Penggemar tayangan animasi di Indonesia pasti sangat familier dengan Spongebob. Karakter jenaka tersebut adalah bintang utama di serial SpongeBob SquarePants yang tayang di Nickelodeon dan telah berlangsung selama kurang lebih 23 tahun. Sampai saat ini, selain tayangan serial, waralabanya juga telah merambah dunia komik, video game, wahana bermain, dan film. Pada tahun 2021 lalu, film terbarunya yang berjudul Sponge on the Run telah tayang di Paramount+ dan diterima dengan sangat baik oleh penggemar.

Saat ini Paramount+ sendiri tengah menayangkan serial scifi baru andalan mereka yang berjudul Halo. Meskipun diadaptasi dari video game populer berjudul sama, tetapi serial yang telah memasuki minggu keempat penayangannya ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kisah di video game aslinya. Berlangsung di Silver Timeline, serial Halo berfokus pada kisah seorang Spartan bernama Master Chief (Pablo Schreiber), yang ternyata mempunyai kemampuan untuk bisa terhubung dengan artefak kuno Forerunner.

@hiddentvdetails Did you know this about the Halo Show? #halosilverteam #haloshow #haloseries #halotvshow #halotvseries #spongebob #spongebobsquarepants #tvdetails #eastereggs #easteregg #hunteraclark ♬ original sound – Hidden TV Details

Baru-baru ini, sebuah akun TikTok bernama Hidden TV Details telah mengungkap bahwa di Halo episode 2 ada sebuah easter egg SpongeBob yang cukup menarik. Seperti yang bisa dilihat pada video di atas, ketika Master Chief dan Kwan bertemu dengan mantan tahanan Covenant bernama Reth, di meja ruangannya terlihat ada sebuah benda yang mirip seperti rumah batu Squidward di Bikini Bottom. Squidward sendiri adalah tetangga sekaligus rekan kerja SpongeBob yang sering digambarkan sebagai karakter membosankan.

Easter egg SpongeBob ini bukan pertama kalinya serial Halo memasukan beberapa detail kecil sekaligus menarik dari tayangan atau game lain. Sebelumnya serialnya juga pernah memasukan easter egg game populer Mass Effect, di mana nama dari karakter utamanya yang dikenal sebagai Commander Shepherd dipanggil melalui sebuah pengumuman di markas UNSC. Kejadian menarik tersebut terjadi di serial Halo episode 1 saat sebuah adegan memperlihatkan markas UNSC untuk pertama kalinya.

Dengan adanya easter egg di dua episode perdananya tersebut, bukan tidak mungkin episode-episode selanjutnya akan menghadirkan lebih banyak lagi easter egg unik yang berasal dari tayangan atau video game lain. Kita lihat saja nanti easter egg apalagi yang akan dihadirkan di serialnya. Serial Halo sendiri tayang setiap hari Kamis di saluran streaming Paramount+.