Toy Story adalah salah satu animasi garapan studio Pixar yang bisa dibilang waralabanya sangat sukses di pasaran. Dirilis perdana pada tahun 1995, film Toy Story bercerita tentang berbagai mainan yang bisa hidup ketika pemiliknya yang bernama Andy tidak ada di sekitar mereka. Berkat kesuksesan film pertamanya, waralabanya kemudian berkembang dengan berbagai sekuel, seperti Toy Story 2 (1999), Toy Story 3 (2010), Toy Story 4 (2019), dan sebentar lagi akan mempunyai spinoff berjudul Lightyear.

Lightyear sendiri adalah film spinoff Toy Story yang akan berfokus pada seorang astronaut bernama Buzz Lightyear, yang menjadi inspirasi dari salah satu mainan Andy. Film animasi yang kembali digarap oleh studio Pixar ini disutradarai oleh Angus MacLane yang menulis langsung naskah filmnya bersama Jason Headley. Diisi suaranya oleh Chris Evans, kali ini Buzz akan diceritakan melakukan petualangan ke luar angkasa dari sebuah planet alien, untuk menemukan jalan kembali ke Bumi. Namun, dalam prosesnya, dia justru malah melakukan perjalanan waktu dan kembali ke planet tersebut setelah 62 tahun berlalu.

Menariknya, baru-baru ini dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Screen Rant, MacLane mengungkapkan bahwa film spinoff Toy Story yang dia sutradarai ini berpotensi untuk mendapatkan sekuel. Dia bahkan menjelaskan bahwa film yang berfokus pada karakter asli Buzz ini mirip seperti film Star Wars dengan kisah yang ‘to infinity and beyond’ alias tidak terbatas. Cakupan dari film Lightyear sendiri bisa sangat luas, karena terbentang dari satu planet ke planet lain di galaksi.

“Bagi saya, ini [Lightyear] mirip seperti apa yang saya suka dari Star Wars, di mana bisa terus berkembang dengan cara apa pun,” ungkap Maclane. “Menurut saya ketidakterbatasan tersebutlah yang membuatnya sangat menarik. Jadi fokus kami sekarang adalah dengan menyelesaikan filmnya, tetapi bukan berarti narasinya akan berhenti. Masih ada kisah sebelum dan sesudahnya, Memang terlalu beresiko untuk menghubungkannya, tetapi siapa yang tahu?”

Mendengar pernyataan sutradara yang menyamakan kisah Lightyear dengan Star Wars, itu artinya ada banyak sekali potensi dari dunianya yang bisa diangkat untuk menjadi plot Lightyear 2, atau bahkan mungkin prekuel. Namun, yang perlu dicatat adalah film selanjutnya hanya bisa terwujud jika penayangan Lightyear berhasil, baik secara finansial, maupun respons dari para penggemar. Mari kita temukan saja jawabannya sendiri, Geeks, saat film Lightyear tayang di bioskop pada 17 Juni nanti.