Dalam dunia anime, sesuatu yang membuat sebuah karakter menjadi sosok yang kuat biasanya adalah kekuatan fisik yang dia miliki atau kemampuan yang sudah dia pelajari sejak lama. Beberapa diantaranya juga bahkan terlahir dengan kemampuan super. Sementara, beberapa diantaranya menjadi kuat setelah menguasai teknik pertarungan yang dahsyat. Dengan semua hal tersebut, berbagai musuh bisa dikalahkan dengan mudah.

Namun, ada juga sebuah kekuatan yang tidak ada kaitannya dengan fisik atau pun kemampuan seseorang. Kekuatan tersebut adalah kekuatan uang. Dengan kekayaan yang dimiliki oleh sebuah karakter, mereka bisa melakukan apa pun yang diinginkan. Membeli kota, sebuah negara, atau apa pun yang mereka inginkan. Berikut adalah beberapa karakter anime paling kaya.

Lawliet Wamys – Death Note

L alias Lawliet Wamys adalah protagonis utama dalam seri anime Death Note. Semua yang melihat dan mengenal L akan beranggapan bahwa dia sosok yang aneh. Padahal, sebenarnya L seorang yang cerdas dan detektif rahasia. Salah satu kelebihan yang dia miliki, selain kecerdasannya, adalah kekayaan yang dia miliki. Kekayaan L bisa dibilang sangat melimpah.

Untuk menjalankan investigasi tentang Kira, dia pun pindah dari satu hotel ke hotel yang lain, yang mana hal tersebut tentu tidak murah. Dia juga bahkan membangun sebuah gedung dalam waktu kurang dari dua minggu dan mengatakan kepada detektif Yagami bahwa bangunan tersebut bernilai 20 juta Yen. Kekayaan yang dimiliki oleh L merupakan warisan dari orang yang mengadopsinya, yang merupakan seorang raksasa industri.

Gild Tesoro – One Piece: Gold

Gild Tesoro adalah sosok antagonis utama dalam film One Piece Film: Gold. Gild dikenal juga sebagai Raja Kasino karena dia memiliki tempat hiburan paling mewah dan juga paling besar di dunia, yaitu Gran Tesoro. Sebenarnya Gild Tesoro tidak serta merta kaya seperti sekarang. Karena kondisi yang kurang beruntung, memaksanya untuk melakukan tindakan kriminal.

Setelah dia bertemu seorang wanita bernama Stella, yang juga seorang budak, Gild berubah pikiran dan berharap dia bisa membeli kebebasan Stella. Setelah Stella tewas, Gild justru menjadi terobsesi dengan uang dan ingin menjadi sosok terkuat di dunia dengan kekayaan yang dia miliki. Gild diketahui memiliki total kekayaan sebesar 500.000.000.000 Belly. Semua kekayaan tersebut berkat buah iblis Gol Gol no Mi, yang membuat apa pun yang dia sentuh menjadi emas.

Daisuke Kanbe – The Millionare Detective: Balance Unlimited

Daisuke merupakan seorang detektif yang sangat cerdas di mana dia sering menyelesaikan berbagai kasus dengan waktu yang sangat cepat. Dan untuk melakukan hal tersebut Daisuke sering sekali menggunakan berbagai metode yang sangat tidak biasa. Daisuke tidak pernah membiarkan apa pun mengganggu konsentrasinya, yang mana hal ini membuat dia selalu bisa tenang dalam situasi yang sangat buruk sekali pun.

Dalam kamus Daisuke, uang adalah solusi untuk segalanya. Dengan hal tersebut, dia tidak perlu khawatir mengenai apa pun dalam hidupnya. Daisuke benar-benar sangat kaya, di mana dia pernah menyerahkan sebuah cek sebesar satu miliar Yen kepada seorang pangeran untuk membeli mobilnya dan kemudian pergi. Daisuke menggunakan semua kekayaannya untuk proses investigasi dan berbagai perlatan canggih, yang bahkan Metropolitan Police Department tidak mampu untuk membelinya.

Mina Tepes – Dance in the Vampire Bund

Meskipun penampilannya seperti seorang anak kecil, Mina adalah salah satu vampir yang paling kuat karena statusnya sebagai seorang Ratu. Mina benar-benar sangat kaya di mana dia membeli sebuah pulau di pinggiran Jepang hanya untuk kaum vampirnya tinggal dengan damai. Mina juga membayar seluruh hutang negara Jepang sebesar 40 trilliun Dollar Amerika.

Kekayaan dari Mina ini benar-benar mengerikan, bahkan Mina sempat mengancam Jepang dengan mengatakan jika dia menarik dukungannya dari Jepang, maka bisa dipastikan perekonomian dan keuangan Jepang akan hancur. Dengan kekayaan yang melimpah, Mina hidup dengan gaya hidup yang sangat mewah.

Bulma – Dragon Ball

Bulma merupakan pewaris tunggal dari perusahaan sang ayah, Capsule Corporation. Pada awalnya, Bulma muncul sebagai gadis yang menyebalkan yang menggunakan kekayaanya untuk berbagai tindakan egoisnya. Capsule Corporation sendiri merupakan perusahaan raksasa yang menciptakan berbagai peralatan canggih, mulai dari pesawat ruang angkasa sampai mesin gravitasi.

Berkat kekayaan yang luar biasa tersebut, Bulma tidak perlu pergi bekerja setiap hari. Meskipun begitu, Bulma adalah sosok yang brilian di mana dia selalu memiliki ide-ide unik untuk berbagai penemuannya. Bulma juga merupakan seorang pekerja keras. Dengan kekayaan yang melimpah, tidak jarang Bulma menghamburkan uang tersebut untuk membeli mansion yang mewah atau memberikan kapal ruang angkasa kepada teman-temannya.

Nagi Senzenin – Hayate the Combat Butler

Menjadi satu-satunya yang masih hidup di keluarganya, Nagi Senzenin pun mewarisi seluruh kekayaan dari keluarganya. Menyebut Nagi sebagai sosok yang sangat kaya rasanya tidak bisa menggambarkan luar biasanya harta dari Nagi. Dengan harta segunung yang dia miliki, Nagi menjadi sosok yang menyebalkan, mudah marah, dan sangat anti-sosial. Nagi benci kalah karena prinsipnya sendiri: menang adalah segalanya.

Kekayaan dari Nagi sangat tidak terhitung dan luar biasa, dia bahkan secara santai menghabiskan uang sebesar 20 triliun Yen hanya untuk sebuah prank atau kejahilan. Demi menyelamatkan Hayate dari para Yakuza, Nagi menggunakan alter ego miliknya “Mask of the Money” dan kemudian membayar hutang Hayate. Sama seperti kebanyakan orang kaya lain, Nagi percaya uang bisa menyelesaikan semuanya di dunia.

Uang adalah salah satu kekuatan yang mungkin tidak banyak orang duga bisa memberikan pengaruh besar terhadap dunia ini. Dengan kekayaan yang mereka miliki, para karakter terkaya ini berubah menjadi sosok yang jahat atau pun baik. Mereka pun bisa melakukan apa pun yang diinginkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.