Baru saja film Thor keempat yang berjudul resmi Thor: Love and Thunder merilis trailer perdananya. Film yang disutradarai oleh Taika Waititi ini, akan melanjutkan peristiwa Avengers: Endgame (2019), di mana Thor (Chris Hemsworth) terlihat meninggalkan Bumi bersama Guardians of the Galaxy MCU. Thor yang tengah mencari kedamaian di dalamnya dirinya sepertinya akan diganggu oleh Gorr the Butcher God (Christian Bale), supervillain pendendam yang melakukan pengembaraan galaksi untuk membasmi para dewa Marvel.

Untuk mengalahkannya, di film solo keempatnya ini Thor akan bekerja sama dengan King Valkyrie (Tessa Thompson), Korg (Taika Waititi), dan juga Jane Foster (Natalie Portman) yang dipastikan akan menjadi Mighty Thor. Menariknya, berdasarkan apa yang sudah terlihat di trailer baru Love and Thunder, Jane dengan sangat jelas menggunakan Mjolnir yang seharusnya hanya bisa diangkat oleh orang yang ‘layak’. Cuplikan adegan tersebut membuktikan bahwa Mjolnir tampaknya sudah bukan lagi milik Thor, melainkan senjata andalan Jane setelah dirinya menjadi Mighty Thor.

Namun, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya Jane mendapatkan Mjolnir tersebut? Padahal seharusnya palu kosmik tersebut sudah dihancurkan sampai berkeping-keping oleh Hela di film Thor: Ragnarok. Teorinya, kemungkinan besar Mjolnir tersebut dia dapatkan saat berkunjung ke New Asgard di Desa Tønsberg, Norwegia. Alasan mengapa Mjolnir kembali utuh mungkin karena seseorang telah berhasil menyatukannya kembali dan menyimpannya di New Asgard sampai ada seseorang yang layak untuk mengangkatnya.

Sebelumnya sempat beredar rumor bahwa karakter Eitri the Dwarf King (Peter Dinklage) akan kembali di film Love and Thunder, setelah terakhir kali membantu Thor, Rocket Raccon, dan Groot saat membuat Stormbreaker di Nidavellir. Mengingat Eitri adalah sosok yang menempa Mjolnir dari bintang, bukan tidak mungkin dia akan memperbaikinya ciptaannya sampai utuh kembali, meskipun tidak sesempurna dulu. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, terlihat ada banyak retakan berwarna biru di Mjolnir, yang kemungkinan tidak bisa dipulihkan 100% oleh Eitri.

Setelah Mjolnir berhasil di reparasi, palu sakti tersebut mungkin akan disegel di New Asgard, sampai akhirnya Jane mengangkatnya dan terbukti layak sebagai God of Thunder baru. Di Marvel Comics sendiri, tepatnya di komik Thor #1, Jane yang tengah menderita penyakit kanker diperlihatkan berhasil mengangkat Mjolnir dan mendapatkan kekuatan Thor. Mungkin hal serupa juga akan diceritakan di film Love and Thunder nanti. Jane yang tengah sakit dan mencari Thor, pada akhirnya memutuskan untuk pergi ke New Asgard. Alih-alih menemukan gebetannya, dia akan disambut oleh Valkyrie, raja baru Asgard.

Pada titik ini, Valkyrie akan menjelaskan bahwa mereka juga sebenarnya tengah menunggu Thor karena tidak ada satu orang pun yang berhasil mengangkat Mjolnir yang telah direparasi sebelumnya oleh Eitri. Nantinya sebuah situasi genting mungkin akan memaksa Jane untuk mencoba mengangkat Mjolnir dan ternyata berhasil. Sejak saat itu, Jane mulai diberkahi kekuatan Thor dan menjadi Mighty Thor. Valkyrie yang mengakui kehebatannya kemudian akan memberikan kostum Asgardian kepada Jane, sampai akhirnya dia bisa bertemu dengan Thor seperti yang terlihat di cuplikan trailer.

Itulah pembahasan teori tentang bagaimana Jane Foster dapatkan Mjolnir dan menjadi Mighty Thor. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Perlu dicatat juga bahwa sampai saat ini, baik Waititi dan Portman sendiri masih merahasiakan bagaimana Mjolnir bisa berada di tangan Jane, yang jelas ide tersebut sudah pernah diperlihatkan sejak film Love and Thunder pertama kali diumumkan, dengan Portman yang membawa-bawa Mjolnir dalam acara pers. Kita lihat saja nanti apa yang sebenarnya terjadi di film Thor: Love and Thunder yang akan dirilis pada 8 Juli 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.