Vegeta merupakan salah satu karakter yang sangat populer di franchise Dragon Ball bahkan di industri anime dan manga. Rasanya hampir tidak ada orang yang tidak mengenal sosok Vegeta. Selain karena sosoknya yang pemarah dan penuh emosi akibat sifat alami Saiyannya, kepopuleran dari sosok Vegeta ini dikarenakan Vegeta merupakan rival abadi dari protagonis utama serinya, Goku.

Berbicara mengenai sosok Vegeta, mungkin tidak akan jauh dari bagaimana upayanya untuk bisa menjadi jauh lebih kuat dari sosok Goku. Kita pun tidak banyak diberi tahu tentang asal-usul dari Vegeta, selain dia merupakan anak dari King Vegeta, penguasa di planet Vegeta. Tetapi, tahukah Geeks jika Vegeta sebenarnya memiliki seorang adik laki-laki bernama Tarble.

Siapa Tarble?

Berbeda dengan sang kakak, Tarble adalah seorang Saiyan yang memiliki sifat baik hati. Dia tidak memiliki agresi atau hasrat bertarung yang besar seperti kebanyakan Saiyan pada umumnya. Bisa dibilang tarble sangat mirip dengan ibu dari Goku, Gine. Karena hal ini juga Tarble pun dianggap sebagai Saiyan level rendah, yang mana fakta tersebut membuat sang ayah, King Vegeta benar-benar malu.

Akibatnya, King Vegeta kemudian mengusir Tarble dari planetnya, yang membuatnya selamat dari penyerangan yang dilakukan oleh Frieza yang berujung kehancuran planet Vegeta. Yang unik adalah Tarble masih memiliki ekor, yang menjadi ciri khas bangsa Saiyan, meskipun dia membiarkan ekor miliknya itu terurai dan tidak diikat seperti yang Saiyan lainnya lakukan.

Hal tersebut bisa menjadi petunjuk tentang kurangnya agresi bertarung dalam dirinya. Masih belum diketahui apakah Tarble mampu berubah ke form Great Ape seperti kakaknya dan juga ayahnya, meskipun secara logika sebagai seorang Saiyan seharusnya Tarble mampu untuk berubah. Tarble juga begitu menghormati sang kakak, meskipun hubungan diantara keduanya tidak terlalu dekat. Tarble sendiri pertama kali diperkenalkan kepada para fans di film Dragon Ball: The Return of Son Goku And Friends!, sebuah film yang tidak pernah mendapatkan dubbing atau alih suara ke bahasa Inggris.

Cerita Masa Lalu Tarble

Cerita tentang Tarble sebenarnya sedikit mirip dengan cerita kehidupan sang kakak, Vegeta, di mana dia pada akhirnya menjalin hubungan dengan seorang gadis alien bernama Gure. Berbeda dengan Bulma, Gure sama-sama bersifat baik dan mudah bergaul seperti halnya Tarble. Hal ini seolah menunjukan bahwa Saiyan yang tidak memiliki agresi besar dalam dirinya juga memiliki kecenderungan mencari wanita yang sama dengannya.

Suatu hari, planet yang ditinggali oleh Gure dan Tarble diserang oleh dua anak buah Frieza, Abo dan Cado. Namun, karena Tarble tidak sekuat dan setangguh sang kakak dalam urusan bertarung, akhirnya dia pun pergi menuju bumi untuk meminta bantuan demi melindungi planet tempat tinggalnya.

Meskipun Tarble mengaku bahwa dia sudah menjadi sosok yang kuat selayaknya Frieza, namun kemudian ucapan tersebut terbukti salah ketika Goku berhasil mengalahkannya, yang membuktikan bahwa Z-Fighter sebenarnya jauh lebih kuat dari Tarble. Pada akhirnya, Trunks dan Goten yang kemudian berhasil mengalahkan Abo dan Cabo.

Selain di film Dragon Ball: The Return of Son Goku And Friends!, Tarble hampir tidak pernah muncul di seri Dragon Ball lainnya. Dalam film Dragon Ball Z: Battle of God, nama Tarble sempat direferensikan sebagai opsi dalam membantu Goku untuk menjadi Super Saiyan God. Namun, ide tersebut kemudian dibatalkan karena Vegeta tidak bisa menghubunginya dan juga tidak tahu keberadaanya. Tarble juga sempat muncul dalam permainan game Dragon Ball Z: Dokkan Battle di mana dia bertemu dengan Future Trunks.

Apakah Tarble Canon?

Status dari karakter Tarble di franchise Dragon Ball sebenarnya sangat kompleks. Film Dragon Ball: The Return of Son Goku And Friends! secara teknik bukan bagian dari cerita kanon serinya. Tarble sempat disebutkan dalam film Dragon Ball Z: Battle of Gods, tetapi tidak dalam adaptasi animenya. Bukan hanya itu, dalam Dragon Ball Super: Broly nama Tarble juga sempat disebut yang membuat status kanon Tarble semakin kompleks.

Berdasarkan hal tersebut, sulit untuk menentukan apakah Tarble merupakan bagian dari karakter kanon di seri Dragon Ball. Namun, ada kemungkinan bahwa Tarble dalam film Dragon Ball: The Return of Son Goku And Friends! berbeda dengan Tarble dalam versi di film Dragon Ball Super: Broly. Artinya, bukan tidak mungkin bahwa ada dua versi dari Tarble yang ada di serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.