Setelah penantian yang cukup panjang akhirnya Netflix merilis trailer perdana Stranger Things Season 4. Meskipun jadwal perilisannya berjarak tiga tahun dari season sebelumnya, season keempatnya ini akan berlangsung sekitar enam bulan setelah tragedi Battle of Starcourt, di mana Billy Hargrove (Dacre Montgomery) tewas demi menyelamatkan para anak-anak kota Hawkins termasuk adiknya, Max Mayfield (Sadie Sink).

Kematian Billy tersebut bahkan disinggung di trailer terbaru Season 4 yang memperlihatkan Max tengah berbicara dengan nisan Billy. “Teruntuk Billy, aku tidak tahu apakah kau bisa mendengarnya. Sejak kau pergi, semuanya makin tampak seperti bencana,” kata Max. Sejurus kemudian, masih di lokasi yang sama, Max terlihat bisa melayang dengan disaksikan oleh Lucas (Caleb McLaughlin), Dustin (Gaten Matarazzo), dan Steve (Joe Keery). Apakah itu artinya dia mempunyai kekuatan super sama seperti Eleven/Jane Hopper (Millie Bobby Brown).

Tidak jelas apa yang tengah terjadi dalam adegan tersebut, yang jelas Max sebelumnya tidak pernah diperlihatkan bisa melayang seperti yang baru-baru ini terungkap. Ada tiga teori yang bisa menjelaskan kejadian gaib tersebut. Yang pertama karena lokasinya berada di sebuah kuburan, ada kemungkinan Max dirasuki oleh “sesuatu”, bisa arwah Billy atau monster Mind Flayer yang sebelumnya memang diperlihatkan mempunyai kemampuan untuk mengendalikan orang. Namun, jika itu kasusnya, maka Max tidak mempunyai kekuatan super, melainkan hanya kerasukan seperti di film The Exorcist (1973).

Teori kedua, Max mungkin saja baru mendapatkan kekuatan supernya di Season 4 ini. Sebelumnya sudah terungkap bahwa salah satu lokasi yang akan dipakai di season keempat ini adalah sebuah rumah berhantu yang disebut “Creel House”, di mana di dalamnya ada sebuah jam bandul antik yang misterius. Jam bandul tersebut mungkin adalah gerbang baru menuju Upside Down yang pertama kali ditemukan oleh Max. Sebagai seorang gadis muda yang penasaran, Max mungkin menyentuhnya atau bahkan masuk ke Upside Down, di mana semacam radiasi gaib telah mengubahnya menjadi manusia super.

Yang ketiga, teori lain yang tidak kalah menarik adalah kemungkinan bahwa Max sebenarnya sudah mempunyai kekuatan super sejak awal. Max adalah karakter yang diperkenalkan pertama kali di Season 2, dia digambarkan sebagai gadis tangguh yang cukup pendiam. Kakaknya yang bernama Billy sering memarahi dan menyalahkannya. Billy merasa Max adalah orang yang membuatnya harus pindah ke Hawkins. Semua latar belakang Max tersebut kemungkinan berhubungan dengan masa lalunya sebagai kelinci percobaan pemerintah sama seperti Eleven.

Di season-season sebelumnya telah dijelaskan bahwa Laboratorium Nasional Hawkins milik pemerintah Amerika adalah tempat dilakukannya eksperimen terhadap anak-anak yang memiliki kekuatan super, dan Max mungkin adalah salah satunya. Ayah kandung Max mungkin saja adalah orang penting di Lab Hawkins, itulah mengapa ibunya memilih untuk bercerai karena tidak tahan melihat anaknya dijadikan eksperimen. Alasan itu juga yang akhirnya membuat Max dan keluarga barunya harus terus berpindah-pindah menghindari kejaran ayahnya dan pemerintah.

Sampai saat ini masih belum ada penjelasan resmi terkait kekuatan Max yang terlihat di trailernya. Eleven mungkin adalah karakter terkuat di serial Stranger Things, tetapi dia tidak pernah terlihat mempunyai kemampuan untuk melayang seperti yang dilakukan oleh Max. Menurut kalian apa yang sebenarnya terjadi kepada Max, Geeks, apakah dia kerasukan atau memang mempunyai kekuatan super? Jawabannya akan segera kita temukan saat serial Stranger Things Season 4 Vol. 1 tayang pada 27 Mei 2022 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.