Setelah penantian yang sangat panjang, akhirnya film sekuel Avatar yang berjudul resmi Avatar: The Way of Water merilis trailer perdananya. Dalam trailer baru tersebut, terlihat seperti apa keadaan Planet Pandora dan suku Na’vi di dalamnya setelah lebih dari satu dekade berlalu sejak persitiwa di film pertamanya. Terakhir kali Jake (Sam Worthington) terlihat, dia bersama suku Omaticaya telah berhasil mengusir manusia dari Pandora, dan sekarang dia dan keluarga kecilnya terlihat hidup bersama suku pesisir laut, Metkayina.

Sejauh yang sudah dikonfirmasi, Jake dan Neytiri (Zoe Saldaña) yang telah menikah di film pertamanya akan digambarkan mempunyai tiga anak kandung. Anak yang pertama bernama Neteyam (Jamie Flatters), yang kedua Lo’ak (Britain Dalton), dan yang ketiga adalah Na’vi berusia delapan tahun bernama Tuktirey alias Tuk (Trinity Bliss). Menariknya, di trailernya, ketiga anak kandung Jake dan Neytiri yang merupakan suku Na’vi asli ini terlihat bersama seorang manusia yang berbaur bersama mereka di alam Pandora. Siapa sebenarnya dia?

Diperankan oleh aktor baru bernama Jack Champion, karakter manusia yang terlihat berbaur bersama anak-anak Jake tersebut adalah Javier Socorro yang dijuluki Spider. Julukan tersebut mungkin karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil dari para Na’vi pada umumnya, tetapi mampu memanjat pohon-pohon besar di Pandora. Awalnya Javier adalah seorang anak manusia yang lahir di Hell’s Gate, markas manusia yang terlihat di film Avatar pertama. Namun karena alasan tertentu, alih-alih mengusirnya bersama para manusia lain, Jake justru menyelamatkan Javier dan mengadopsinya sebagai anak.

Sayangnya berdasarkan pernyataan produser Avatar 2, Jon Landau, setelah sekian tahun berlalu, Neytiri tampaknya masih belum bisa menerima Javier, meskipun dia telah melakukan gaya hidup Na’vi seperti para saudara angkatnya. “Jake membawanya masuk tetapi Neytiri selalu melihatnya sebagai salah satu orang yang menghancurkan rumahnya dan membunuh ayahnya,” kata Landau pada majalah Empire akhir tahun lalu. “Jadi kalian akan melihat banyak dinamika [hubungan mereka] di filmnya nanti.”

Sedangkan di sisi lain, Jake sepertinya sangat mengerti rasanya menjadi manusia yang tidak diterima dengan baik oleh suku asli Pandora, sehingga dia tetap mendukung Javier apa pun keadaannya. Dalam trailernya, Javier yang lebih memilih dipanggil Spider tersebut terlihat mengenakan exopack agar bisa bernafas di Pandora, karena hal tersebut juga mungkin dia akan sangat sulit diterima oleh para Na’vi lainnya. Di tambah lagi warna kulit dan fisiologi yang sangat berbeda, kemungkinan besar akan membuatnya sangat didiskriminasi di suku Metkayina yang sekarang menjadi rumah Jake dan Neytiri.

Ada kemungkinan keadaan keluarga Jake dan Neytiri yang beragam ini dapat membuat mereka sekeluarga justru sulit diterima oleh siapa pun, baik oleh suku Na’vi Metkayina, apalagi oleh para manusia yang mirisnya telah kembali untuk menjajah Pandora. Di akhir trailer bahkan Jake sampai berbicara kepada Neytiri, “Satu hal yang saya yakini: ke mana pun kita pergi, keluarga adalah ‘benteng terakhir’ kita.” Kalimat tersebut sepertinya dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa dia, Neytiri, dan keempat anaknya termasuk Spider, adalah ‘rumah’ yang sesungguhnya ke mana pun mereka pergi.

Itulah pembahasan tentang sosok manusia yang terlihat bersama para Na’vi di trailer Avatar 2. Berdasarkan sinopsis resminya bahkan sudah cukup jelas bahwa keluarga kecil Jake adalah fokus dari film sekuel Avatar nanti. Masalah yang mengikuti mereka, bagaimana mereka saling menjaga satu sama lain, pertarungan yang harus dilalui agar bisa tetap hidup, dan tragedi yang harus mereka derita, semuanya akan diceritakan di filmnya nanti. Avatar: The Way of Water akan bisa disaksikan pada 16 Desember 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.