Usopp dikenal sebagai salah satu dari kru bajak laut Topi Jerami dalam cerita One Piece dan juga memiliki kelebihan dalam hal menembak tepat. Kemampuannya tersebut sangat krusial, karena tidak jarang kemampuannya justru bisa menyelamatkan nyawa rekannya dan juga orang lain. Meskipun begitu Usopp bukanlah sosok yang terlalu bisa diandalkan dalam urusan bertarung.

Usopp merupakan salah satu dari tiga “trio lemah” yang ada di kelompok Topi Jerami, selain Chopper dan Nami. Dan hal ini memang terbukti di mana Usopp sangat jarang diperlihatkan bertarung. Usopp lebih sering kabur atau menghadapi musuhnya dari jarak jauh dalam sebuah pertarungan. Namun, semua ini tentunya bisa dirubah dengan adanya tambahan kekuatan dari buah iblis.

Dalam kru Topi Jerami, sejauh ini baru ada empat orang yang memiliki kemampuan buah iblis. Mereka adalah Nico Robin, Brook, Luffy, dan Chopper. Tetapi, akan lebih baik tentunya jika kru Topi Jerami lain juga memiliki kekuatan buah iblis. Hal ini bisa membuat kru Topi Jerami semakin kuat untuk bisa menghadapi ancaman lain yang datang pada masa yang akan datang.

Para fans sendiri banyak yang berteori mengenai buah iblis apa yang dirasa pantas untuk Usopp. Ada yang menyebutkan bahwa Usopp mungkin akan memakan buah iblis Mato Mato no Mi milik Vander Decker IX yang membuat Usopp akan mampu menyerang musuhnya secara tepat, tidak peduli seberapa jauh sasarannya. Kemudian ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa Usopp mungkin akan memiliki buah iblis Giro Giro no Mi, yang mampu membaca atau melihat apa pun seperti halnya sinar X.

Buah iblis lainnya yang banyak dispekulasikan akan dimakan oleh Usopp adalah Fude Fude no Mi milik Kurozumi Kanjuro. Fude Fude no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang membuat penggunanya bisa menggambar apa pun yang mereka inginkan dengan menggunakan tinta. Gambar tersebut kemudian bisa hidup dan bergerak seperti halnya makhluk biasa. Kemampuan dari Kanjuro ini sudah kita lihat dalam beberapa chapter sebelumnya, seperti saat Kanjuro menggambar sosok Kozuki Oden yang terasa begitu nyata.

Lalu, apa yang membuat Usopp dirasa pantas memiliki kemampuan buah iblisnya? Disadari atau tidak, sebenarnya Usopp memiliki kemampuan menggambar yang sangat baik. Buktinya adalah Usopp yang menggambar lambang bajak laut dari kelompok Topi Jerami. Kemudian, Usopp juga merupakan seorang penemu (inventor) dan seseorang yang gemar untuk mengutak-atik berbagai peralatan dengan ide-ide gilanya.

Contohnya adalah Usopp Hammer yang digunakan untuk mengalahkan Perona di arc Thriller Bark dan mengalahkan Sugar di arc Dressrosa. Dengan kemampuan buah iblis ini, Usopp tentunya akan sangat membantu kru untuk melintasi berbagai rintangan. Usopp bisa menggambar senjata untuk melawan musuhnya, menggambar jembatan untuk bisa membantu melewati jurang, dan sebagainya. Kemampuan menggambar Usopp bisa menjadi sesuatu yang mengerikan dengan adanya buah iblis ini.

Selain itu, salah satu alasan lainnya adalah setelah semua petualangan selesai dan Usopp kembali ke desa Syrupp, dia bisa menggambar dan “menghidupkan” gambar tersebut saat dia bercerita banyak kepada Kaya tentang petualangannya. Dan kekuatan ini juga bisa menjadi semacam penyemangat, hiburan, dan ajang pertunjukan bagi anak-anak di desanya.

Peluang untuk Usopp mendapatkan buah iblis tersebut sangat besar, karena saat ini Kanjuro dalam keadaan sekarat – bahkan mungkin sudah tewas. Artinya kemampuan buah iblisnya akan berpindah ke buah terdekat. Yang harus Usopp lakukan adalah menyiapkan buah biasa untuk kemudian menjadi wadah dari kekuatan tersebut sebelum kemudian dia mendapatkan kekuatannya. Apakah Usopp akan mendapatkan kekuatannya pasca arc Wano? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.