambah, karena Lionsgate akan segera merilis film The Expendables 4 pada tahun ini. Terlepas dari keterlibatan Stallone dan Statham yang membuat film keempatnya diantisipasi oleh para penggemar, keterlibatan Iko Uwais sebagai villain utama juga sepertinya telah membuat banyak orang makin tidak sabar ingin segera melihat filmnya. Sampai saat ini masih belum diketahui siapa identitas karakter yang akan diperankan oleh Iko, tetapi cukup jelas bahwa kehadirannya akan menjadi ancaman yang sangat serius bagi tim Expendables.

Meskipun Lionsgate masih merahasiakan peran Iko di film keempatnya nanti, tidak sedikit penggemar yang merasa bahwa karakternya adalah salah satu pembuktian waralaba The Expendables yang akan membawakan kisah sekuelnya dengan formula baru. Berdasarkan foto-foto behind-the-scene yang dibagikan oleh Statham melalui Instragram pribadinya, tampaknya karakter Iko akan melakukan pertarungan menegangkan melawan wakil dari tim Expendables, Lee Christmas.

Mengingat ‘formula baru’ yang digadang-gadang akan dihadirkan oleh waralabanya, ada kemungkinan karakter Iko dimaksudkan untuk menjadi ‘rival’ alias musuh bebuyutan dari Lee yang kedepannya dipastikan akan memimpin waralaba The Expendables menggantikan karakter Ross dari Stallone. Pada akhir tahun 2021 lalu, Stallone sendiri menjelaskan bahwa The Expendables 4 adalah film terakhirnya di waralaba, dan karakter Lee dari Statham kemungkinan akan menjadi pemimpin selanjutnya dari tim Expendables.

Jika Lionsgate dan semua tim kreatif yang terlibat di dalamnya memperhatikan peluang dan popularitas yang dibawa oleh Iko, sepertinya karakter Iko tidak akan dimatikan begitu saja seperti para villain terdahulu. Seperti yang kita tahu, villain seperti James Munroe (Eric Roberts) dari The Expendables 1, Jean Vilain (Jean-Claude Van Damme) dari The Expendables 2, dan Conrad Stonebanks (Mel Gibson) dari The Expendables 3, semua kisahnya berakhir hanya di satu film saja, di mana itu sangat disayangkan oleh para penggemar bahkan bagi para pemerannya sendiri.

Karakter villain yang diperankan oleh Iko, mungkin akan dihadirkan seperti karakter Cipher (Charlize Theron) di waralaba Fast & Furious yang akan dimunculkan kembali di film Fast X mendatang. Karakter Iko mungkin akan selamat setelah terlibat dalam pertarungan final melawan Lee di film The Expendables 4. Dalam keadaan terluka, mungkin dia akan berhasil kabur sebelum Lee bisa memastikan apakah rivalnya tersebut benar-benar mati atau tidak. Itu artinya dia bisa kembali lagi muncul di film-film The Expendables selanjutnya yang dipimpin oleh karakter Lee Christmas.

Jika teori ini benar, bukan tidak mungkin villain yang diperankan oleh Iko akan tampil jauh lebih sangar dan berbahaya lagi sebagai musuh bebuyutan Lee. Atau setidaknya dia bisa menjadi jembatan antara tim Expendables dengan villain selanjutnya di The Expendables 5 yang akan datang. Yang jelas, dengan berakhirnya kisah Stallone di waralaba The Exependables, Lee sangat membutuhkan seorang karakter yang dapat membuat kisahnya lebih kuat, dalam hal ini Iko sebagai salah satu rivalnya yang akan menjadi duri dalam petualangan Lee selanjutnya.

Itulah pembahasan tentang bagaimana karakter villain yang diperankan Iko Uwais akan menjadi rival dari calon pemimpin Expendables selanjutnya, Lee Christmas, sekaligus salah satu nilai tambah untuk waralabanya. Tentunya hal tersebut sangat bergantung pada kesuksesan film The Expendables 4 di seluruh dunia. Apakah formula baru The Expendables akan berhasil memperpanjang umur waralabanya? Hanya waktu yang bisa menjawab. Film The Expendables 4 sendiri diperkirakan akan tayang di bioskop pada semester kedua tahun 2022. Kita nantikan saja ya, Geeks!