Dari sekian banyak tayangan superhero pada tahun 2022 ini, bisa dibilang Moon Knight adalah salah satu serial Marvel Cinematic Universe yang berhasil menyajikan tayangan unik dengan tema dewa-dewa Mesir kuno. Dibintangi oleh Oscar Isaac, serial MCU ke-6 ini bercerita tentang petualangan Marc Spector / Steven Grant sebagai avatar dari Dewa Bulan bernama Khonshu. Berbekal kekuatan dari dewa Mesir kuno tersebut, Marc dan Steven bisa berubah menjadi sosok manusia super yang biasa dipanggil Moon Knight dan Mr. Knight.

Menjelang minggu kelima penayangan serial Moon Knight, pada akhirnya terungkap bahwa ada banyak sekali dewa Mesir kuno selain Khonshu. Adapun nama-nama dewa Mesir yang telah disinggung di serialnya di antara lain adalah Khonshu, Ammit, Isis, Osiris, Horus, Hathor, Tefnut, dan Taweret yang baru saja muncul di akhir episode 4 pada hari Rabu lalu. Menariknya, para dewa yang disebut sebagai Ennead ini ternyata sudah ada sejak lama di MCU, karena mereka adalah sosok yang sangat berperan penting dalam mengendalikan Bumi. Jika seperti itu kasusnya, lantas dari mana asal para dewa Mesir kuno ini?

Seperti yang kita tahu bahwa semua dewa yang telah diperkenalkan di MCU pasti mempunyai ‘planet’ asalnya masing-masing, seperti planet Asgard yang merupakan tempat asal para dewa Nordik, begitu juga dengan World Forge yang merupakan tempat kelahiran para Dewa Ruang Angkasa alias Celestial. Sedangkan untuk dewa Mesir di MCU, sampai saat ini masih belum dijelaskan secara detail dari mana sebenarnya mereka berasal. Namun, di serial Moon Knight episode 3, Khonshu pernah diperlihatkan marah kepada para Ennead lain, karena menurutnya mereka terlalu lama bersantai di ‘Overvoid’.

Di Marvel Comics sendiri, Overvoid atau Othervoid adalah sebutan untuk tempat asal para dewa Mesir yang mempunyai nama asli Celestial Heliopolis. Diceritakan pertama kali pada tahun 1975 melalui komik Thor #240, C. Heliopolis adalah sebuah dimensi yang letaknya berada di dunia lain. Alih-alih berada di semesta yang sama dengan Bumi, sepertin Asgard dan World Forge, C. Heliopolis justru lebih mirip seperti Dark Dimension yang muncul di film Doctor Strange. Itulah mengapa para Ennead memilih avatarnya sendiri di Bumi, mirip seperti Dormammu yang menjadikan Kaecilius sebagai salah satu avatarnya.

Sebenarnya jauh sebelum para Firaun berkuasa di Mesir, para Ennead adalah entitas kosmik yang menduduki Bumi. Namun, karena manusia meninggalkan mereka, pada akhirnya para Ennead memutuskan untuk tinggal di C. Heliopolis. Meskipun berada di dunia lain, tetapi lokasi C. Heliopolis cukup berdekatan dengan ‘keberadaan’ Bumi, sehingga nexus dari kedua lokasi ini akhirnya bertemu di Kota Mesir. Itulah mengapa para Ennead lebih sering disebut sebagai dewa-dewa Mesir kuno, karena mereka dapat melihat langsung keadaan Bumi dari C. Heliopolis hanya dengan melalui nexus antar dimensi tersebut.

Walaupun sebagian besar Ennead berada di Overvoid atau Celestial Heliopolis, tetapi mereka masih cukup berkuasa di Bumi melalui para avatarnya. Osiris sebagai para pemimpin Ennead bahkan mengatakan bahwa mereka masih tetap mengawasi Bumi dan sebisa mungkin untuk tidak terlalu mencampuri urusan manusia, seperti yang dilakukan oleh Khonshu dengan avatarnya, Moon Knight. Itulah pembahasan mengenai tempat asal dewa Mesir kuno di serial Moon Knight. Semoga saja di dua episode terakhirnya nanti, kita bisa melihat seperti apa penampakan asli Celestial Heliopolis versi MCU ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.