Siapa yang tidak mengenal Superman? Karakter yang mempunyai nama asli Clark Kent atau Kal-El ini digadang-gadang sebagai superhero terkuat di Justice League dan bahkan DC Universe secara keseluruhan. Saking terkenalnya, kisah Death of Superman yang memperlihatkan dia tewas setelah bertarung dengan Doomsday, sempat membuat dunia komik sangat bersedih. Namun, ada satu hal yang jarang diketahui oleh penggemar modern, yaitu fakta bahwa saat Superman mati dalam tragedi tersebut, ada empat sosok yang “mengaku” sebagai Superman baru. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks!

Steel 

John Henry Irons alias Steel adalah karakter yang sangat mengidolakan Superman, hal tersebut dikarenakan dia pernah diselamatkan oleh sang Man of Steel saat dirinya terjebak di sebuah reruntuhan bangunan. Setelah mengetahui Superman tewas, dengan kegeniusannya Steel kemudian menciptakan sebuah armor kuat yang bisa meniru kekuatan Superman, lengkap dengan logo “S” besar di dadanya dan juga palu raksasa untuk menambah kekuatan serangannya. Saat Superman diceritakan bangkit kembali, dia mengakui Steel sebagai salah satu sekutunya yang sangat kuat.

Cyborg Superman

Superman yang sebagian tubuhnya cyborg ini awalnya adalah seorang astronaut Lex Corp bernama Hank Henshaw. Setelah radiasi matahari membuat pesawat luar angkasanya terjatuh, sebagai satu-satunya orang yang berhasil diselamatkan oleh Superman, Hank justru malah memendam amarahnya kepada sang Man of Tomorrow karena telah gagal menyelamatkan para krunya.

Saat tubuh fananya mulai hancur akibat radiasi, Hank membuat pikirannya masuk ke dalam pod bayi Krypton bekas Superman. Sejak saat itu dia mulai menumbuhkan tubuh cyborgnya dan mengambil alih posisi Superman setelah tragedi Death of Superman, dengan tujuan ingin membuat nama Superman buruk di mata masyarakat Bumi. Setelah Superman kembali, Cyborg Superman lebih dikenal sebagai supervillain yang sering berhadapan dengan Hal Jordan dan Green Lantern Corps.

Superboy

Berasal dari dari abad ke-31, Conner Kent/Kon-El alias Superboy sebenarnya adalah hasil kloning gabungan antara Superman dan Lex Luthor yang tercipta melalui Project Cadmus. Sebagai sosok yang mempunyai kekuatan Superman dan kecerdasan Lex, Superboy kemudian melakukan perjalanan waktu ke masa lalu, di mana Superman baru saja tewas dalam peristiwa Death of Superman. Sebagai sosok yang paling mirip dengan Superman, dia dengan mudah menjadi sangat populer di Kota Metropolis. Saat Superman hidup kembali, Superboy kemudian meneruskan perannya sebagai superhero remaja dengan berpetualang bersama Teen Titans dan juga Young Justice.

Eradicator

Eradicator adalah senjata kuno Kryptonian yang diceritakan berkeliling galaksi untuk mencari rumah baru setelah planet Krypton hancur. Setelah mengetahui Superman tewas oleh Doomsday dalam kejadian Death of Superman, dia langsung mencari jasad sang Last Son of Krypton dan membawanya ke Fortress of Solitude. Di sana dia kemudian menggabungkan pikirannya dengan tubuh Superman dan menjadi sosok yang lebih kuat. Namun, karena prosesnya penggabungannya tidak sempurna, dia harus menggunakan kacamata khusus untuk melindungi matanya. Saat Superman bangkit kembali, Eradicator diceritakan mengorbankan dirinya demi mengalahkan Cyborg Superman.

Itulah empat karakter yang sempat menggantikan Superman setelah peristiwa Death of Superman. Terlepas dari tujuan mereka yang berbeda-beda, pada saat itu penggemar sangat bersemangat melihat keempat pengganti Superman ini saling berkompetisi untuk menjadi pengganti Superman yang sebenarnya. Namun, karena Superman yang asli bangkit, keempat Superman “cadangan” ini akhirnya memulai kisahnya masing-masing di DC Universe secara terpisah dan tetap eksis sampai sekarang. Dari keempat pengganti Superman ini, siapa yang menurut kalian paling cocok, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.