Buah iblis menjadi primadona utama dalam seri One Piece karena banyak dimunculkan dalam ceritanya. Hampir di setiap chapter dalam serinya selalu muncul elemen-elemen yang berkaitan dengan kekuatan buah iblis. Hal ini wajar karena buah iblis menjadi salah satu kekuatan besar di dunia One Piece selain Haki. Kepopuleran dari buah iblis bahkan hampir sama dengan kepopuleran serinya.

Sudah ada banyak sekali buah iblis yang diperkenalkan oleh Eiichiro Oda di franchise ini. Buah iblis tersebut diketahui memiliki kekuatan yang cukup dahsyat, mengerikan, namun ada juga beberapa buah iblis yang justru tidak sesuai dengan ekspektasi. Dengan kepopuleran dari One Piece yang bisa muncul di berbagai medium, termasuk anime, membuat Oda Sensei kemudian menghadirkan buah iblis yang hanya muncul di versi animenya. Apa saja?

Peto Peto no Mi

Buah iblis Peto Peto no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa mengendalikan atau mengatur makhluk hidup apa pun, seperti sebuah hewan peliharaan, dengan cara memasangkan mereka sebuah kalung berwarna hijau yang nampak seperti gel.

Buah iblis ini dikonsumsi oleh seorang villain bernama Breed. Breed sendiri merupakan seorang bajak laut jahat yang sempat dihadapi oleh Luffy dan kru Topi Jerami lainnya saat mereka menuju Dressrosa, seperti diperlihatkan apada episode 625. Luffy sempat berhasil ditangkap oleh Breed, sebelum kemudian Law berhasil mengalahkannya dengan mudah dan menyalamatkan Luffy.

Hiso Hiso No Mi

Hiso Hiso no Mi merupakan salah satu buah iblis “spesial” paling awal yang diperkenalkan dalam seri animenya. Buah iblis Paramecia ini membuat penggunanya mampu berbicara dengan hewan. Namun, cara berbicaranya ini dilakukan secara telepati atau menggunakan pikiran. Buah iblis ini dikonsumsi oleh seorang gadis kecil bernama Apis, yang tinggal di pulau Warship.

Dengan kemampuan buah iblis ini, Apis pun bisa memahami apa yang diucapkan atau diinginkan oleh para hewan seperti diperlihatkan dalam episode 54. Apis sendiri muncul di awal serinya ketika Luffy dan kru Topi Jerami hendak memasuki wilayah Grand Line.

Kama Kama No Mi

Buah iblis Kama Kama no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia yang dikonsumsi oleh Eric, villain yang dihadapi Luffy saat membantu Apis mengembalikan sang naga tua, Ryu. Eric sendiri pertama kali muncul di episode 54, dan merupakan tentara bayaran yang berada di bawah arahan komandan Nelson.

Buah iblis ini memberikan Eric kemampuan untuk menciptakan kuku panjang dan tajam di jari-jari tangannya, di mana kuku panjang tersebut bisa digunakan layaknya sebuah pisau atau benda tajam lainnya. Eric berusaha untuk menangkap naga yang ada di pulau Warship, namun berhasil dihentikan oleh Luffy.

Ami Ami no Mi

Ami Ami no Mi adalah buah iblis yang dikonsumsi oleh Largo, kapten dari Bajak Laut Amigo, yang dihadapi Luffy pada episode 427. Buah iblis Ami Ami membuat Largo mampu menciptakan jaring lengket yang mampu menjebak siapa pun lawannya. Dalam episode tersebut diperlihatkan bagaimana Luffy dan kru Topi Jerami berhasil masuk dalam perangkap Largo.

Yang menarik adalah selain mampu menciptakan jaring, Largo sendiri bisa berubah atau mengubah tubuhnya menjadi jaring untuk menjebak lawannya. Largo mengakui bahwa tidak akan ada yang bisa lolos dari jebakan yang dia buat atau jebakan yang dibuat tubuhnya.

Gutsu Gutsu no Mi

Gutsu Gutsu no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang membuat penggunanya bisa melakukan hal yang berkaitan dengan peleburan. Misalnya, pengguna buah iblis ini bisa meleburkan berbagai material seperti perak di tubuhnya. Dia juga bisa memanfaatkan tulang dalam tubuhnya untuk digunakan sebagai senjata, atau membentuknya menjadi berbagai hal lain.

Semakin banyak material yang dia serap, maka penggunanya akan semakin kuat. Buah iblis ini diketahui dikonsumsi oleh Bill. Bill sendiri merupakan villain yang dihadapi oleh Law dan Luffy di arc Silver Mine dalam seri animenya. Namun, sayangnya, dalam pertarungan tersebut Bill diceritakan kalah dan tewas.

Berbagai buah iblis yang unik dan dahsyat sudah banyak diperkenalkan oleh Oda Sensei dalam ceritanya. Namun, tidak semua buah iblis tersebut muncul atau hadir di manganya, yang merupakan cerita utama dari serinya. Ada juga beberapa buah iblis yang hanya muncul atau diperkenalkan alam versi animenya saja seperti buah iblis di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.