Stranger Things Season 4 merupakan serial bergenre horor sci-fi andalan Netflix yang sebentar lagi dipastikan akan segera menghibur para penggemarnya. Dibagi menjadi dua volume, Season 4 Vol. 1 yang dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 27 Mei besok, baru saja merilis trailer resminya. Setelah memperlihatkan perkembangan anak-anak dari kota kecil Hawkins, yang sebelumnya telah mengalami tragedi Battle of Starcourt, trailernya ditutup dengan memperlihatkan sesosok monster baru yang kemungkinan akan menjadi ancaman besar bagi para karakter protagonisnya. Siapa sebenarnya dia? Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Terlihat Lebih Tangguh dan Mengerikan

Di tiga season perdananya, para penggemar sudah diperlihatkan betapa berbahayanya para monster dari Upside Down, dari mulai Demodog, Demogorgon, sampai Mind Flayer. Namun, terlepas dari ancaman yang mereka bawa, tidak ada satu pun dari monster sebelumnya yang mempunyai penampilan seperti monster baru kali ini. Monster yang sosoknya masih misterius ini mempunyai fisiologi yang mirip seperti manusia, dengan bagian luar yang tidak mempunyai kulit, hidung, dan kelopak mata.

Meskipun penampilannya sangat mengerikan, tetapi masih belum diketahui sekuat apa monster baru ini. Yang jelas dengan tentakel di bagian belakang tubuhnya, di mana dia terlihat bisa bertumpu pada tentakel tersebut, monster ini tampaknya lebih tangguh dari kebanyakan monster di Upside Down. Ada kemungkinan monster ini adalah sejenis manusia Upside Down atau orang yang telah lama terjebak di dunia lain, di mana pada akhirnya dia berubah menjadi sosok yang mengerikan sekaligus jahat.

Yang lebih mengerikannya lagi, dari sekian banyak monster Upside Down, tampaknya monster humanoid ini dibekali kemampuan untuk berbicara. Saat trailer resminya hampir selesai, monster ini mengatakan sesuatu yang mirip seperti dialog awal dari board game Dungeons & Dragons, yaitu “You have lost (kamu telah tersesat).D&D sendiri adalah board game yang sering dimainkan oleh anak-anak Hawkins, khususnya karakter protagonis Mike, Dustin, Lucas, dan Will.

Terinspirasi Monster Dungeons & Dragons?

Berdasarkan kalimat terakhirnya tersebut, banyak penggemar yang penasaran siapa sebenarnya monster mengerikan yang terlihat di trailer Stranger Things Season 4 Vol. 1? Untuk menjawab pertanyaan tesebut, baru-baru ini, pencipta serialnya yaitu Duffer Brothers (Matt dan Ross Duffer) mengungkapkan siapa nama dari villain baru tersebut. Dalam wawancara terbarunya dengan IGN, mereka mengatakan bahwa monster Upside Down yang mempunyai fisiologi seperti manusia tersebut bernama “Vecna”.

Vecna sendiri sebenarnya adalah salah satu monster dari mitologi D&D. Di gamenya dia digambarkan sebagai seorang penyihir dark magic yang tubuhnya berubah menjadi makhluk abadi yang disebut lich. Karena dia mempunyai pengikut setia yang selalu menyembahnya, Vecna kemudian menjadi sosok iblis yang dikenal mempunyai kekuatan dark magic yang sangat mematikan. Saking kuatnya, bahkan ketika dia mati, mata dan dan tangannya bisa digunakan untuk melukai orang lain.

Duffer Brothers tidak menjelaskan lebih lanjut seperti apa peran Venca di serialnya nanti. Yang jelas jika dibandingkan Demodog yang mempunyai penampilan seperti anjing, atau Demogorgon yang kepalanya seperti bunga bangkai, Vecna jauh lebih berbahaya karena seperti dia bisa berpikir seperti manusia. Bahkan jika dibandingkan Mind Flayer yang tidak bisa meninggalkan Upside Down, Vecna jauh lebih mengancam. Kita lihat saja seberapa mengerikan Vecna, saat Vol. 1 tayang perdana di Netflix pada bulan Mei besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.