Monkey D. Luffy merupakan karakter protagonis utama dalam seri One Piece dan dianggap sebagai karakter terkuat. Hal ini bukan tanpa sebab. Sudah ada banyak karakter yang jauh lebih kuat darinya yang berhasil dia kalahkan berkat kekuatan yang ada dalam dirinya. Misalnya sosok Shichibukai seperti Doflamingo dan Crocodile.

Salah satu kekuatan dalam diri Luffy yang sangat luar biasa adalah kekuatan buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika. Buah iblis tersebut memberikan Luffy satu kemampuan dahsyat yaitu kemampuan yang disebut sebagai Gear. Teknik ini membuat Luffy bisa meningkatkan kekuatan buah iblisnya menuju level yang lebih maksimal. Gear juga telah membuat Luffy memenangkan beberapa pertarungan di sepanjang serinya.

Dalam setiap pertarungan, Luffy selalu mengandalkan teknik Gear yang dia miliki. Mulai dari Gear 2 sampai Gear 4 selalu Luffy gunakan secara bertahap. Pada awalnya, Luffy hanya mempelajari Gear 2 dan Gear 3. Setelah time-skip, Luffy pun akhirnya berhasil mempelajari Gear 4. Dan terakhir, yang paling baru, Luffy berhasil membangkitkan Gear 5, yang menjadi senjata terkuat Luffy saat ini.

Namun, sebenarnya, selain Gear ada juga sebuah kekuatan lain dari Luffy yang tidak kalah dahsyat dari Gear yaitu Nightmare Luffy. Nightmare Luffy merupakan transformasi luar biasa yang dialami oleh Luffy ketika dia berada di Thriller Bark. Saat itu, Luffy dipaksa untuk menerima ribuan bayangan demi bisa mengimbangi kekuatan dari zombie Oars yang dibangkitkan oleh Gecko Moria.

Luffy sendiri menjadi sosok yang tidak terhentikan, dengan ribuan bayangan dari berbagai kepribadian yang ada di Thriller Bark. Jika kekuatan satu orang Luffy saja sudah sangat dahsyat, maka artinya kekuatan ribuan orang dalam satu tubuh benar-benar sangat dahsyat. Dan hal ini pun terbukti ketika Luffy bertarung di akhir arc Thriller Bark saat dia bertarung menghadapi zombie Oars.

Meskipun perbandingannya sangat jauh, terutama dari ukuran tubuh, Luffy mampu mengimbangi – bahkan melampaui – kekuatan dari Oars. Itu menjadi bukti bahwa Nightmare Luffy menjadi salah satu kekuatan dahsyat lainnya yang dimiliki oleh Luffy selain Gear. Namun, transformasi tersebut tidak lagi digunakan saat ini karena tidak ada pengguna Kage Kage no Mi yang bisa memasukan bayangan orang lain ke tubuh Luffy.

Sempat ada teori yang menyebutkan bahwa Nightmare Luffy mungkin akan kembali di pertempuran Onigashima ini, di mana kemungkinan Moria akan bergabung dengan aliansi Luffy karena dia merasa dendam atas kekalahannya pada puluhan tahun yang lalu dari sosok Kaido. Menjalin aliansi dengan Luffy memberikannya peluang untuk mengalahkan Kaido. Namun, dari mana Luffy akan mendapatkan suplai bayangan tersebut? Dari keberadaan pasukan aliansi Luffy.

Pasukan aliansi sendiri kurang lebih berjumlah sekitar 5.000 orang. Moriah mungkin akan meminjam bayangan mereka untuk sementara, lalu kemudian setelah selesai bayangan tersebut akan kembali ke tubuh asalnya. Pertempuran ini sendiri terjadi pada malam hari, yang mana bisa jadi pertempurannya akan selesai sebelum matahari terbit. Dan para pasukan aliansi pun akan kembali bisa menerima bayangan-bayangan mereka.

Nightmare Luffy akan membuat Luffy mengalami peningkatan kekuatan, meskipun untuk sementara. Dan ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengalahkan Kaido, sebelum kemudian kita diperkenalkan dengan Gear 5 yang bangkit pada chapter 1044 kemarin. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa kita akan kembali melihat Nightmare Luffy pada masa yang akan datang. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.