Setelah menanti cukup lama, akhirnya Marvel merilis trailer perdana film solo keempat Thor yang berjudul resmi Thor: Love and Thunder. Banyak hal menarik yang terungkap melalui trailer barunya ini, salah satunya adalah penampilan perdana Jane Foster dari Natalie Portman yang diperlihatkan lebih sangar sebagai Mighty Thor. Dia terlihat memanggil dan menggunakan Mjolnir yang terakhir kali dihancurkan sampai berkeping-keping oleh Hela di film Thor: Ragnarok.

Sementara teori yang beredar banyak membahas tentang Bagaimana Mjolnir Bisa Kembali Utuh, kali ini mari kita bahas kemungkinan bahwa Mighty Thor yang terlihat di trailer Love and Thunder sebenarnya adalah seorang varian dari universe lain. Di Marvel Cinematic Universe sendiri, konsep varian pertama kali diperkenalkan melalui serial LokiĀ (2021), yang memperlihatkan ada banyak sekali versi alternatif Loki yang mengacaukan timeline dan harus berurusan dengan Time Variance Authority (TVA). Serial tersebut bahkan dengan sangat jelas memperlihatkan varian Loki versi wanita yang bernama Sylvie Laufeydottir.

Jika Loki mempunyai varian dalam wujud wanita, bukan tidak mungkin hal serupa juga dialami oleh Thor, di mana varian wanita versi Thor adalah Mighty Thor yang mempunyai penampilan seperi karakter Jane Foster. Jika begitu teorinya, akan lebih menarik lagi jika pada akhirnya diungkap bahwa ternyata Mighty Thor sebenarnya adalah saudari tiri Sylvie yang berasal dari semesta yang sama dengannya, mirip seperti Thor dan Loki utama. Atau teori yang lebih sederhananya lagi, Mighty Thor bisa saja adalah varian Jane dari universe alternatif yang mendapatkan kesempatan untuk mengangkat Mjolnir di semestanya.

Di Marvel Comics, peristiwa di mana Jane menjadi Thor pertama kali diceritakan di komik Thor: God of Thunder #25 (2014). Jane sendiri bukan karakter figuran yang dimunculkan sekilas, melainkan karakter Marvel yang sudah melakukan debutnya sejak tahun 1962, itulah mengapa banyak penggemar yang merasa bahwa gelar barunya sebagai Thor sangat layak baginya. Kisah perubahan Jane menjadi Mighty Thor dimulai ketika Thor Odinson diceritakan menjadi unworthy (tidak layak) terhadap Mjolnir. Jane yang pada saat itu menghampiri Mjolnir di Bulan, kemudian mencoba mengangkatnya dan berhasil.

Kembali lagi ke pembahasan varian Jane Foster, siapa pun variannya nanti sekarang pertanyaannya, “apa alasan Mighty Thor muncul di semesta utama?” Jawaban untuk pertanyaan tersebut sebenarnya berhubungan dengan villain di filmnya. Seperti yang kita tahu, antagonis utama di film Love and Thunder ini adalah Gorr the God butcher yang diperankan oleh Christian Bale. Pertama kali diperkenalkan di komik Thor: God of Thunder #2 (2012), Gorr adalah supervillain yang menghabiskan waktu hidupnya untuk membasmi para dewa di Marvel Universe.

Dalam klimaks kisah komiknya, Thor yang kewalahan diceritakan mengajak dua variannya, King Thor dan Young Thor, untuk bersama-sama mengalahkan Gorr. Dan setelah ketiga Thor tersebut menyatukan kekuatan, Gorr akhirnya berhasil dikalahkan. Kisah serupa mungkin diadaptasi juga di film Love and Thunder, di mana Thor akan membutuhkan bantuan dari variannya untuk mengalahkan Gorr. Alih-alih menghadirkan karakter seperti King Thor atau Young Thor, filmnya justru mengambil arah yang lebih menarik dengan menghadirkan Jane Foster alias Mighty Thor yang berasal dari universe alternatif.

Nantinya setelah Gorr versi MCU berhasil di kalahkan, mungkin Thor yang merasa rindu kepada Jane setelah melihat Mighty Thor, pada akhirnya memutuskan untuk kembali ke Bumi untuk bertemu Jane utama yang selama ini digambarkan sebagai gebetannya. Itulah pembahasan mengenai kemungkinan Jane Foster sebagai varian di film Love and Thunder. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Jangan lewatkan aksi Jane sebagai Mighty Thor di film Thor: Love and Thunder yang dijadwalkan untuk rilis pada 8 Juli 2022 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.