Setelah sempat lama dinantikan oleh para fans dan dispekulasikan akan muncul dalam cerita di seri One Piece, akhirnya Eiichiro Oda resmi memperkenalkan Gear 5 kepada para fans. Gear 5 ini menjadi kekuatan paling kuat dan paling baru dari sosok Monkey D. Luffy. Namun, di balik semua kekuatan besar tersebut tentunya ada efek samping mengerikan yang harus dialami oleh Luffy.

Chapter 1044 kemarin memperlihatkan bagaimana Luffy akhirnya kembali tersadar setelah sebelumnya Kaido berhasil mengalahkan Luffy. Bahkan, Kaido sendiri dianggap sebagai pemenang dari pertarungan melawan Luffy, meskipun kemenangan tersebut dikarenakan Luffy kehilangan konsentrasi setelah munculnya sosok bos CP-0. Luffy dibuat tidak sadarkan diri setelah terkena kanabo milik kaido.

Setelah sempat tidak sadarkan diri selama beberapa saat, momen ajaib pun muncul. Tubuh Luffy seolah mengalami kebangkitan (awakening). Diawali dengan bagian wajah dan kepala Luffy yang seolah meleleh. Wajah Luffy pun nampak tersenyum, dengan asap atau uap muncul dari mulutnya. Baru pada chapter 1044 kemarin akhirnya diketahui bahwa itu adalah mode awakening dari Luffy.

Awakening tersebut kemudian disebut sebagai Gear 5, dan Luffy sendiri yang mengatakan bahwa Gear 5 tersebut menjadi kekuatan puncaknya. Dalam chapter tersebut pun kita melihat bagaimana dahsyatnya Gear 5. Mulai dari lengannya yang mampu membesar sehingga bisa mencengkram tubuh naga Kaido, otot yang juga meningkat drastis, serta kemampuan Luffy untuk bisa memengaruhi sekitarnya.

Dengan semua kedahsyatan yang diperlihatkan oleh Gear 5 tersebut, apakah akan ada efek samping yang akan dialami oleh Luffy? Meskipun Oda belum menjelaskan mengenai hal ini, namun bisa dipastikan ada ada sesuatu yang terjadi terhadap tubuh Luffy pasca penggunaan Gear 5. Kemungkinan pertama yang terjadi adalah Luffy akan tidak akan sadarkan diri untuk beberapa waktu.

Seperti yang diperlihatkan dalam arc Enies Lobby, pasca pertarungan epik Luffy melawan Rob Lucci dan berhasil menyelamatkan Nico Robin, tubuh Luffy pun langsung lemas dan dia tidak sadarkan diri. Diketahui bahwa Luffy tertidur selama tiga hari penuh. Dalam pertarungan Luffy melawan Rob Lucci, kita melihat bagaimana Luffy pertama kalinya menggunakan Gear Third atau Gear 3.

Lagipula, seperti yang diucapkan oleh Trafalgar Law dan Eustass Kid saat menggunakan kekuatan baru mereka yang merupakan awakening dari buah iblis masing-masing, kekuatan tersebut benar-benar sangat menguras tenaga dan stamina mereka. Karena itulah, menggunakan kekuatan awakening tersebut hanya akan mereka lakukan disaat tertentu atau darurat.

Dan hal ini terbukti, setelah Law dan Kid menggunakan kekuatan awakening buah iblis mereka, keduanya pun langsung nampak kelelahan dan kehabisan tenaga. Berdasarkan hal tersebut kemungkinan pertama yang akan terjadi kepada Luffy pasca menggunakan Gear 5 adalah Luffy akan tidak sadarkan diri, dan kali ini Luffy mungkin akan tidak sadarkan diri lebih dari tiga hari.

Kemungkinan kedua adalah Luffy akan lumpuh untuk sementara waktu. Ini adalah kemungkinan buruk yang bisa terjadi terhadap Luffy pasca menggunakan Gear 5. Awakening yang terjadi kepada Luffy memaksa tubuh Luffy untuk bekerja di luar batas maksimalnya. Sebelumnya, Luffy sendiri mengatakan bahwa stamina dan Haki miliknya saat menggunakan Gear 4 sudah hampir mencapai batas.

Dengan awakening atau menggunakan Gear 5, artinya tubuh Luffy harus menggunakan seluruh sisa-sisa tenaga dan kekuatan yang ada dan itu tentunya berbahaya bagi Luffy. Hal ini bisa kita lihat dari Roronoa Zoro. Zoro sebelumnya diperlihatkan menggunakan obat untuk mengembalikan stamina miliknya yang merupakan obat buatan Miyagi. Seperti yang diungkapkan oleh Miyagi, obat tersebut memang bisa memulihkan stamina dari Zoro.

Tetapi, akan ada efek samping yang mematikan yang akan muncul dan dialami Zoro. Zoro sendiri tidak peduli dengan peringatan tersebut dan kemudian meminumnya. Zoro memang diperlihatkan berhasil mengalahkan King dalam pertarungan epik tersebut, namun setelah pertempuran tersebut diperlihatkan bagaimana tubuh Zoro sama sekali tidak bisa digerakkan.

Bahkan, Zoro pun melihat sosok malaikat maut di hadapannya. Hal tersebut pun bisa saja terjadi kepada Luffy pasca pertarungan melawan Kaido selesai. Luffy mungkin tidak akan bisa bergerak untuk waktu yang cukup lama. Dan bisa jadi juga Luffy akan bertemu dengan malaikat maut seperti halnya Zoro. Kemungkinan terakhir dan kemungkinan yang paling buruk adalah usia Luffy akan berkurang drastis.

Dalam artikel sebelumnya pernah dijelaskan bahwa Oda Sensei sendiri sudah banyak memberikan petunjuk tentang kematian Luffy, salah satu contohnya adalah jatah hidup Luffy sudah berkurang drastis pasca pengobatan yang dilakukan oleh Ivankov saat berusaha menyelamatkan nyawa Luffy dari racun Magellan. Belum lagi saat Luffy menggunakan Gear 2.

Rob Lucci sempat mengatakan saat bertarung melawan Luffy, bahwa Gear 2 atau Gear Second merupakan sebuah tindakan atau aksi yang sangat berbahaya. Dengan memompa jantung agar aliran darah menjadi lebih cepat membuat tubuh Luffy perlahan hancur. Dan hal tersebut secara tidak langsung mengurangi jatah hidup Luffy. Saat perang Marineford, Luffy pun kembali mendapatkan suntikan hormon dari Ivankov yang mana lagi-lagi hal tersebut bisa mengurangi jatah hidupnya.

Kesimpulannya, dengan Luffy yang mengaktifkan Gear 5 miliknya memang akan menjadi jalan untuk bisa mengalahkan Kaido. Namun, akan ada harga yang sangat besar yang harus dibayarkan oleh Luffy pasca pertarungan tersebut, bisa jadi harga tersebut harus dibayarkan oleh nyawanya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.