DC Universe adalah semesta komik yang telah dibangun sejak akhir tahun 30-an oleh DC Comics. Dengan sejarahnya yang panjang tersebut mereka telah menciptakan dan memperkenalkan banyak sekali superhero dengan kisah-kisah yang imajinatif, termasuk di dalamnya ada banyak konsep universe alternatif yang merupakan bagian dari DC Multiverse secara keseluruhan. Dan dari sekian banyak universe yang ada di multiverse, beberapa di antaranya ternyata terlalu berbahaya untuk dikunjungi. Universe apa saja yang dimaksud? Berikut lima universe alternatif DC yang paling berbahaya beserta alasannya!

Earth-3

Bisa dibilang superhero yang ada di universe utama DC adalah contoh bagi banyak universe alternatif lain di sekitarnya. Namun, alih-alih diisi oleh para varian superhero, sebuah universe yang disebut Earth-3 justru malah diisi oleh para supervillain yang merupakan kebalikan dari para superhero utama, seperti Ultraman (Superman jahat), Owlman (Batman Jahat), Power Ring (Green Lantern jahat), dan sebagainya. Para supervillain ini tergabung dalam tim super yang disebut Crime Syndicate, di mana mereka berkuasa dan menindas siapa pun yang ada di dalam Earth-3, termasuk para superhero yang merupakan kebalikan dari para supervillain utama, termasuk Jokester (Joker baik).

Earth-10

Sama seperti Earth-3, Earth-10 alias Earth X adalah universe alternatif di mana kejahatan diceritakan menang. Bedanya, pemenang di universe alternatif yang satu ini adalah Nazi yang berhasil menguasai hampir seluruh penjuru Bumi. Bukan hanya pasukan Nazi-nya saja yang menonjol, tetapi juga para manusia supernya. Di Earth-10 ini, Kal-El yang seharusnya mendarat di Amerika malah mendarat di Jerman ketika masih bayi. Ketika dewasa, dia menjadi supervillain bernama Overman yang merupakan senjata terhebat Nazi. Ketika Nazi saya sudah cukup buruk, dunia di mana Superman jahat bukanlah dunia ideal yang didambakan oleh para manusia Bumi.

Earth-43

Earth-43 adalah universe alternatif yang pertama kali diceritakan di komik elseworld klasik DC berjudul Batman: Red Rain karya Doug Moench dan Kelley Jones. Di universe ini, Kota Gotham diceritakan diserang oleh Dracula yang mengubah banyak warganya menjadi vampir haus darah, termasuk Batman sendiri. Di universe ini hampir semua superhero dan supervillain di Kota Gotham diperlihatkan mati mengenaskan. Cukup jelas bahwa dunia di mana Batman menjadi vampir adalah sesuatu yang tidak layak untuk dikunjungi.

DCeased

Jika Earth-43 diceritakan penuh dengan vampir, di universe alternatif yang disebut DCeased, wabah zombie diceritakan merebak ke seluruh penjuru Bumi dan membuat para manusia serta sebagian besar manusia supernya menjadi zombie pemakan manusia. Meskipun awalnya sempat terkendali, tetapi ketika Batman dan Superman berubah jadi zombie, hampir tidak ada satu orang pun yang selamat dalam wabah mengerikan ini. Pada akhirnya terungkap bahwa Anti-Life Equation adalah penyebab utama dari tragedi DCeased ini. Alasan mengapa universe ini berbahaya adalah karena manusia merupakan mangsa utama dari para zombie super yang tidak pernah merasa kenyang.

Dark Multiverse

Pertama kali diperkenalkan di Dark Knights: Metal, Dark Multiverse adalah kebalikan dari multiverse utama DC yang berisi kumpulan universe alternatif di mana varian Bruce Wayne diceritakan menjadi jahat. Dunia yang serba terbalik ini dipenuhi dengan teror dan para Batman yang memiliki kemampuan beragam, di mulai dengan Devastator yang merupakan Batman berkemampuan Doomsday, sampai The Batman Who Laugh yang kegilaannya melebihi Joker. Dengan adanya para Batman jahat ini, tidak ada satu pun universe di Dark Multiverse yang cocok untuk ditinggali oleh manusia biasa.

Karena kondisi lingkungan dan para makhluk di dalamnya inilah mengapa lima universe alternatif ini termasuk ke dalam katergori berbahaya. Satu-satunya cara untuk bisa bertahan di universe alternatif yang berbahaya ini mungkin hanya dengan menjadi supervillain atau manusia jahat. Karena di universe yang dipenuhi dengan kejahatan ini sama sekali tidak ada tempat bagi para superhero dan manusia yang mendambakan perdamaian. Itulah lima universe DC paling berbahaya, di mana kejahatan diceritakan menang dan berkuasa.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.