Green Lantern adalah salah satu superhero populer dari DC yang sangat terkenal karena kekuatan kosmiknya. Pertama kali dipegang oleh karakter bernama Hal Jordan, seorang pilot yang kehidupannya tiba-tiba berubah setelah bergabung dengan Green Lantern Corps, superhero yang mengandalkan kekuatan tekad ini pertama kali melakukan debutnya pada tahun 1959 di komik Showcase #22. Dan sama seperti kebanyakan superhero DC, selain versi baiknya di multiverse, ada juga versi jahatnya yang hidup di universe Earth-3.

Earth-3 sendiri adalah universe alternatif, di mana inkarnasi dari para superhero di semesta utama digambarkan sebagai supervillain, termasuk Ultraman (Superman), Owlman (Batman), Amaxon Thunder (Wonder Woman), Sea King (Aquaman), Grid (Cyborg), Johnny Quick (Flash), dan juga Emerald Knight (Green Lantern). Dan sekarang, di komik terbaru War for Earth-3 #2 karya Robbie Thompson dan Dennis Hopeless yang baru saja dirilis, terungkap bahwa Green Lantern jahat alias Emerald Knight mempunyai sebuah kelemahan yang sangat fatal.

Di komik terbaru ini, Suicide Squad yang dikirim oleh Amanda Waller untuk “menutup” Earth-3 dari multiverse, diceritakan menemukan cara jitu untuk mengalahkan Emerald Knight, yaitu dengan merasukinya dan menggunakan kekuatannya untuk melawan para supervillain lain. Dan dari Suicide Squad sendiri yang mendapatkan kesempatan untuk mengeksploitasi kelemahan Emerald Knight adalah Culebra, yang pada akhirnya berhasil merasuki dan membuatnya melawan Ultraman.

Sayangnya, karena Ultraman masih terlalu kuat, Culebra tetap tidak bisa berkutik meskipun telah merasuki Emerald Knight dan menggunakan kekuatannya. Ultraman yang berhasil meninju Emerald Knight langsung mengeluarkan Culebra dari tubuh Green Lantern jahat tersebut dan melumpuhkannya. Walaupun hanya sekilas diperlihatkan, tetapi cukup jelas bahwa semua Green Lantern di multiverse temasuk Emerald Knight sangat lemah terhadap “kerasukan”, di mana hal tersebut bisa langsung membuat mereka kehilangan kesadarannya.

Di komik War for Earth-3, Amanda memang diceritakan berhasil mengumpulkan Suicide Squad, Teen Titans, dan superhero Flash untuk menjalankan sebuah misi berbahaya, yaitu menutup akses Earth-3 ke multiverse. Namun, karena Justice League jahat yang disebut Crime Syndicate tersebut masih terlalu kuat bagi mereka, khususnya Ultraman, sepertinya misi mereka tidak akan bisa selesai dengan mudah. Kita lihat saja nanti akan seperti apa kelanjutan kisahnya, saat War for Earth-3 #3 dirilis pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.