Fakta mengenai Gear 5 yang dihadirkan dalam chapter 1044 dan 1045 kemarin benar-benar menjadi perbincangan hangat di kalangan fans One Piece. Setelah sekian lama dispekulasikan akan muncul, pada akhirnya Oda menghadirkan apa yang selama ini para fans nantikan yaitu Luffy menggunakan Gear 5 untuk menghadapi sosok Kaido. Kemunculan Gear 5 ini sangat tidak diduga oleh para fans.

Mereka tidak menduga disaat Luffy sudah diperlihatkan tidak sadarkan diri, dan bahkan diprediksi tewas, tiba-tiba sesuatu yang mengejutkan muncul. Luffy kembali bangkit dan dia bangkit dengan kekuatan yang sangat luar biasa. Dia mampu menghajar Kaido dengan sangat mudah, dan bahkan Kaido juga membalikan serangan epik Boro Breath Kaido dengan luar biasa di mana dia menggunakan sekitarnya sebagai senjata.

Namun, jika Geeks perhatikan dari sikap dan perilaku Luffy yang menggunakan Gear 5 dalam chapter 1044 dan 1045, ada sesuatu yang “aneh” dan nampak berbeda dari kepribadian Luffy. Perbedaan sikap dan perilaku Luffy saat menggunakan Gear 5 inilah yang kemudian menciptakan sebuah teori di mana ada kemungkinan Gear 5 memengaruhi kepribadian Luffy.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Kemungkinan ada kaitannya dengan tekad dari buah iblis itu sendiri. Dalam chapter 1044 kemarin, salah satu Gorosei sempat mengatakan bahwa buah iblis Zoan memang memiliki “pikiran/tekad mereka sendiri.” Apakah artinya kepribadian yang diperlihatkan oleh Luffy saat ini adalah kepribadian Joy Boy? Hal tersebut masih belum diketahui.

Satu hal utama yang perlu diperhatikan adalah dalam pertarungan kali ini melawan Kaido, Luffy nampak tidak “serius” dan cenderung bermain-main dan bersenang-senang. Perbedaan sikap dan perilaku ini bisa kita lihat sebelum Luffy menggunakan Gear 5. Luffy nampak penuh emosi dan juga marah terhadap Kaido.

Luffy bahkan bertekad untuk menghabisi Kaido demi bisa membuat Wano kembali bebas, tidak peduli meskipun itu harus mengorbankan nyawanya. Luffy pun merasakan tekanan yang sangat besar di akhir-akhir pertarungannya, mengingat dia menyadari bahwa kekuatan Hakinya tidak akan bertahan lama lagi. Luffy juga menyadari semua resiko yang sedang dia hadapi sekarang.

Luffy bahkan marah ketika Kaido bermain-main dan tidak serius dalam pertarungannya akibat mabuk. Semua hal tersebut berubah ketika Luffy mengakses Gear 5, di mana dia mulai tertawa tanpa terkendali. Bahkan, sebagian fans beranggapan bahwa suara tawa Luffy kali ini nampak berbeda. Luffy juga menertawakan bagaimana suara detak jantungnya terdengar lucu.

Bagaimana gestur dan sikap Luffy ketika tertawa pun nampak beda, di mana Luffy menutup matanya saat tertawa terbahak-bahak. Nampak kesan psikopat atau sosok yang gila muncul dari momen tersebut. Gear 5 benar-benar bukan hanya merubah gaya bertarung Luffy, namun juga kemungkinan besar adalah perilaku dan juga kepribadian dari Luffy.

Bagaimana kemudian caranya kepribadian Luffy “berubah”? Kemungkinan saat Luffy kehilangan “suaranya” seperti yang diungkapkan oleh Momonosuke, saat Luffy berada di ambang kematian, barulah kepribadian Luffy tersebut berubah. Atau mungkin juga kekuatan buah iblis itu yang kemudian mengambil alih tubuh Luffy. Meskipun semuanya terdengar seperti klise atau formula cerita dari seri lain, namun apa yang dihadirkan dalam ceritanya memang seperti itu.

Tetapi, yang menarik adalah ketika Luffy kembali berubah atau menggunakan Gear 5 untuk yang kedua kalinya, Luffy kali ini benar-benar serius. Mungkin, saat pertama kali menggunakan Gear 5, Luffy masih belum bisa mengendalikan kekuatannya. Namun, saat perubahan yang kedua kali, Luffy baru bisa mengendalikannya sedikit. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan cerita Luffy pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.