Gear 5 Luffy menjadi senjata terkuat yang dimiliki oleh Luffy saat ini. Kekuatannya yang sangat dahyat bahkan mampu membuat Kaido terkejut dan cukup kewalahan menghadapi Luffy. Dari apa yang diperlihatkan dalam chapter 1044 dan 1045 kemarin, ada banyak momen-momen menarik yang muncul mengenai Gear 5 Luffy termasuk kemungkinan mengenai sumber energi Luffy yang tidak ada batasnya.

Seperti yang Geeks ketahui, Gear 5 dari Luffy sendiri sudah sering dibicarakan dan dispekulasikan oleh para fans. Dan Eiichiro Oda pun sempat memberikan petunjuk mengenai kemunculan dari Gear 5 Luffy. Sampai kemudian akhirnya, pada chapter 1044 kemarin Oda Sensei secara resmi memperkenalkan Gear 5 dari Luffy. Gear 5 ini sendiri banyak diasumsikan sebagai wujud awakening dari buah iblis Luffy.

Berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam chapternya, Oda Sensei sendiri baru sedikit saja memberikan gambaran kekuatan dari Gear 5 Luffy. Ada beberapa momen di mana kita diperlihatkan kekuatan dari Gear 5 Luffy. Yang paling jelas adalah peningkatan kekuatan Luffy, di mana dengan hanya satu tangan, dia bisa mencengkram tubuh naga Kaido, sesuatu yang mustahil terjadi di form biasa.

Kemudian, yang paling epik tentunya adalah ketika Luffy mengangkat tempat dia berpijak untuk mengembalikan serangan Boro Breath milik Kaido. Diperlihatkan bagaimana tempat yang luffy pijak dan jadikan senjata untuk mengembalikan serangan Kaido berubah menjadi sangat elastis dan lentur.

Tetapi, terdapat sebuah momen menarik pada chapter 1045. Setelah dihajar habis-habisan oleh Kaido dan Luffy mengerahkan semua kekuatannya, Luffy sempat melemah dan kemudian tidak sadarkan diri. Hal ini dikarenakan Gear 5 benar-benar menguras seluruh energi dan kekuatan dari Luffy, mirip seperti ketika Luffy menggunakan Gear 4 untuk pertama kalinya. Luffy nampak terkulai lemas tidak berdaya.

Wajah dari Luffy pun nampak sangat kelelahan dan mungkin bisa dibilang Luffy benar-benar di ujung kematiannya. Sampai kemudian, dia kembali mendapatkan energi yang membuat seluruh tubuhnya kembali bersemangat. Luffy yang awalnya terkulai lemas, kembali bersemangat seperti semula. Semua itu terjadi setelah dia mendengar suara genderang kebebasan.

Saat Luffy tidak sadarkan diri, memang sempat ada suara genderang kebebasan yang pada akhirnya membuat Luffy kembali. Setelah tersadar, Luffy pun meminta untuk memperbesar suara dari genderang kebebasan tersebut. Meskipun belum ada konfirmasi dari Oda Sensei, kemungkinan besar suara genderang kebebasan menjadi sumber kekuatan dan tenaga dari Luffy.

Artinya, selagi Luffy bisa mendengar suara tersebut maka dia akan memiliki suplai kekuatan tanpa batas. Namun, tentunya masih butuh penjelasan lebih lanjut dari Oda mengenai hal ini. Dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, memang cukup masuk akal jika genderang kebebasan tersebut menjadi sumber utama kekuatan dan energi dari Luffy. Semakin keras suara genderang, maka semakin tidak terkalahkan sosok Luffy.

Dari mana kemudian asal-usul suara tersebut masih menjadi misteri, apakah memang suara genderangnya muncul dari dalam diri Luffy atau ada sumber suara lain. Yang pasti, selama genderang kebebasan tersebut masih bisa berbunyi dan didengar Luffy, maka selama itu pula kekuatan Luffy tidak akan pernah habis.

Mungkin inilah yang dimaksud oleh para Gorosei sebagai kekuatan yang paling mengerikan di dunia. Selain membuat penggunanya bisa dengan sesuka hati melakukan atau menentukan gaya bertarungnya, pemilik dari buah iblisnya sendiri akan mendapatkan suplai kekuatan yang tidak terbatas. Dengan semua kekuatan ini juga, wajar jika kemudian Pemerintah Dunia begitu mengincar buah iblisnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.