Captain Marvel

Meskipun awalnya sempat dianggap Superior Iron Man, akhirnya terungkap bahwa selama ini sosok terbang yang tengah bertarung dengan Scarlet Witch di trailer Doctor Strange 2 adalah Maria Rambeu yang diperlihatkan sebagai varian Captain Marvel. Diperankan oleh Lashana Lynch, sahabat Carol Danvers sekaligus ibu kandung dari Monica Rambeau kemungkinan terpapar oleh Tesseract saat dirinya menjadi seorang pilot tentara Amerika. Meskipun terkenal dengan kekuatan kosmiknya, dan sempat membuat Scarlet Witch kewalahan, tetapi akhirnya dia tewas setelah tertimpa reruntuhan sebuah patung raksasa.

Professor X

Menjelang perilisan film Doctor Strange 2, Marvel Studios memang sudah mengonfirmasi bahwa Charles Xavier alias Professor X dari aktor Patrick Stewart dipastikan akan muncul. Sebagai varian Earth-838 yang mengambil referensi karakter dari waralaba film X-Men, Professor X yang menjadi anggota Illuminati di film ini terlihat mengendarai kursi terbang berwarna kuning yang mirip seperti kursi klasiknya di Marvel Comics. Meskipun awalnya sempat terlihat hampir berhasil menyelamatkan varian Wanda Maximoff, tetapi Professor X akhirnya tetap dibunuh oleh Scarlet Witch saat berusaha untuk mengendalikan pikiran penyihir yang dikuasai oleh Darkhold tersebut.

Karl Mordo

Terakhir, karakter yang menjadi anggota Illuminati di Earth-838 adalah varian Karl Mordo yang menjadi Sorcerer Supreme setelah Doctor Strange di semestanya mati. Meskipun tampil sebagai varian yang mempunyai penampilan sedikit berbeda, tetapi pada dasarnya Mordo masih tetap sama seperti versi Earth-616, yaitu dia masih tetap menaruh rasa iri kepada Strange yang selalu lebih unggul. Dari ketujuh anggota Illuminati, sepertinya hanya Mordo saja yang selamat sampai akhir, karena dia sama sekali tidak berhadapan langsung dengan Scarlet Witch saat pembantaian terjadi.

Itulah ketujuh anggota Illuminati yang muncul di film Doctor Strange 2. Sudah cukup jelas bahwa Illuminati yang berasal di Earth-838 ini adalah tim superhero terbaik versi semestanya, mirip seperti Avengers di Earth-616. Hal tersebut ditandai dengan peran mereka yang berusaha untuk mengalahkan Thanos, serta mencegah terjadinya tabrakan antar universe mereka dengan universe lain. Meskipun tampil sekilas, tetapi tidak diragukan lagi bahwa kemunculan Illuminati ini adalah salah satu adegan yang paling berkesan di filmnya.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.