Spider-Man adalah salah satu karakter andalan Marvel yang telah beberapa kali diadaptasi ke dalam bentuk live-action, dari mulai serial Spider-Man Jepang yang dirilis pada tahun 70-an, sampai versi Marvel Cinematic Universe yang dibintangi oleh Tom Holland. Dan dari sekian banyak versi live-action Spider-Man, para penggemar tidak akan pernah lupa bahwa sutradara Sam Raimi pernah berhasil menghidupkan karakter manusia laba-laba tersebut dengan film trilogi Spider-Man (2002-2007) yang dibintangi oleh Tobey Maguire.

Pada akhir tahun 2021 lalu, Maguire sendiri baru saja mengulang perannya sebagai Peter Parker alias Spider-Man di film MCU Spider-Man: No Way Home. Kesuksesan film tersebut pada akhirnya membuat banyak penggemar Marvel mulai meramaikan media sosial dengan tagar #SpiderMan4 dan #MakeSpiderMan4, mirip seperti #RestoreTheSnyderverse yang diramaikan oleh para penggemar DC. Bedanya, tagar tentang Spider-Man 4 ini ternyata sampai ke telinga sutradara Sam Raimi dan bahkan kepada studio Sony Pictures.

Sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap semua produksi tayangan live-action Spider-Man, baru-baru ini, Sony akhirnya merespons harapan banyak penggemar yang telah meramaikan media sosial. Sayangnya, respons tersebut mungkin tidak seperti yang diharapkan, karena melalui akun Twitter resminya Sony mentwit dengan nada bercanda, “Ini sangat menyenangkan untuk mention kami hari ini. Sekadar mengingatkan, kami hanya tim sosial [media]!” Secara tidak langsung, akun Sony tersebut mengatakan bahwa mereka hanya “admin sosmed”, bukan pihak yang bisa menjawab harapan penggemar.

Beberapa waktu lalu, dalam sesi wawancaranya dengan Fandango saat tengah melakukan promosi film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Raimi ditanya apakah dia berkeinginan untuk membuat film Spider-Man 4 bersama Maguire. “Tidak ada yang tidak mungkin, semuanya sangat mungkin di Marvel universe, bahkan kolaborasi seperti itu,” jawab Raimi. “Saya suka Tobey [Maguire]. Saya suka Kirsten Dunst. Menurut saya semua mungkin saja bisa terjadi.”  

Meskipun jawaban dari akun Twitter Sony mungkin tidak bisa memuaskan semua orang, tetapi sampai saat ini harapan untuk film Spider-Man 4 masih belum padam. Karena dengan diperkenalkannya Mutiverse Marvel di MCU, Maguire dan Dunst bisa mengulang perannya kapan saja. Jika tidak melalui sebuah film solo/sekuel, semoga saja kita bisa melihat kelanjutkan kisah Spider-Man Maguire dan MJ Dunst pada masa yang akan datang ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.