Marvel Universe adalah semesta komik Amerika yang berisi banyak karakter menarik, dari mulai superhero sampai supervillain. Meskipun Marvel Comics adalah media komik Amerika, ternyata beberapa kisahnya ada juga yang mengambil unsur hiburan Jepang seperti mecha. Meskipun sangat jarang dihadirkan di Marvel Comics, tetapi pada dasarnya konsep mecha Marvel kurang lebih sama, yaitu robot besar yang dikendarai oleh pilot di dalamnya, di mana dalam kasus Marvel Comics yang menjadi pilotnya adalah superhero. Berikut lima mecha di Marvel Universe yang dikendarai oleh superhero!

Leopardon

Sebagai mecha pertama sekaligus tertua yang ada di Marvel Universe, Leopardon pertama kali dikendarai oleh Spider-Man di serial tokusatsu Spider-Man Jepang yang dirilis pada tahun 70-an. Debut komiknya sendiri terjadi di kisah Spider-Verse pada tahun 2014, saat semua Spider-Man dari multiverse bersatu untuk mengalahkan Inheritor. Kekuatan Leopardon sendiri memungkinkan Spider-man untuk menembakan tinju roket, menembakan jaring raksasa dari dadanya, mengeluarkan perisai energi berbentuk jaring, dan mengeluarkan pedang raksasa yang sangat mematikan.

Stark Satellite

Sebagai salah satu pioner berbagai teknologi yang ada di Marvel Universe, Tony Stark alias Iron Man pernah menciptakan sebuah mecha yang pada dasarnya adalah sebuah satelit yang bisa berubah, yaitu Stark Satellite. Sekilas mecha ciptaan Iron Man ini mirip seperti NZ-666 Kshatriya dari anime Mobile Suit Gundam Unicorn. Meskipun diciptakan oleh Iron Man, tetapi superhero yang mengaktifkan dan mengendarainya adalah Rhodey alias War Machine, tepatnya pada saat armada Skrull akan menginvasi Bumi di komik Iron Man: Director of S.H.I.E.L.D. #33 yang dirilis pada tahun 2008 silam. Kekuatan utama Stark Satellite adalah menembakan energi repulsor raksasa dari tangan kanannya.

Avenger Five

Avenger Five adalah ciptaan A.I.M. (Avenger Idea Mechanics) yang modelnya mengambil inspirasi dari Quintronic Man, di mana mecha ini terhubung langsung dengan pikiran pilotnya. Aksi dari Avenger Five sendiri pertama kali terlihat di komik New Avengers Vol. 4 #9 (2016), saat tentara Amerika menyerang markas New Avengers di Avengers Island dengan kadal raksasa bernama American Kaiju. Mengetahui bahwa American Kaiju terlalu besar untuk diatasi, Sunspot bersama White Tiger, Power Man, Dr. Max, dan Dr. Toni, kemudian merilis mecha Avenger Five untuk melawan serangan tersebut.

3FB

Di komik Tony Stark: Iron Man #1 pada tahun 2018, Iron Man pernah menciptakan mecha lain yang dia beri nama 3FB (Fin Fang Foom Buster). Hal tersebut bisa terjadi karena seorang supervillain bernama Controller diceritakan mengirim Fin Fang Foom ke Kota Manhattan. Sama seperti ciptaan Iron Man lainnya, 3FB mempunyai penembak repulsor di kedua tangan dan dadanya. Meskipun sempat memberi perlawanan kepada Fin Fang Foom, sayangnya 3FB harus hancur setelah menerima pukulan telak dari sang kaiju Marvel tersebut. Iron Man yang berhasil keluar dari mecha-nya kemudian terpaksa melawan Fin Fang Foom dengan armor biasanya.

Pantherion

Dari semua mecha yang ada di Marvel Comics, Pantherion sepertinya adalah yang paling ikonik. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2019 melalui komik Fantastic Four: Grand Design #2, mecha yang satu ini muncul dalam kisah flashback ketika membahas Galactus. Sebagai robot yang mengambil inspirasi dari Voltron, Pantherion sebenarnya adalah lima robot panther yang bergabung, di mana masing-masing robot panther dikendarai oleh satu superhero Marvel. Cukup jelas bahwa T’Challa alias Black Panther adalah pilot dari panther hitam, sedangkan sisanya adalah Shuri dengan panther merah muda, Zuni dengan panther kuning, Khanata dengan panther hijau, dan Joshua Itobo dengan panther biru.

Itulah lima mecha Marvel yang dikendarai oleh para superhero Marvel. Meskipun kelima mecha ini mengambil inspirasi dari berbagai mecha asli Jepang, tetapi mereka tetap hadir dengan ciri khas Marvel Comics yang mengutamakan kekuatan superheronya. Dan seperti yang sudah bisa kita tebak, Iron Man pasti menjadi sosok pencipta mecha terbanyak di Marvel Comics, karena dia adalah superhero yang sangat mengandalkan teknologi daripada yang lain. Dari kelima mecha ini mana favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.