Setelah sukses dengan dua film perdananya, Jurassic World (2015) dan Jurassic World: Fallen Kingdom (2018), sebentar lagi waralaba Jurassic akan segera merilis film barunya yang berjudul Jurassic World: Dominion. Disutradarai oleh Colin Trevorrow yang mengarahkan naskah karya Emily Carmichael, film ini akan bercerita tentang para dinosaurus yang memasuki wilayah manusia, mirip seperti peristiwa di film The Lost World: Jurassic Park (1997), di mana Tyrannosaurus Rex menyebabkan teror di kota San Diego.

Film Jurassic World: Dominion dipastikan akan kembali dimeriahkan oleh bintang dari waralaba Jurassic, termasuk Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard yang kembali berperan sebagai Owen Grady dan Claire Dearing dari Jurassic World, bersama Sam Neill sebagai Alan Grant, Laura Dern sebagai Ellie Sattler, Jeff Goldblum sebagai Ian Malcolm, dan B.D. Wong sebagai Henry Wu dari Jurassic Park. 

Menjelang perilisan filmnya yang tinggal dua bulan lagi, baru-baru ini, Collider mengungkap bahwa film trikuel Jurassic World ini akan mempunyai durasi yang sangat panjang, yaitu 146 menit atau 2 jam 26 menit. Durasi ini membuat Jurassic World: Dominion menjadi film terpanjang dari waralaba Jurassic. Akhir-akhir ini film dengan durasi panjang memang cukup populer di bioskop, misalnya Dune yang kemarin memenangkan banyak penghargaan Oscar adalah film yang berdurasi 2 jam 35 menit.

Sebagai perbandingan, Jurassic Park (1993) mempunyai durasi 2 jam 7 menit. The Lost World: Jurassic Park mempunyai durasi 2 jam 9 menit. Jurassic Park III (2001) mempunyai durasi terpendek 1 jam 32 menit. Jurassic World mempunyai durasi 2 jam 4 menit. Dan film teranyar Jurassic World: Fallen Kingdom mempunyai durasi 2 jam 9 menit. Dengan penayangan yang hampir 2 jam setengah ini, sepertinya Amblin Entertainment dan Universal Pictures cukup serius dengan kisah penutup Jurassic World ini.

Beberapa waktu lalu memang sempat dikonfirmasi bahwa film Jurassic World: Dominion adalah penutup trilogi dari kisah modern Jurassic. Walaupun begitu, ini bukan akhir dari waralabanya, karena mungkin kedepannya masih ada lagi trilogi Jurassic baru yang akan datang. Kita lihat saja nanti apakah durasi ini akan layak untuk kisah Jurassic World: Dominion, saat filmnya tayang pada tanggal 10 Juni nanti.