Selama berpuluh-puluh tahun DC Comics telah memperkenalkan banyak sekali supervillain yang beragam. Dan menariknya, para supervillain ini tidak datang dari kisah yang hanya berfokus pada kehidupan manusia saja, tetapi juga dari jenis lain yang lebih unik dan luar biasa, salah satunya adalah cyborg. Khusus untuk cyborg sendiri biasanya mereka ditampilkan sebagai sosok manusia yang sebagian tubuhnya diganti dengan mesin atau sebaliknya. Meskipun tidak banyak supervillain yang bertubuh Cyborg di DC Universe, berikut lima di antaranya yang terkenal sangat tangguh dan mematikan!

Amazo

Dari sekian banyak supervillain di DC Universe, Amazo adalah salah satu villain yang terkenal overpower. Diciptakan oleh seorang ilmuwan gila bernama Ivo, Amazo adalah cyborg atau android yang sel tubuhnya mampu menyerap kekuatan super orang lain, di mana hal tersebut tidak akan berhenti sampai dia mencapai keabadian. Itulah mengapa Amazo menjadi sosok supervillain yang sering membuat Justice League kewalahan. Meskipun memulai hidupnya sebagai robot, tetapi pada akhirnya dia tumbuh menjadi sosok yang mempunyai perasaan dan emosi, di mana hal tersebut membuatnya lebih berbahaya.

Anomaly

Anomaly adalah salah satu musuh Cyborg yang diciptakan secara tidak sengaja oleh ayah Cyborg, Silas Stone. Dikenal sebagai OTAC (Omniscient Transformational Advanced Cell), Anomaly adalah cyborg yang tubuhnya terbuat dari bahan organik, itulah mengapa sebagian besar bagian tubuhnya menyerupai manusia. Ketika Silas menjual semua OTAC-nya, Anomaly justru berakhir di pasar gelap, di mana dia disiksa dan dijadikan eksperimen selama bertahun-tahun. Pada akhirnya, Anomaly menjadi sosok yang sangat membenci manusia dan bercita-cita ingin membasmi semua manusia di muka Bumi.

Cyborg Superman

Setelah peristiwa Death of Superman, DC pernah mencoba mengisi kekosongan Clark Kent dengan beberapa karakter bary, salah satunya adalah Cyborg Superman. Mempunyai nama asli Henry “Hank” Henshaw, Cyborg Superman awalnya hanyalah seorang astronaut LexCorp yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Namun, setelah dirinya terpapar radiasi kosmik yang membuat tubuhnya hancur, dia kemudian memasukan pikirannya ke tubuh cyborg. Menyalahkan semuanya kepada Superman yang tidak menyelamatkannya, akhirnya Cyborg Superman menjadi jahat dan berkeja sama dengan para supervillain tangguh seperti Mongul dan Sinestro Corps, untuk membalaskan dendamnya.

Grid

Earth-3 adalah semesta alternatif di mana kejahatan diceritakan menang, dan hal tersebut bisa terjadi karena para karakter yang harusnya menjadi superhero malah menjadi sosok jahat yang menguasai dunia. Sebagai kebalikan Cyborg dari semesta utama, Grid mempunyai kisah yang kurang lebih sama seperti Victor Stone. Namun, alih-alih mempertahankan sisi manusianya, Grid justru dengan sengaja membuat mesin menguasai tubuhnya. Sebagai salah satu anggota Justile League jahat yang disebut Crime Syndicate, Grid adalah sosok berbahaya yang cukup sering diperlihatkan menyerang Bumi utama.

Murder Machine

Sama seperti Grid, Murder Machine adalah sosok jahat yang berasal dari universe alternatif. Berasal dari Dark Multiverse, Murder Machine sebenarnya adalah Bruce Wayne alias Batman yang menjadi jahat setelah dia dengan sengaja mengubah tubuhnya menjadi cyborg untuk menjadi lebih kuat. Hal tersebut dia lakukan setelah menyaksikan Alfred Pennyworth tewas dibunuh. Setelah meminta bantuan Cyborg untuk mengubah tubuhnya agar tidak mempunyai kelemahan, pada akhirnya Bruce yang ambisius ini malah menjadi ancaman bagi Bumi karena telah membabat habis semua anggota Justice League di semestanya.

Sebagai karakter yang mempunyai peran cukup penting di berbagai kisah DC Comics, kelima villain bertubuh cyborg ini telah membuktikan bahwa kehadiran mereka sama berbahayanya seperti para villain tangguh di DC Universe. Melalui tubuh cyborg serta emosi manusia yang tetap dipertahankan, bisa dibilang kelima supervillain ini telah menjadi sosok yang tidak mempunyai kelemahan sekaligus sangat mematikan. Itulah lima supervillain bertubuh cyborg yang sangat terkenal di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.