Buah iblis merupakan sebuah sebuah sumber kekuatan yang dahsyat yang diperkenalkan oleh Eiichiro Oda dalam seri One Piece, di mana banyak orang berusaha untuk mendapatkan kekuatan tersebut. Dengan memakan buah iblis, seseorang akan dianugerahi kekuatan epik dan juga luar biasa. Contoh nyata dari hal ini adalah Monkey D. Luffy yang merupakan protagonis dari serinya.

Namun, meskipun buah iblis mampu memberikan kekuatan dahsyat kepada para mereka yang memakannya, ternyata ada hal lain yang juga bisa dilakukan oleh buah iblis yaitu menciptakan sebuah ras baru. Ada beberapa buah iblis yang kekuatannya mampu membuat penggunanya menciptakan sebuah ras baru. Apa saja?

Kage Kage No Mi

Gecko Moria merupakan mantan penguasa di Thriller Bark, dan merupakan mantan Shichibukai. Sebagai salah satu Shichibukai, memang kekuatannya tidak bisa diremehkan. Namun, jika harus dibandingkan dengan Shichibukai lainnya, kekuatan Moria sebenarnya tidak terlalu signifikan. Bahkan, bisa dibilang dia merupakan Shichibukai yang paling lemah dibanding yang lain.

Moria lebih sering menggunakan buah iblis miliknya, Kage Kage no Mi, untuk mencuri bayangan milik orang lain dan memasukannya ke zombie yang sudah dia siapkan. Zombie menjadi ras baru yang diciptakan oleh buah iblis berjenis Paramecia ini, karena mereka tidak bisa hidup di bawah sinar matahari. Zombie tentunya berbeda dengan manusia biasa, karena itulah buah iblis ini menciptakan sebuah ras baru yang tidak lain adalah zombie.

Hobi Hobi No Mi

Hobi Hobi no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia yang membuat penggunanya mempunyai kemampuan untuk mengubah seseorang atau makhluk hidup menjadi mainan, dengan cara menyentuhnya. Ketika seseorang sudah berubah menjadi mainan, sosok tersebut tidak akan lagi diingat oleh orang lain karena ingatan mereka tentang sosok tersebut sudah dihapus.

Buah iblis ini dimiliki oleh Sugar, yang merupakan salah satu komandan dari kelompok bajak laut Donquixote. Mainan menjadi ras baru lainnya di dunia One Piece selain zombie yang diperkenalkan dalam ceritanya. Mainan yang diciptakan dari buah iblis Hobi Hobi hanya bisa dikendalikan oleh Sugar saja, dan tidak ada kekuatan lainnya yang mampu menghentikan kedahsyatan buah iblis ini, bahkan Haki sekali pun. Membuat Sugar pingsan adalah satu-satunya cara menghentikan efek buah iblisnya.

Soru Soru No Mi

Soru Soru no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia, di mana penggunanya bisa mengendalikan dan memanipulasi sebuah jiwa. Awalnya buah iblis ini dimakan oleh Mother Carmel, yang merupakan sosok “ibu” bagi Big Mom, tetapi kemampuannya kemudian dipindahkan kepada Big Mom setelah Mother Carmel tewas. Soru Soru no Mi juga bisa dibilang merupakan buah iblis yang sangat mengerikan.

Buah iblis ini mampu menciptakan sebuah ras baru yang disebut sebagai Homies. Homies sendiri adalah ras di mana hampir semua benda mati bisa dibuat layaknya makhluk hidup, karena Big Mom memberikan jiwa ke dalam benda mati tersebut. Contoh dari hal ini adalah Zeus, Promotheus, dan Hera yang merupakan awan ciptaan Big Mom. Atau Napoleon yang merupakan pedang andalan dari Big Mom. Semua benda yang ada di Whole Cake Island pun adalah Homies yang diciptakan oleh Big Mom.

Kekuatan dari buah iblis ternyata sangatlah dahsyat, di mana selain mampu memberikan peningkatan luar biasa kepada penggunanya ternyata buah iblis juga mampu menciptakan sebuah ras baru di dunia One Piece. Hal ini tentunya menjadi sebuah keunikan lainnya dari buah iblis yang menjadi salah satu elemen menarik dari serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.