Semua penggemar setia Marvel pasti sepakat bahwa Fantastic Four adalah tim keluarga superhero terbaik yang pernah diceritakan oleh Marvel Comics. Terdiri dari Reed Richards alias Mister Fantastic, Sue Storm alias Invisible Woman, Johhny Storm alias Human Torch, dan Ben Grimm alias The Thing, tim keluarga Marvel paling pertama ini telah beberapa kali dihadirkan dalam bentuk live action, termasuk film indie yang dirilis pada tahun 1994, dan waralaba film populer yang diproduksi oleh 20th Century Studios pada tahun 2000-an. 

Film Fantastic Four buatan 20th Century pertama kali dirilis pada tahun 2005 dan kemudian menelurkan sebuah sekuel yang berjudul Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer pada tahun 2007. Sayangnya, karena film keduanya gagal secara finansial, akhirnya film Fantastic Four 3 dan spinoff Silver Surfer dibatalkan. Pada tahun 2015 silam, studionya pernah mencoba peruntungan baru dengan merilis film reboot yang berjudul Fant4stic. Alih-alih berhasil, film reboot-nya justru dicap oleh para penggemar sebagai salah satu film Marvel terburuk sepanjang masa.

Dan sekarang, setelah hampir tujuh tahun berlalu, salah satu penulis film Fant4stic, Jeremy Slater, akhirnya mengungkapkan salah satu alasan mengapa film reboot tersebut gagal. Ketika ditanya oleh seorang penggemar melalui Twitter, apakah ada pelajaran yang bisa diambil dari kegagalan film Fant4stic, Slater menjawab “Sebagian besar masalah saya dengan film Fantastic Four adalah karena saya mencoba menulisnya seperti sebuah film MCU, di mana hal tersebut sebenarnya tidak diinginkan oleh sutradara [Josh Trank].”

Pada saat itu, Slater terlibat dalam penulisan naskah film Fant4stic bersama Simon Kinberg dan Josh Trank sendiri. Banyak penggemar yang merasa bahwa film reboot tersebut adalah salah satu upaya 20th Century untuk kembali memeriahkan perfilman bergenre superhero yang tengah dikuasai oleh Marvel Studios dengan Marvel Cinematic Universe-nya. Alih-alih berhasil, upaya tersebut justru malah membuat studio merugi serta membuat filmnya mendapatkan penghargaan “Gambar Terburuk” dari Golden Raspberry Awards.

Untungnya, saat ini Slater sendiri telah mendapatkan kesempatan kedua untuk menjadi penulis tayangan Marvel melalui serial terbaru MCU yang berjudul Moon Knight, di mana kali ini banyak sekali penggemar yang menyukainya. Kegagalannya di film reboot Fantastic Four alias Fant4stic akhirnya menjadi pengalaman berharga bagi Slater. Di sisi lain, film Fantastic Four versi MCU, saat ini tengah dikembangkan oleh sutradara Jon Watts (No Way Home) dan akan segera menghibur penggemar pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.