Nama Joy Boy kembali mencuat dalam pertempuran di Onigashima dalam arc Wano Country saat ini. Joy Boy adalah salah satu karakter yang paling penting dalam sejarah One Piece. Tetapi, sayangnya, sosok Joy Boy diketahui sudah tewas pada ratusan tahun yang lalu. Berdasarkan informasi yang diketahui tentang Joy Boy, dia adalah sosok penting yang hidup di abad yang hilang.

Nama Joy Boy kembali menjadi perbincangan hangat di babak ketiga dalam arc Wano Country ini, setelah Joy Boy dianggap menjadi sosok yang dinantikan sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Meskipun begitu, Oda Sensei sendiri masih belum banyak memberikan informasi penting mengenai Joy Boy.

Selain informasi yang sudah diketahui di atas, ada banyak spekulasi yang bermunculan di kalangan fans mengenai sosok ini. Misalnya, Joy Boy dispekulasikan merupakan pemimpin dari Kerajaan Kuno. Namun, karena invasi dari 20 kerajaan yang menyerang Kerajaan Kuno, akhirnya Joy Boy beserta kerajaannya harus hancur.

Kemudian, ada juga spekulasi di mana Joy Boy dianggap sebagai raja bajak laut pertama. Joy Boy juga dianggap sebagai sosok yang pertama kali berhasil menginjakan kaki di Laugh Tale dan menjadi orang yang menyimpan semua harta karun di pulau tersebut, termasuk harta karun One Piece. Dan spekulasi terakhir menyebutkan bahwa Joy Boy menjadi incaran Pemerintah Dunia, berdasarkan fakta bahwa dia meminta maaf kepada manusia ikan karena tidak bisa memenuhi janjinya.

Geeks mungkin bertanya-tanya jika kemudian Joy Boy memang adalah incaran Pemerintah Dunia, apakah artinya dia memiliki nilai buruan seperti halnya incaran Pemerintah Dunia lainnya? Sampai sejauh ini, memang belum ada informasi apa pun bahwa Joy Boy memiliki nilai buruan. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil.

Di sepanjang sejarah dunia One Piece, sosok yang diketahui memiliki nilai buruan paling besar di dunia adalah Gol D. Roger, dengan nilai buruan mencapai 5.564.800.000 Belly. Disusul oleh Whitebeard yang juga memiliki nilai buruan mencapai 5 milliar Belly, kemudian Kaido dan Big Mom yang sama-sama memiliki nilai buruan 4 milliar Belly.

Asumsi para fans sendiri menyebutkan bahwa Roger mendapatkan angka yang begitu besar karena dia berhasil pergi menuju Laugh Tale. Dan sejauh ini belum ada lagi bajak laut lainnya yang mampu mendekati pencapaian dari Roger, kecuali para Yonko.

Whitebeard sendiri sebenarnya bisa saja mengikuti jejak Roger. Namun, nilai buruan Whitebeard bisa berada di angka yang sama dengan Roger bisa jadi dikarenakan dia tahu informasi tentang rahasia dunia, dan juga dia memiliki buah iblis paling kuat di dunia, Gura Gura no Mi. Bagaimana dengan Joy Boy? Kekuatan dari sosok Joy Boy sendiri masih belum diketahui sampai saat ini.

Namun, seperti yang kita ketahui, Joy Boy dispekulasikan sebagai pemilik sebelumnya dari buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Sun God Nika. Dengan asumsi bahwa apa yang dihadirkan Luffy saat ini serta sebelumnya dengan buah iblis tersebut adalah gambaran dari kekuatan Joy Boy pada masa lalu, maka artinya Joy Boy adalah sosok yang kuat.

Luffy sendiri saat ini memiliki nilai buruan mencapai 1,5 milliar Belly. Namun, hal ini dikarenakan Luffy dianggap sebagai sosok yang tidak berpengaruh di dunia One Piece, sampai kemudian dia tiba di New World. Hal berbeda tentu dialami oleh Joy Boy yang namanya pasti sangat dikenal oleh para Gorosei dan semua yang ada di Pemerintah Dunia.

Dengan pengaruhnya sebagai Joy Boy, serta bagaimana dia menjadi ancaman besar bagi Pemerintah Dunia dengan berbagai rahasia yang dia simpan dalam Poneglyph di Laugh Tale, rasanya masuk akal jika kemudian nilai buruannya pun lebih tinggi bahkan melebihi Roger. Nilai buruan Joy Boy mungkin bisa mencapai 7-9 milliar Belly.

Secara sekilas angka tersebut mungkin terlihat tidak masuk akal. Namun, kembali, kita melihat beberapa faktor penting dari angka tersebut. Contohnya pengaruh besar Joy Boy, kekuatan buah iblisnya, dan bagaimana dia menjadi ancaman besar Pemerintah Dunia baik pada saat itu maupun untuk masa yang akan datang. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.