Dari sekian banyak karakter Marvel, Wolverine adalah salah satu karakter favorit yang terkenal karena ketangguhannya. Salah satu anggota X-Men yang melakukan debut komiknya pada tahun 1974 ini terkenal sebagai seorang mutan yang sangat mematikan, hal itu disebabkan karena dia mempunyai cakar tajam yang bisa membelah apa pun dengan mudah.

Selain kemampuan ofensifnya tersebut, karakter yang mempunyai nama asli Logan ini juga mempunyai kemampuan defensif, healing factor, yang telah membuatnya hidup selama ratusan tahun. Meskipun telah mengalami banyak kejadian yang nyaris membuatnya tewas berkali-kali, tetapi kemampuan healing factornya selalu berhasil membuat Wolverine lolos dari kematian. Di mana hal tersebut pada akhirnya memicu pertanyaan besar dari banyak penggemar, yaitu “bisakah Wolverine dibunuh?”

Healing Factor Membuatnya Nyaris Abadi

Kemampuan healing factor Wolverine adalah salah satu yang terhebat di Marvel Universe. Meskipun pada awal debutnya kemampuan tersebut hanya diperlihatkan sebagai kekuatan biasa, di mana healing factor hanya terbukti menyembuhkan beberapa luka ringan, tetapi di komik Civil War (2007) kemampuan healing factor-nya telah mendapatkan pembaruan yang luar biasa. Di mana versi terbarunya membuat Wolverine terlihat mampu melakukan regenerasi yang lebih cepat dari sebelumnya. Di komik tersebut disebutkan bahwa kemampuan regenerasinya telah memungkinkan dia mengganti setiap sel-sel di tubuhnya dengan yang baru.

Pada tahun 2013, Marvel Comics bahkan sempat mengonfirmasi bahwa kemampuan healing factor Wolverine seolah-olah telah memberikannya keabadian, di mana dia tidak akan mati karena “usia”. Dia akan tetap muda di semua timeline dan akan terus hidup selama Wolverine bisa meloloskan diri dari kematian dengan kemampuan healing factornya. Di sisi lain, cakar Wolverine yang awalnya terbuat dari tulang, kini telah diganti menjadi bahan terkeras di Marvel Universe, yaitu adamantium. Akibat dari proyek Weapon X tersebut, saat ini Wolverine jauh lebih sulit lagi untuk di bunuh, karena sekarang semua tulangnya terbuat dari adamantium.

Dengan dua kekuatan hebat tersebut, Wolverine terbukti bisa lolos dari banyak kematian, termasuk ketika dirinya terjebak dalam sebuah ledakan bom nuklir di Jepang, kemudian saat dirinya disambar petir oleh Thor, dibelah menjadi dua bagian oleh Hulk, dan dilindas sampai rata oleh Punisher. Dengan sejarah panjangnya tersebut bisa disimpulkan bahwa Wolverine dapat menangani hampir semua ancaman kematian yang diberikan oleh Marvel kepadanya. Lantas, bagaimana cara agar Wolverine benar-benar bisa dibunuh?

Cara Paling Efektif

Meskipun healing factor membuatnya seakan-akan abadi, tetapi sebenarnya Wolverine masih bisa mati atau dibunuh, asalkan cara yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan tepat. Dan cara paling efektif untuk membunuh Wolverine adalah dengan membuat otaknya berhenti berfungsi. Di komik Ultimate X-Men #12, Sabretooth pernah berpikir, apa yang akan terjadi jika otak Wolverine berhenti berfungsi karena kekurangan oksigen, apakah healing factornya akan tetap membuat Wolverine bisa hidup kembali.

Pemikiran tersebut pernah benar-benar dibuktikan di komik Wolverine, ketika supervillain Omega Red melemparkannya ke danau es dan menahannya selama mungkin di dalam air, di mana Wolverine yang kekurangan oksigen tampak sangat kesakitan. Walaupun pada akhirnya rencana Omega gagal karena Wolverine bisa kembali hidup setelah keluar dari air, tetapi taktik tersebut dinilai cukup ampuh, sampai Wolverine pun menggunakan cara tersebut untuk membunuh anaknya yang bernama Daken.

Dalam kesempatan lain, cara yang sama pernah diangkat juga di komik Age of Ultron #9, di mana Wolverine dan Invisible Woman diceritakan melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk membunuh Hank Pym sebelum menciptakan Ultron. Sayangnya, kematian Pym tersebut justru membuat Wolverine bertemu dengan versi dirinya yang lain, di mana mereka berdua akhirnya bertarung dan salah satunya diperlihatkan berhasil dibunuh, tepatnya setelah Wolverine yang lebih tua membuat Wolverine muda kekurangan oksigen dan akhirnya mati karena otaknya berhenti berfungsi.

Pada titik ini, cukup jelas bahwa dalam sejarah panjangnya di Marvel Universe, satu-satunya cara paling efektif untuk membunuh Wolverine adalah dengan membuat otaknya berhenti berfungsi secara perlahan, di mana hal tersebut bisa dilakukan dengan menenggelamkan Wolverine atau melemparkannya ke luar angkasa di mana tidak ada oksigen. Itulah pembahasan mengenai cara untuk benar-benar membunuh Wolverine dan mencegahnya untuk menggunakan healing factor. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.