Terungkapnya fakta sebenarnya tentang buah iblis asli dari Luffy membuat para fans One Piece tidak berhenti untuk membahas mengenai hal ini. Banyak fans yang kemudian berpendapat bahwa sebenarnya ada beberapa buah iblis Hito Hito no Mi lainnya yang mungkin selama ini “disembunyikan” oleh Oda Sensei. Seperti yang kita ketahui, buah iblis Gomu Gomu no Mi ternyata adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika.

Hal ini membuat buah Hito Hito no Mi di seri One Piece total berjumlah empat buah. Selain Luffy, pemilik buah iblis tersebut adalah Tony Tony Chopper, Gyukimaru, dan Sengoku. Namun, terdapat sebuah teori menarik mengenai kemungkinan pemilik atau pengguna buah iblis Hito Hito no Mi lainnya.

Dalam teori tersebut disebutkan bahwa sosok Nico Robin kemungkinan adalah pemilik selanjutnya dari buah iblis Hito Hito no Mi. Seperti yang diketahui, Robin memiliki buah iblis Hana Hana no Mi di mana buah iblis ini sendiri sudah banyak menjadi sumber teori yang berkembang di kalangan para fans.

Seperti disebutkan di atas, Luffy ternyata diketahui memiliki buah iblis Mythological Zoan Hito Hito no Mi, Model: Nika. Nika sendiri, berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, merupakan sosok Dewa Matahari dan juga sosok penolong bagi para budak dan mereka yang tersiksa.

Mengapa kemudian buah iblis Hana Hana no Mi milik Nico Robin diteorikan juga menjadi bagian dari buah iblis Hito Hito no Mi? Hal ini dikarenakan kemampuan dari buah iblisĀ  tersebut, di mana Robin akan mampu memiliki lengan tambahan di mana pun permukaannya. Kekuatan inilah yang menjadi dasar dari teorinya.

Dalam teorinya, kemampuan untuk memiliki lengan tambahan tersebut kemungkinan terinspirasi dari sosok mitologi dalam kepercayaan agama Hindu yaitu Asura. Asura sendiri berdasarkan informasinya adalah sekelompok dewa yang diketahui memiliki lengan lebih dari satu pasang. Mereka biasanya dianggap sebagai musuh dari para dewa lain, yang mana hal tersebut sesuai dengan julukan Robin sebagai Anak Iblis.

Kemudian, ada juga spekulasi lainnya sosok Robin dan buah iblisnya terinspirasi dari salah satu sosok dewi di kepercayaan Hindu, yaitu Lakshmi. Bahkan, terdapat sebuah halaman berwarna yang memperlihatkan bahwa Oda Sensei kemungkinan terinspirasi dari sosok dewi Laksmi, yang bisa dilihat dari pakaian yang digunakan pada halaman berwarna tersebut.

Spekulasi terakhir, kekuatan Nico Robin kemungkinan terinspirasi dari sosok Avalokiteshvara atau sosok Kannon dalam kepercayaan Buddha Jepang. Sosok dewi tersebut sempat juga menjadi inspirasi bagi beberapa seri anime lain. Misalnya di seri Naruto, di mana teknik Thousand Armed Kannon milik Hashirama Senju terinspirasi dari sosok ini.

Selain dari hal di atas, berdasarkan petunjuk yang diperlihatkan di sepanjang serinya pun menunjukan bahwa ada kemungkinan bahwa buah iblis Nico Robin tersebut sebenarnya adalah buah iblis berjenis Mythological Zoan. Misalnya, dalam arc Thriller Bark, Nico Robin berhasil pulih dalam waktu beberapa menit saja setelah Gecko Moria mencuri bayangannya.

Padahal, biasanya butuh beberapa hari bagi manusia biasa untuk bisa pulih dari hal tersebut. Artinya, Robin memiliki healing factor yang sangat luar biasa. Kemudian di arc Skypiea, Robin adalah orang pertama yang bangun setelah terkena serangan Goro Goro no Mi milik Enel meskipun ada banyak bekas luka di tubuhnya.

Robin juga memiliki stamina yang sangat tinggi, yang terbukti di arc Dressrosa ketika dia bertarung melawan mainan raksasa, seorang petinggi di keluarga Donquixote, dan berlari di bukit dengan kaki yang dia ciptakan dari buah iblisnya secara sekaligus. Artinya memang ada potensi bahwa buah iblis Robin adalah Mythical Zoan, karena semua ciri-ciri tersebut juga ada di sosok Luffy.

Jadi, kesimpulannya, meskipun semua penjelasan di atas masih sekedar teori dan spekulasi dengan bukti-bukti yang belum terlalu banyak, jelas ada semacam koneksi atau inspirasi dari kekuatan buah iblis Nico Robin tersebut dengan kemungkinan buah iblis tersebut sebagai Hito Hito no Mi. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.