Matt Murdock adalah salah satu karakter populer dari Marvel yang dikenal sebagai superhero tanpa rasa takut bernama Daredevil. Sebagai karakter yang sangat populer di Marvel Comics, karakternya pernah dihidupkan oleh aktor Charlie Cox melalui serial solo yang tayang di Netflix. Berjudul resmi Daredevil, serialnya sendiri telah tayang sebanyak tiga musim sampai akhirnya dibatalkan. Dan belum lama ini, Marvel Studios secara tidak langsung telah mengonfirmasi keberadaan Daredevil di Marvel Cinematic Universe.

Melalui film Spider-Man: No Way Home, yang dirilis pada bulan Desember 2021 lalu, Matt alias Daredevil muncul sebagai karakter yang membantu Peter Parker (Tom Holland) lolos dari jeratan hukum setelah dirinya difitnah telah membunuh Quentin Beck alias Mysterio (Jake Gyllenhaal) di akhir Far From Home (2019). Kemunculannya tersebut belum lama ini dicantumkan dalam biografi Daredevil versi live-action di situs resmi Marvelyang seolah-olah mengindikasikan bahwa tayangan serialnya merupakan canon dari MCU.

Namun, tidak lama setelah biografinya menuliskan kronologi kejadian di No Way Home, sekarang ternyata paragraf tersebut dihapus dari halaman biografi Daredevil. Sejauh ini Marvel sendiri masih belum memberikan tanggapan resminya terkait berita ini, padahal banyak sekali para penggemar yang merasa penasaran. Mungkin Marvel masih belum yakin apakah mereka akan memasukan serial Daredevil dan The Defenders, yang melibatkan karakter dari Cox, sebagai bagian dari MCU secara keseluruhan.

Di sisi lain, karakter Daredevil dan Kingpin dari aktor Vincent D’Onofrio memang telah dikonfirmasi menjadi bagian dari MCU. Selain Daredevil yang muncul sebagai pengacara Spider-Man di No Way Home, karakter Wilson Fisk alias Kingpin sebelumnya juga telah muncul di serial Hawkeye sebagai villain utama yang harus dihadapi oleh Clint Barton (Jeremy Renner) dan Kate Bishop (Hailee Steinfeld). Sedangkan serial tempat mereka melakukan debut, sepertinya masih menjadi kontroversi sampai sekarang.

Hal yang memberatkan bagi Marvel sendiri mungkin jika mereka mengonfirmasi bahwa serial Daredevil adalah canon, maka semua karakter di dalamnya mau tidak mau harus dibawa juga ke MCU. Atau kemungkinan lain bisa juga karena Marvel tengah menyiapkan kejutan terkait para karakter Daredevil untuk masa depan tayangan MCU. Kita lihat saja nanti seperti apa perkembangan kabar selanjutnya tentang hubungan karakter Daredevil dengan MCU ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.