Di tengah-tengah pertempuran dahsyat di wilayah Onigashima, peran dari karakter ini bisa dibilang sangat penting terutama bagi kelompok bajak laut Beast. Dialah yang memberikan informasi mengenai apa yang terjadi di seluruh Onigashima kepada Kaido dan juga kepada CP-0. Tanpa kemunculannya, mungkin mereka akan kesulitan untuk mendeteksi mengenai apa yang terjadi di bagian lain Onigashima.

Sosok yang dimaksud tersebut adalah Bao Huang. Bao Huang adalah sosok yang sering kali diperlihatkan dalam beberapa kesempatan. Dia adalah salah satu dari sekian banyak “kamera pengawas” yang dimiliki oleh kelompok bajak laut Beast. Ciri-cirinya bisa dilihat dari adanya sebuah kertas yang memiliki lambang mata besar di tengahnya. Mereka tergabung dalam sebuah kelompok yang disebut Marys.

Dengan menggunakan benda tersebut, mereka jadi bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di tempat lain. Benda tersebut juga sangat berguna untuk mengawasi situasi dan keadaan. Juga bisa digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Sistem kerjanya sendiri sangat mirip seperti kamera pengawas seperti yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bao Huang adalah salah satu yang diperlihatkan memiliki tanda tersebut. Bao Huang diketahui juga merupakan pemakan buah iblis SMILE, di mana dia memakan buah iblis Zoan yang bisa merubahnya menjadi seekor ‘tupai terbang.’ Sampai sejauh ini kita masih belum mengetahui secara pasti bagaimana sebenarnya cara kerja dari kekuatan tersebut – selain memberikan penglihatan atau gambaran terhadap apa yang dilihat.

Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa hal itu merupakan bagian dari sebuah kekuatan buah iblis, meskipun belum dipastikan apakah merupakan bagian dari buah iblis SMILE atau ada buah iblis lainnya. Ada teori yang menyebutkan bahwa ini adalah kemampuan rahasia dari ras milik King. Ada juga teori yang mengatakan bahwa ini merupakan kemampuan gabungan antara vivre card dan kemampuan psychic.

Namun, tentunya kemungkinan yang paling masuk akal dari semuanya adalah ini merupakan buah iblis. Jika memang kemudian itu adalah buah iblis, siapa pemilik buah iblisnya? Apakah sosok Bao Huang tersebut? Berbicara mengenai sosok Bao Huang, sepertinya dia memiliki tugas utama untuk menjaga dan menghadirkan informasi serta jadwal harian untuk Kaido dan para kru bajak laut Beast lainnya.

Dalam chapter 1003, Bao Huang sempat memberikan informasi mengenai jumlah sisa pasukan Kaido dan juga pasukan aliansi kepada pihak CP-0. Dan di chapter 1004, Bao Huang menjadi pemberi informasi mengenai apa yang terjadi kepada para samurai. Kemudian dalam chapter 1036, Bao Huang sempat mengirimkan mata-mata lainnya untuk melihat bagaimana pertarungan epik antara King dan Zoro. Dalam chapter ini, Bao Huang juga memberikan informasi bahwa King dan semua All-Stars sudah kalah.

Bisa dibilang, Bao Huang ini menjadi karakter pendukung yang unik dengan kemampuan yang dia miliki. Bao Huang merupakan sumber informasi dari Kaido dan kelompok bajak laut Beast. Karena, tanpa kemunculan Bao Huang, Kaido dan yang lain mungkin akan kesulitan untuk mengetahui apa yang terjadi di bagian Onigashima lain. Dan juga hal ini sangat berguna untuk mengkalkulasikan langkah selanjutnya dari Kaido.

Pasca apa yang terjadi di chapter 1036, masih belum diketahui apa yang terjadi kepada Bao Huang dan para Marys lainnya. Mereka kemungkinan pergi melarikan diri mengingat istana Kaido mulai terbakar. Tentunya akan sangat menarik jika Oda Sensei memberikan sedikit penjelasan mengenai Bao Huang dan kekuatannya tersebut, bisa melalui kolom SBS atau melalui sumber lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.